Macam-macam Perawatan Wajah : Dermabrasi, Mikrodermabrasi & PRP

Macam-macam Perawatan Wajah Dari Dermabrasi, Mikrodermabrasi, Sampai PRP Treatment, Cari Tahu Bedanya Yuk!

Macam-macam Perawatan Wajah Dari Dermabrasi, Mikrodermabrasi, Sampai PRP Treatment, Cari Tahu Bedanya Yuk! – Bukan hal yang aneh bila kebanyakan wanita di muka bumi akan melakukan banyak hal untuk memiliki wajah yang bersih, cerah, dan juga cantik. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan jauh dari jerawat dan kerutan yang timbul di wajah. Karena bila hal tersebut terjadi, tentu akan membuat rasa percaya diri menurun dengan tajam.

Perawatan Wajah
IMG : freepik/jcomp

Selanjutnya bermacam treatment yang dapat menghilangkan kerutan atau anti penuaan pun dicari guna menghilangkan kerutan pada wajah serta mengganti sel-sel kulit yang sudah mati. Dengan demikian akan membuat kulit kembali tampak sehat bahkan bercahaya. Klinik anti aging di berbagai kota juga banyak menyiapkan dan menawarkan produk terbaik untuk membantu memecahkan masalah Anda dengan kulit wajah.

Ada beragam metode yang dipakai oleh ahli kecantikan untuk menjalani perawatan wajah yang diantaranya adalah dermabrasi, mikrodermabrasi, dan PRP treatment. Tapi apakah Anda tahu perbedaan dari ketiga treatment tersebut? Apakah aman untuk dilakukan?

Anda tidak perlu pusing, karena berikut adalah beberapa perbedaan diantara ketiganya. Dimana semuanya memiliki manfaat yang sama, yakni membantu Anda untuk mengembalikan kulit yang kencang dan halus.

Macam-macam Perawatan Wajah Dari Dermabrasi, Mikrodermabrasi, Sampai PRP Treatment, Cari Tahu Bedanya Yuk!

Untuk memiliki kulit yang sehat juga bercahaya bahkan halus, tentunya tidak sedikit perawatan yang harus dilakukan. Ada beragam perawatan wajah antiaging yang banyak ditawarkan, seperti Dermabrasi, Mikrodermabrasi, dan PRP treatment. Namun, apakah Anda perbedaan dari ketiganya? Sebelum mengetahui perbedaan dari ketiga treatment tersebut, baiknya ketahui dahulu apa saja penyebab timbulnya penuaan dini, seperti berikut:

• Yang pertama adalah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Sehingga menimbulkan beberapa masalah pada kulit seperti lapisan kulit yang rusak dan produksi melanin yang cepat. Sehingga dapat membuat kulit tampak kusam serta timbul noda hitam, parahnya dapat menyebabkan kanker kulit.

• Asap rokok baik langsung maupun tidak, juga memberikan efek yang sama bahayanya untuk kulit. Karena bila terlalu lama terpapar asam rokok akan membuat kulit tampak kering bahkan kusam. Bila sudah kelamaan akan muncul garis halus yang membuat Anda terlihat lebih tua.

• Radikal bebas menghasilkan zat toxin yang berada pada polusi udara, air, kosmetik dan antiaging yang berbahaya, bahkan juga terdapat pada zat makanan. Zat toxin sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Semakin banyak zat toxin yang mengendap dalam tubuh akan membuat sel-sel pada kulit mudah rusak dan mati. Bila sudah demikian, kulit wajah akan tampak sangat kusam dan sulit untuk dihilangkan.

• Kurang asupan nutrisi dari gaya hidup yang kurang sehat. Dimana saat ini makanan dan minuman instan lebih mendominasi bila dibandingkan dengan makanan ataupun minuman sehat. Maka jangan heran bila penuaan pada kulit cepat terjadi, hal tersebut terjadi karena kulit kurang serat dan kurang cairan.

Berikut adalah perbedaan yang dapat ditemukan pada ketiga treatment tersebut untuk Anda.

Baca Juga :  Yuk Ketahui Alasan Perlu PRP Treatment Yang Tepat!

Perbedaan Antara Dermabrasi, Mikrodermabrasi, dan PRP Treatment

DERMABRASI

DERMABRASI TREATMENT

Merupakan teknik pengelupasan kulit dengan menggunakan alat yang bekerja secara berputar pada permukaan kulit wajah. Tujuannya tidak lain adalah mengangkat kulit mati yang ada diluar wajah. Teknik ini menjadi populer di kalangan wanita.

Untuk melakukan treatment anti aging dengan Dermabrasi tidak boleh dilakukan oleh orang yang tidak ahli. Pelaksanaan dari perawatannya harus dilakukan oleh dokter ahli kulit dan tenaga kesehatan yang sudah profesional. Anestesi atau bius harus dilaksanakan sebelum pelaksanaan dilakukan. Dan semuanya tergantung pada kebutuhan pasien juga tingkat perawatan yang sedang dilakukan.

Mikrodermabrasi

MIKRODERMABRASI TREATMENT

Merupakan sebuah metode pengangkatan sel kulit mati atau lebih sering disebut eksfoliasi, dengan membubuhkan butiran kristal super kecil pada permukaan kulit wajah.

