Perbedaan Thread Lift dan Tanam Benang - Farmanina

Perbedaan Thread Lift dan Tanam Benang, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya?

Perbedaan Thread Lift dan Tanam Benang, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya? – Seiring dengan berkembangnya tren dan standar kecantikan pada saat ini, berbagai macam prosedur estetika turut kian beragam setiap tahunnya. Keinginan kaum wanita yang ingin memiliki wajah cantik juga sehat, berikut dengan kulit wajah yang kencang dan jauh dari kerutan merupakan penyebab dari munculnya prosedur estetika tersebut.

Dari sekian banyak treatment atau perawatan kecantikan yang populer saat ini, estetika thread lift menjadi salah satunya. Treatment yang banyak dipakai oleh banyak kalangan baik pria atau wanita, dari remaja sampai dengan dewasa yang ingin mengembalikan kekencangan pada kulit wajah mereka.

perbedaan thread lift dan Tanam benang

Perbedaan Thread Lift dan Tanam Benang, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya?

Banyak yang bilang kalau thread lift disebut juga sebagai tanam benang, yang merupakan prosedur kecantikan dengan menawarkan hasil wajah yang lebih kencang bahkan mengembalikan keremajaan kulit dan tampak lebih awet muda. Karena tujuan dari thread lift adalah untuk menaikkan sesuatu yang turun, dan sangat cocok untuk perawatan pada masalah kulit wajah yang mulai kendur dan terjadi penuaan dini.

Meski demikian tetap ada perbedaan antara estetika thread lift dengan tanam benang. Meskipun prosedural yang dilakukan sama, namun konsep yang ada pada keduanya berbeda.

Masih banyak orang yang menyamakan keduanya, namun pada hakekatnya sangat berbeda.

Karena tanam benang dilakukan untuk membuat wajah agar tampak padat, sedangkan pada thread lift dilakukan untuk mengencangkan kulit wajah yang sudah turun.

Selain itu juga letak perbedaan ada pada jumlah benang yang dimasukkan. Bila pada tanam benang, benang yang dimasukkan hanya 1 cm ke dalam wajah, sampai wajah terasa lebih padat. Namun perawatan pada tanam benang ini tidak disarankan oleh ilmu kedokteran bedah plastik. Karena bila dilakukan penanaman benang yang dilakukan pada seluruh area wajah, wajah tidak dapat bernafas sehingga pada akhirnya akan menimbulkan masalah baru, yakni pembengkakan pada wajah.

Sedangkan pada thread lift ini adalah dengan memasukkan benang yang dipakai guna menarik kulit agar terasa lebih kencang, menaikkan sesuatu yang turun dari kulit wajah yang mengendur.

Baca Juga :  Terapi Dermabrasi Untuk Wajah Berjerawat

Apa Saja Manfaat dari Thread Lift

Perawatan ini tidak hanya dilakukan untuk mengencangkan kulit wajah yang mulai kendur. Tetapi metode thread lift ini juga biasa dilakukan untuk mengencangkan pada bagian tubuh lainnya yang dianggap sudah tidak enak untuk dipandang.

Meski begitu tetap ada perbedaan yang signifikan, yakni ukuran benang yang dipakai untuk mengencangkan kulit wajah berbeda dengan benang yang dipakai untuk mengencangkan kulit tubuh bagian lain.

Tidak hanya menaikkan yang turun, metode ini juga memiliki manfaat lain yang banyak dipakai oleh pasien yang memiliki masalah pada area wajah, yaitu:
• Ingin meniruskan pipi yang tembam
• Memancungkan hidung yang tidak proporsional
• Mengurangi kerutan dan garis pada wajah
• Mengecilkan pori-pori yang membesar
• Mengurangi lemak di bawah dagu
• Termasuk dengan merawat area tubuh lainnya

Bahan atau alat yang digunakan

Metode ini merupakan treatment antiaging yang menggunakan benang protein PDO (Polydioxanone) sebagai bahan utama. Benang yang banyak digunakan oleh dokter spesialisasi yang dapat diserap oleh kulit dan akan larut dalam kulit setelah 6 sampai 8 bulan pemakaian secara perlahan. Benang protein PDO ini juga memiliki fungsi untuk merangsang produksi kolagen yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, bahkan sampai memperbaiki sirkulasi pada pembuluh darah yang dapat mengurangi dampak timbulnya kerutan secara alami.

