Ini Dia 8 Fakta Rambut Yang Perlu Anda Tahu - Farmanina

8 Fakta Rambut Yang Perlu Anda Tahu

8 fakta rambut yang perlu Anda tahu – Rambut merupakan mahkota dari para wanita. Hal ini disebabkan karena rambut bisa menentukan penampilan keseluruhan dari seseorang. Ada yang senang memiliki rambut panjang, dan ada juga yang senang memiliki rambut pendek.

Nah, jika rambut Anda dirawat dengan baik, mak rambut Anda pun bisa tumbuh dengan sehat dan lebat. Namun, apabila rambut Anda sering terkena bahan kimia dan catokan yang panas, terlebih lagi jika rambut tidak dirawat dengan baik, maka rambut Anda pun akan cepat sekali rusak.

Namun tahukah Anda jika ternyata rambut memiliki banyak sekali keunikan yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Untuk itu, berikut ini akan disebutkan beberapa fakta rambut yang cukup mengejutkan dan perlu Anda ketahui.

fakta rambut

Rambut Terbentuk dari Keratin dan Protein
Perlu Anda ketahui, bahwa ternyata sebagian besar rambut terbuat dari keratin. Keratin yang dimaksudkan disini adalah protein. Nah, protein yang ada di rambut ternyata juga ditemukan pada tanduk, cakar, bulu, pada kuku, dan paruh hewan. Mungkin hal ini terdengar cukup unik di telinga Anda yang belum mengetahuinya.

Rambut Tumbuh Cepat Ketika Udara Panas
Tahukah Anda bahwa ternyata rambut akan cepat tumbuh jika terkena udara atau cuaca yang panas? Hal ini dikarenakan panas dapat menstimulasi sirkulasi darah pada rambut yang dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Itulah sebabnya, mengapa salon sering membungkus rambut dan kepala dengan menggunakan handuk hangat setelah proses pengaplikasian cream creambath, hair masj, maupun hair spa.

Rambut Menyimpan Beragam Informasi Diri
Fakta rambut berikutnya yang mungkin sudah banyak orang tahu adalah bahwa rambut menyimpan segala macam informasi pada tubuh manusia. Seperti halnya menyibakkan zat apa saja yang terdapat pada pembuluh darah, termasuk yang terkandung dalam obat-obatan.

Baca Juga :  Cara Merawat Rambut Untuk Semua Jenis Rambut!

Hal ini menjadikan rambut sebagai salah satu bagian dari tubuh manusia yang mana secara umum dapat digunakan untuk kebutuhan pemeriksaan forensik pada beberapa kasus tindak kriminal yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian.

Rambut Memiliki Struktur yang Unik
Proses pengidentifikasian jenis kelamin seseorang ternyata tidak bisa dilakukan hanya dengan memeriksa helaian rambutnya saja. Hal ini disebabkan karena struktur rambut dari pria dan wanita sangatlah identik, sehingga akan sulit untuk membedakannya jika dilihat hanya dari helaiannya saja.

Struktur Pada Rambut
Fakta rambut selanjutnya bisa dilihat dari struktur rambut seseorang. Dimana rambut terdiri dari 21 persen oksigen, 50 persen karbon, 6 persen hidrogen, 17 persen dari nitrogen, dan 5 persennya lagi dari sulfur atau belerang.

Jaringan Tubuh Paling Cepat Tumbuh
Ternyata, sumsum tulang belakang pada seseorang merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup cepat tumbuh. Namun, hal tersebut juga terjadi pada rambut yang juga merupakan salah satu bagian tubuh paling cepat tumbuh.

Mampu Mengangkat Beban Hingga 100 Gram
Setiap untaian rambut manusia ternyata mampu mengangkat beban hingga 100 gram. Tentunya hal ini sangat mencengangkan dan bahkan belum Anda ketahui sebelumnya. Ternyata rambut pun memiliki kekuatan yang cukup super.

Rata-Rata Rambut Rontok 50 Hingga 150 Helai Per Hari
Rata-rata rambut seseorang akan rontok sebanyak 50 hingga 150 helai per harinya. Setelah rontok, rambut akan digantikan dengan rambut baru. Dimana sekitar 80 persen rambut baru akan tumbuh di waktu yang bersamaan.

Meski demikian, rambut yang jauh dari akar rambut dianggap mati dan yang masih dekat akan tetap hidup. Oleh sebab itu, sangat penting untuk merawat rambut dengan menggunakan shampo berformula lembut, kondisioner, dan hair mask.

Baca Juga :  Tips Perawatan Rambut Tebal Agar Tetap Sehat dan Indah

Demikianlah penjelasan singkat mengenai fakta rambut yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda.

EnglishIndonesian