Bila Anda sudah berusia 40 tahun lebih dan memiliki kulit wajah yang cukup tebal, maka teknik mikrodermabrasi ini dapat dilakukan sesuai dengan prosedur kesehatan. Keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan treatment ini adalah cocok untuk semua jenis dan warna kukit. Bahkan prosedur perawatannya terbilang cukup lembut dan tidak menimbulkan bekas luka atau mengubah warna kulit Anda. Namun sayangnya teknik mikrodermabrasi tidak ampuh untuk mengatasi masalah yang terjadi pada lapisan kulit bagian dalam.

Prp treatment

PRP TREATMENT

Platelet Rich Treatment atau ‘Vampire Treatment’, salah satu perawatan wajah yang sedikit ekstrem, karena menggunakan darah sebagai bahan utama yang dipakai untuk melakukan perawatan. Dan darah yang digunakan sendiri adalah Anda sendiri, yang akan diambil sepersekian Mili oleh ahli kecantikan untuk diproses dan diambil PRP atau plasma darah yang sudah diperkaya oleh trombosit.

Perlu Anda ketahui bahwa trombosit yang ada dalam darah mempunyai peran yang penting guna mengobati serta memperbaiki beberapa kondisi jaringan yang ada dalam tubuh. Lima sampai sepuluh kali lipat dari konsentrasi normal adalah kandungan trombosit yang ada dalam PRP. Dengan menambahkan PRP tersebut, para ahli berharap dapat membuat proses perbaikan pada jaringan yang sudah rusak berlangsung dengan cepat.

Dalam pelaksanaannya treatment antiaging yang satu ini sama dengan Dermabrasi treatment, yakni harus dilakukan anestesi lokal. Yang kemudian darah akan diambil kemudian diproses dengan alat yang khusus dan steril. Selanjutnya plasma darah yang sudah diproses diaplikasikan pada area wajah Anda yang dengan menggunakan dermaroller/penyuntikan.

Baca Juga :  Amankah Suntik Botox? Ini Dia Penjelasan Detailnya

Manfaat Ketiga Treatment Diatas

Dermabrasi

Perawatan yang dilakukan karena mampu mengurangi munculnya garis-garis halus di wajah, mengurangi bekas luka serta bintik hitam, dan antiaging yang membuat kulit lebih halus serta terlihat lebih muda. Tidak hanya itu saja dermabrasi juga bisa mengobati dan mengurangi beberapa masalah yang ada pada kulit wajah Anda seperti:
• bekas jerawat
• bintik-bintik kehitaman
• keriput halus
• kemerahan pada kulit wajah
• bekas luka akibat cedera atau operasi
• bekas kulit yang terluka akibat terbakar matahari
• warna kulit tidak merata
• tato

Mikrodermabrasi

Treatment ini dipercaya mampu untuk beberapa hal yang terjadi pada kulit wanita, diantaranya:
• mengurangi kerutan dan garis halus
• meratakan warna kulit
• mengecilkan pori-pori
• mengobati jerawat
• memudarkan bekas luka jerawat
• flek hitam akibat penuaan

Prp Treatment

Fungsi utama dari perawatan ini adalah untuk mengembalikan keremajaan kulit secara alami. Menggunakan trombosit dalam plasma darah dilakukan untuk merangsang tumbuhnya jaringan kolagen pada kulit, sehingga akan terjadi regenerasi sel-sel kulit. Tidak hanya itu saja, adapun manfaat lain yang akan Anda dapatkan adalah:
• Mengurangi garis-garis halus
• Menumbuhkan sel-sel baru
• Menyembuhkan bekas luka
• Menghilangkan bekas jerawat
• Menghilangkan stretchmark
• Menstimulasi pertumbuhan rambut

Efek Samping

Setiap usaha yang dilakukan pastinya memiliki risiko atau efek samping, begitu pula dengan perawatan wajah yang menggunakan ketiga treatment di atas. Seperti berikut ini!
• Kemerahan dan pembengkakan.
• Kulit menjadi sensitif dan berwarna merah muda
• Jerawat
• Pori-pori wajah membesar
• Infeksi kulit
• Munculnya jaringan parut
• Alergi
• Perubahan warna kulit
• Tampak sedikit bengkak memerah,
• Terasa kering,
• Terasa agak kencang,
• Parahnya kulit akan terasa panas seperti terbakar

Baca Juga :  Terapi Dermabrasi Untuk Wajah Berjerawat

Meskipun demikian, semua efek samping perawatan yang dijalani hanya akan berlangsung selama beberapa hari. Oleh sebab itu harus ada penanganan khusus bila Anda ingin menggunakan salah satu perawatan di atas.

Untuk perawatan PRP sampai saat ini belum ada penelitian yang lengkap mengenai keamanan pada treatment PRP untuk kecantikan. Namun yang pastinya dengan menggunakan perawatan ini jauh lebih aman bila dibandingkan dengan perawatan wajah melalui operasi plastik yang menggunakan bahan sintesis.

Bahkan sampai saat ini pasien yang sudah menggunakan perawatan ini tidak mengeluh adanya reaksi alergi, penolakan, atau pun infeksi pada tubuh mereka. Hal tersebut dikarenakan bahan utama yang dipakai adalah darah yang diambil dari tubuh mereka sendiri.

Jadi risiko infeksi penyakit yang menular pun sangat kecil sekali kemungkinannya. Karena prosedural yang dilakukan pada PRP treatment sudah menggunakan alat yang steril dan sesuai dengan prosedur kesehatan.

EnglishIndonesian