Ketahui Perbandingan dari Tiap Jenis Komedo - Farmanina

Ketahui Perbandingan dari Tiap Jenis Komedo

Ketahui Perbandingan dari Tiap Jenis Komedo – Komedo merupakan bercak – bercak yang muncul di kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Bercak – bercak ini lebih diketahui dengan blackheads sebab permukaannya bercorak gelap.

Keadaan kulit ini juga bisa muncul di punggung, dada, leher, lengan, dan pundak. Komedo merupakan keadaan yang lumayan universal terjalin dan nyaris tiap orang mengalami hal seperti ini, paling utama anak muda di masa pubertas. Hal ini disebabkan komedo merupakan sesi dini dari kemunculan jerawat.

Oleh karena itu, orang yang menghadapi permasalahan jerawat dikulitnya kemungkinan besar mempunyai komedo dulu saat sebelum tumbuh jadi jerawat.

Jenis Komedo

Apa saja jenis komedo?

Komedo ialah jenis jerawat yang tidak menghadapi peradangan dan dipecah jadi 2 jenis, yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads).

– Komedo hitam (blackheads)
Komedo hitam atau blackheads merupakan komedo terbuka yang terjadi saat minyak menutup folikel rambut. Penyebab warna gelap pada komedo merupakan adanya respon kimiawi pada pigmen (melamin pemberi warna kulit).

Respon tersebut muncul akibat terpapar hawa di dekat dan pigmen di sel kulit mati jadi teroksidasi. Alhasil, bercak – bercak yang awal mulanya bercorak menyamai kulit berganti jadi coklat tua yang menciptakan komedo hitam. Inilah awal munculnya jenis komedo hitam.

– Komedo putih (whiteheads)
Komedo putih atau whiteheads adalah cikal bakal jerawat yang tercipta akibat penyumbatan pori oleh minyak berlebih, kuman, dan sel kulit mati.
Keadaan tersebut kesimpulannya menutupi segala permukaan pori sehingga penampilan jerawat menyamai tonjolan putih kecil yang tertutup. Oleh karena itu, penyakit kulit tidak meluas ini disebut sebagai komedo putih atau komedo tertutup.

Baca Juga :  Cara Mujarab Menghilangkan Komedo

Jenis Komedo Lainnya

Tidak hanya kedua jenis di atas yang lumayan umum terjadi, ada sebagian wujud komedo yang lain yang bisa jadi lebih jarang dirasakan oleh orang – orang, ialah sebagai berikut.
• Microcomedone: komedo dimensi kecil yang tidak nampak dengan mata telanjang.
• Macrocomedone: komedo dengan dimensi diameter lebih 2– 3 milimeter.
• Kista komedo: jenis kista dengan bukaan bercorak bening semacam komedo di kulit.
Apa penyebab komedo?

Penyebab komedo biasanya merupakan kotoran yang terjebak di pori – pori kulit. Hal ini bisa saja terjadi apabila Anda tercantum orang yang tidak sering mensterilkan muka, paling utama sehabis mengenakan riasan atau bepergian.

Tidak hanya itu, ada 2 aspek yang bisa tingkatkan resiko seorang mempunyai komedo pada wajah, ialah umur dan pergantian hormon.

Komedo kerap muncul pada masa pubertas, ialah masa kala penciptaan hormon androgen bertambah dan merangsang penciptaan minyak di bawah kulit. Bila hal ini terjalin, kulit hendak menerima sebum (minyak) dan sel kulit mati lebih banyak.

Walaupun begitu, pergantian hormon tidak cuma terjalin di masa anak muda, melainkan juga di saat haid, berbadan dua, dan tengah memakai kapsul KB.

Apa Perbandingan Jerawat Dengan Komedo?

Mayoritas orang kadangkala tidak bisa membedakan karakteristik jerawat dan komedo. Sementara itu, keduanya merupakan penyakit kulit yang berbeda dan memerlukan perawatan yang berbeda juga.

Jerawat umumnya bercorak putih dan berisi nanah di dalamnya. Bila jerawat meradang, tonjolan tersebut bisa berganti jadi merah. Sedangkan itu, komedo bisa bercorak hitam atau putih yang terjadi akibat proses oksidasi.

Bila dilihat dari dimensi, komedo berupa lebih kecil dan terkadang Anda bisa jadi tidak menyadarinya, sebaliknya dimensi jerawat cenderung lebih besar.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Mengatasi Komedo Pada Wajah

Nah, setelah membaca artikel di atas tentunya Anda sudah tahu kan Jenis Komedo? Tentunya informasi di atas sangat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih yah sudah menjadi pembaca setia.

EnglishIndonesian