Tips Mewarnai Rambut di Rumah dengan Langkah Tepat - Farmanina

Tips Mewarnai Rambut di Rumah dengan Langkah Tepat

Dari pada bayar jutaan, lebih baik kamu mewarnai rambut di rumah saja. Sudah jelas akan lebih hemat dan bisa memilih warna sesukamu. Mungkin tidak sesempurna ketika dilakukan di salon, hanya saja, budget memang sedang minim.

Untuk saat ini, mewarnai rambut bukanlah hal asing lagi. Justru sudah jarang anak muda hingga orang tua yang mempertahankan warna rambut aslinya. Hal itu karena trend global hingga banyak orang tergerak mengubah warna rambutnya.

Tenang saja, di Indonesia produk pewarna rambut tidak terlalu mahal, justru terbilang cukup murah. Tapi, jika ingin warnanya awet, beli lebih mahalan sedikit. Berikut akan kami beri tips bagaimana caranya mewarnai rambut di rumah.

Tips Mewarnai Rambut di Rumah dengan Langkah Tepat

Baca Juga :  Inilah 5 Ciri – Ciri Kulit Sehat yang Harus Kamu Ketahui

Lakukan 9 Langkah Mewarnai Rambut di Rumah Seperti Berikut!

Melihat idol Korea memang sering berganti-ganti warna rambut. Terlihat keren dan menarik. Ada kalanya kamu pasti menginginkan rambut sendiri diwarnai seperti idola favorit.

Akan tetapi, untuk mewarnai rambut harganya cukup mahal di salon. Belum lagi jika nanti tidak cocok, sudah bayar mahal tapi tidak sesuai ekspektasi. Maka dari itu, jika ingin mencoba pertama kali, lebih baik mewarnai rambut di rumah karena itu jauh lebih hemat.

Tapi kamu juga harus tahu jika melakukan pewarnaan rambut di rumah, akan lebih sulit dan belum tentu rapi karena kamu lakukan sendiri. Meski begitu, kamu bisa melakukannya secara maksimal.

Bagi kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut di rumah, kami akan memberitahu tipsnya, seperti berikut :

Baca Juga :  Ketahui Dampak Mewarnai Rambut Bagi Kesehatan Tubuh
  • Pilih Mau Menggunakan Warna Apa untuk Rambut

Sebelum mulai, kamu harus memilik warna apa yang cocok untukmu sendiri. Sebenarnya bebas, tapi harus tahu situasi. Bila masih bekerja, coklat tua atau warna merah cherry, kemungkinan masih diperbolehkan oleh kantor.

  • Jangan Keramas Sebelum Mewarnai

Diharapkan untuk tidak keramas dulu dua hari sebelumnya. Karena minyak alami yang dikeluarkan kulit kepala bisa melindungi dari iritasi yang diakibatkan oleh ammonia.

  • Baca Intruksi Pemakaian

Jika sudah membeli produknya, silakan mulai untuk mewarnai rambut di rumah. Pastikan membaca intruksinya dengan teliti agar bisa mengapilkasikannya dengan baik.

  • Lakukan Tes Pada Sedikit Rambut

Dengan cara ini dilakukan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan agar warna pada rambut bisa muncul.

  • Lindungi Kulit yang Dekat dengan Rambut dengan Lipbalm

Cat rambut ketika kena kulit sakan sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu, bagian dahi, telinga dan juga tengkuk, lebih baik lindungi dengan lipbalm agar nanti ketika kena catnya, bisa dihilangkan dengan mudah.

  • Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Untuk mempermudah proses mewarnai rambut di rumah, maka yang harus membagi rambut ke beberapa bagian.

Dengan cara ini, akan lebih cepat mengaplikasikannya dan juga bisa merata. Gunakan bantuan karet untuk cara ini.

  • Cat Secara Merata dan Biarkan Hingga Meresap

Barulah setelah itu, aplikasikan cat warnanya dengan baik menggunakan kuas dan juga lapisi tangan dengan plastik.

Kamu hanya perlu mendiamkannya antara 20-30 menit hingga benar-benar meresap warnanya ke batang rambut.

  • Cuci Rambut dan Gunakan Conditioner

Setelah meresap, jangan lupa cuci rambut hingga bersih dan tidak ada yang tersisa lagi pada rambut. Gunakan conditioner juga agar bisa meminimalisir kerusakan pada rambut.

  • Rawat Rambut Berwarnamu dengan Baik

Dan langkah terakhir, jaga kesehatan rambut yang telah diwarnai dengan rutin menggunakan masker rambut 2-3 kali sekali. Ditambah dengan serum atau vitamin rambut juga.

Jika sudah diwarna, memang harus mau merawatnya dengan baik agar tidak kering dan juga bercabang. Meski mewarnai rambut di rumah itu mudah, jangan terlalu sering karena lama-kelamaan, rambut bisa sangat rusak.