6 Manfaat PRP Treatment untuk Kecantikan - Farmanina Clinic

6 Manfaat PRP Treatment untuk Kecantikan

6 Manfaat PRP Treatment untuk Kecantikan – Setiap orang, khususnya wanita tentu mendambakan kulit yang cantik dan awet muda. Berbagai jenis perawatan juga tersedia di sejumlah klinik kecantikan untuk berbagai jenis dan masalah kulit. Namun, kini telah hadir perawatan terbaru yang menggunakan plasma darah, yang disebut dengan perawatan atau terapi Platelet Rich Plasma (PRP).

Manfaat PRP Treatment
PRP Treatment oleh dr. Farmanina, Mbio (AAM)

Terapi PRP adalah sebuah metode kecantikan yang dilakukan dengan cara mengambil darah pasien, lalu memisahkan bagian plasmanya. Plasma itulah yang nantinya akan disuntikkan kembali ke pasien itu sendiri. Lantas, mengapa teknologi kini menggunakan plasma darah sebagai metode kecantikan?

Diakui, plasma darah yang terdapat dalam tubuh manusia tinggi akan kandungan trombosit. Di mana, zat tersebut mengandung sejumlah faktor pertumbuhan dan sitokin. Plasma darah yang disuntikkan kembali ke dalam tubuh pasien diharapkan mampu membantu proses peningkatan peremajaan kulit serta mempercepat penyembuhan luka.

Terapi PRP ini sendiri sebenarnya telah sejak lama dilakukan dalam dunia medis. Namun, dahulu PRP Treatment ini dilakukan untuk mempercepat penyembuhan gigi, tindakan bedah plastic, serta kasus ortopedi. Saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi, terapi ini juga dipakai untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah.

Apa saja manfaat kecantikan yang didapat dengan terapi PRP? Simak ulasan di bawah ini:

Baca Juga :  Dermabrasi Untuk Treatment Anti Aging Yang Sedang Populer, Cari Tahu Manfaat dan Efek Sampingnya

Manfaat PRP Treatment


• Mengurangi Garis Halus dan Kerutan
Setiap manusia akan mengalami penuaan yang ditandai dengan adanya kerutan dan garis halus pada wajah. Penuaan tersebut juga bisa muncul lebih cepat dari usia yang seharusnya, yang disebut dengan penuaan dini. Maka, tak heran jika banyak orang berbondong-bondong untuk melakukan perawatan wajah demi mengurangi garis halus dan kerutan.

Untuk mengatasi malasah tersebut, salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan metode terapi PRP. Plasma darah yang disuntikkan ke kulit wajah pasien akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu, plasma darah akan membentuk elastin dan kolagen. Dengan begitu, akan dapat menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah.

• Membuat Kulit Lebih Kencang
Selain mencegah atau menyamarkan tanda-tanda penuaan pada wajah, PRP Treatment juga bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit wajah yang mengendur. Plasma darah yang disuntikkan ke wajah bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan jadi lebih kencang.

• Mengurangi Bekas Jerawat
Bekas jerawat tentu akan membuat seseorang kurang percaya diri dengan penampilan wajahnya. Terapi PRP bisa mengatasi masalah tersebut dengan menyamarkan bintik-bintik kehitaman dan tekstur kulit yang tidak rata akibat jerawat. Plasma darah yang disuntikkan ke wajah akan membentuk jaringan sel kulit baru. Dengan begitu, bekas jerawat akan berkurang.

Baca Juga :  Perbedaan Thread Lift dan Tanam Benang, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya?

• Mengatasi Kebotakan
Selain untuk kecantikan kulit wajah, terapi PRP ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kebotakan. Plasma dari bisa merangsang pertumbuhan sel rambut baru, serta meningkatkan suplai darah ke folikel rambut. Dengan begitu, akan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Anda dapat membaca protokolnya di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6374694/.

• Meratakan Warna Kulit
Tak sedikit orang mengeluhkan warna kulit wajahnya yang tidak merata. Hal itu bisa disebabkan oleh penuaan, hiperpigmentasi, atau pun paparan sinar matahari. Kini, Anda tak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut. Sebab, kolagen yang dihasilkan dari terapi PRP dapat meningkatkan produksi protein kolagen yang berfungsi untuk memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

• Mengecilkan Pori-Pori
Terapi PRP ini akan memicu pertumbuhan jaringan sel kulit yang baru serta meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengecilkan pori-pori.

Demikianlah beberapa manfaat PRP Treatment bagi kecantikan. Semoga bermanfaat.

WhatsApp Image 2021-02-02 at 9.54.45 AM