Pengaruh Obesitas Terhadap Berbagai Aspek Kesehatan

Pengaruh Obesitas Terhadap Berbagai Aspek Kesehatan

Telah banyak diketahui bahwa obesitas atau berat badan tubuh yang jauh melebihi standar proporsional memberikan berbagai pengaruh negatif pada kesehatan badan seseorang. Pada dasarnya, sesuatu yang berlebihan tentu memicu datangnya hal yang tidak baik pula. Kelebihan berat badan telah dapat dijelaskan dengan gamblang sebagai pemicu berbagai macam efek lain seperti kemandulan. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap tentang pengaruh obesitas terhadap berbagai aspek kesehatan pada diri seseorang.

Pengaruh Obesitas
IMG : freepik

Yang pertama adalah penjelasan penting bahwa obesitas berperan penting dalam menurunkan kinerja otak secara drastis. Yang perlu dipahami adalah obesitas membuat daya ingat seseorang jauh lebih rendah daripada mereka dengan tubuh proporsional. Ketika daya ingat mendapat masalah, daya tangkap atau kecerdasan seseorang secara otomatis turut mendapatkan masalah. Kabar baiknya adalah fenomena ini masih dapat diperbaiki dengan dilakukannya proses penurunan berat badan. Seiring dengan berkurangnya berat badan seseorang, peredaran darah akan semakin lancar yang berpengaruh pula pada lancarnya jalan oksigen menuju otak yang memicunya untuk bekerja dan berfungsi lebih baik.

Pengaruh obesitas yang kedua berfokus pada wanita yang ingin segera mendapatkan keturunan. Pasalnya, menurut hasil riset dari Academic Medical Center di Amsterdam, kelebihan berat badan berpengaruh besar pada kematangan sel telur. Akibatnya wanita yang menderita obesitas dikatakan lebih sulit untuk hamil karena akan mendapatkan lebih banyak kesulitan pada proses pembuahan. Kemungkinan hamil secara alami oleh wanita dengan BMI (body mass index) sebesar 30 yang berlebih menurun sebesar dua puluh enam persen. Persentase tersebut dapat meningkat seiring dengan semakin besar pula jumlah BMI yang dimiliki oleh seorang wanita.

Baca Juga :  Junk Food salah satu penyebab penuaan dini

Obesitas digambarkan sebagai salah satu penyebab menurunnya produktivitas kerja seseorang. Dapat dibayangkan secara sederhana bahwa seseorang dengan tumpukan lemak berlebih akan lebih sulit untuk menggerakkan tubuh mereka. Oleh karena itu, mereka akan lebih mudah merasa lelah dan kualitas kerja mereka juga tidak akan maksimal. Pasalnya, produktivitas merupakan salah satu daya jual paling penting pada diri seseorang yang mengandalkan karir mereka sebagai tumpuan hidup karena produktivitas kerja yang tinggi secara otomatis meningkatkan daya saing. Mereka yang bertahan adalah mereka yang mampu bersaing dalam kompetisi dunia kerja, obesitas adalah salah satu perusaknya.

EnglishIndonesian