Benang PDO ini memiliki kait yang akan memastikan kalau kulit sudah berada diposisi yang benar dan akan menstimulasi fibrios berikut dengan kolagen dalam jangka waktu yang lama, dan kulit muka juga leher menjadi lebih kencang.

Baca Juga :  Sebelum lakukan thread lift, perhatikan hal-hal ini terlebih dahulu!

Pasca Treatment

Dan bila Anda sudah melakukan treatment estetika thread lift, sebaiknya untuk hindari beberapa hal berikut:
• Hindari sinar matahari untuk beberapa waktu ke depan, sampai dokter memberikan izin.
• Hindari konsumsi makanan yang dapat menyebabkan beberapa efek terjadi pada wajah.
• Hindari penggunaan obat-obatan yang mampu mengencerkan darah.
• Hindari juga penggunaan krim malam apapun tanpa persetujuan dokter.

Threadlift

Apakah Metode Thread Lift Aman?

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa metode ini tidak sama dengan prosedur operasi plastik. Karena bila dibandingkan dengan operasi plastik, perawatan jenis ini masih tergolong cukup aman untuk dilakukan, tidak ada pemotongan yang dilakukan pada area jaringan kulit sehingga dapat menyebabkan risiko infeksi bahkan sampai dengan pendarahan.

Ditambah lagi bila Anda menggunakan metode thread lift maka tidak akan meninggalkan bekas luka setelah prosedur dilakukan. Sebelum dilakukan prosedur tersebut, dokter bedah Anda akan memberikan obat bius lokal, karena prosesnya sendiri hanya akan memakan waktu 10 sampai 15 menit saja.

Efek Samping Thread Lift

Sebelum Anda memutuskan menggunakan metode ini untuk mengatasi masalah pada kondisi kulit wajah dan bagian tubuh lainnya, sebaiknya memilih tempat yang sudah memiliki dokter spesialis. Karena bila dilakukan oleh dokter spesialisasi dan juga profesional, maka metode thread lift ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk Anda.

Namun akan sangat berbahaya apabila proses memasukkan benang ke dalam lapisan kulit dilakukan oleh orang yang salah, sering kali dapat menusuk syaraf, pembuluh darah, ataupun kelenjar air liur. Sehingga dapat mengakibatkan Anda mengalami pendarahan bahkan radang atau pembengkakan pada wajah yang cukup parah.

Dan parahnya ada beberapa kasus yang terjadi akibat dari proses thread lift yang salah, yakni menyebabkan kondisi tidak simetris yang terjadi pada wajah sang pasien. Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh kesalahan terapis yang tidak memiliki kemampuan profesional dalam menjalankan proses metode tersebut.

Dan tidak menutup kemungkinan juga bila pasien yang melakukan metode thread lift dapat mengalami pembengkakan ringan pada wajahnya. Tapi efek tersebut biasanya hanya akan terjadi selama 10 sampai dengan 15 hari. Oleh sebab itu bila Anda tertarik untuk melakukan metode ini harus cerdas dalam memilih dokter kecantikan terbaik baiknya konsultasi secara detail sebelumnya.

Baca Juga :  Apa Itu Filler Treatment?

Semua tindakan yang dilakukan untuk memperindah wajah seperti metode botoks, filler, demikian juga dengan thread lift tidak sarankan bila dilakukan di salon kecantikan atau tempat lain yang tidak memiliki tenaga dokter spesialis.

Sebuah klinik kecantikan yang menyediakan treatment yang sudah memiliki tenaga ahli yang sudah terlatih bahkan terbiasa untuk melakukan tindakan, tetap tidak disarankan untuk dikunjungi. Karena bila ditangani oleh bukan dokter spesialis, mereka tidak akan bisa mengatasi komplikasi yang mungkin timbul pada saat prosedur dilaksanakan. Komplikasi yang biasanya terjadi dapat berupa benang putus, lari migrasi ke tempat lain, atau keluar titik. Bahkan dapat pula menyebabkan alergi yang sulit untuk ditangani.

Beberapa ahli di bidang operasi plastik, banyak klinik kecantikan yang selalu menganjurkan kepada masyarakat yang ingin melakukan tindakan estetika thread lift ini guna memperbaiki masalah pada kulit, hendaknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau klinik estetika terpercaya sebelum dilakukannya prosedur. Hal tersebut dilakukan agar pasien mendapatkan masukan dan penanganan yang tepat.