Ketahui Proses Transplantasi Rambut Sebelum Buat Janji dengan Dokter

Proses Transplantasi Rambut

Ketahui Proses Transplantasi Rambut Sebelum Buat Janji dengan Dokter Anda – Memiliki rambut yang indah dan lebat adalah impian semua orang karena rambut merupakan mahkota alaminya manusia. Berbagai macam perawatan dan biaya pun dikeluarkan demi memelihara dan menjaga keindahan rambut yang dimiliki.

Namun tentu saja manusia tidak akan bisa melawan faktor genetika yang menyebabkan masalah kebotakan. Walau begitu usaha untuk mencegah masalah kebotakan tersebut tentu perlu dilakukan bukan? Berbagai perusahaan menawarkan obat-obatan yang diklaim bisa menumbuhkan rambut dengan subur dan cepat. Meski tidak ada jaminan bahwa obatnya manjur dan bertahan lama tetap saja laris terjual.

Solusi untuk mengatasi kebotakan yang akhir-akhir ini sedang booming adalah transplantasi rambut. Mendengar kata transplantasi Anda pasti sudah terbayang-bayang bagaimana proses yang dilakukan untuk mengatasi kebotakan Anda. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan mengambil langkah itu ada baiknya untuk mengetahui bagaimana proses transplantasi rambut dilakukan.

Proses Transplantasi Rambut

Prosedur Tindakan Operasi Transplantasi Rambut
Dokter yang akan mengeksekusi operasi transplantasi rambut adalah dokter bedah. Mudahnya transplantasi rambut itu memindahkan rambut lain ke bagian kepala Anda yang mengalami kebotakan. Asal dari rambut yang ditransplantasikan bisa dari daerah kepala Anda yang rambutnya masih lebat dan tebal atau dari dagu, punggung, atau dada Anda.

Mulanya dokter akan membersihkan kepala Anda terlebih dahulu kemudian baru menyuntikkan bius lokal pada area kulit kepala yang menjadi bahan cangkokan. Kulit kepala yang menjadi bahan cangkokan akan diangkat dan disisihkan. Kemudian kepala akan dijahit kembali. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh dokter bedah adalah membagi lajur kulit kepala yang akan ditanamkan.

Dokter bedah akan kembali membersihkan dan mengkondisikan lokasi yang akan ditanami rambut setelah cangkokan sudah siap untuk ditanam. Lubang yang banyaknya sesuai jumlah cangkokan akan dibuat di daerah yang akan ditanami rambut menggunakan pisau bedah atau harum. Barulah kemudian cangkokan ditanamkan pada masing-masing lubang dengan hati-hati. Selamat proses transplantasi rambut Anda telah selesai.

Baca Juga :  Ketahui Efek Samping Transplantasi Rambut Sebelum Naik ke Meja Operasi

Pasca Transplantasi Rambut
Setelah proses operasi transplantasi rambut yang berlangsung selama 4-8 jam selesai kulit kepala Anda akan terasa sangat lembut. Hal ini menyebabkan kulit kepala Anda harus dibungkus dengan kasa satu atau dua hari lamanya. Untuk obatnya, Anda yang baru saja menjalani operasi transplantasi rambut akan diberi anti inflamasi, antibiotik, dan pereda nyeri. Umumnya Anda akan kembali pulih dalam waktu 2-5 hari.

Rambut transplan akan rontok dalam kurun waktu dua sampai tiga minggu pasca operasi. Dalam kurung waktu kurang lebih tiga bulan pasca operasi rambut hasil operasi transplantasi yang Anda lakukan akan mulai tumbuh. Umumnya proses pertumbuhan rambut hingga 60% dari keseluruhan rambut yang ditransplantasi akan terjadi setelah enam sampai sembilan bulan pasca operasi. Peningkatan pertumbuhan rambut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi minoxidil.

Rambut hasil transplantasi Anda akan dapat tumbuh seperti layaknya rambut pada umumnya karena yang ditransplantasikan termasuk juga folikel rambut. Bukan hanya rambut saja. Namun tetap saja, folikel rambut ini juga memiliki batas tumbuh. Jadi suatu saat rambutnya juga bisa berhenti tumbuh lagi.

Begitulah proses transplantasi rambut yang akan Anda alami jika Anda memutuskan untuk transplantasi rambut. Operasi transplantasi adalah langkah besar untuk memperbaiki kondisi kebotakan rambut Anda secara permanen. Jadi, pertimbangkan dengan baik apakah Anda sanggup melakukannya ataukah tidak sebelum membuat janji dengan dokter bedah Anda.

EnglishIndonesian