Alasan Kesehatan Skin Barrier Perlu Dijaga dengan Baik - Farmanina

Alasan Kesehatan Skin Barrier Perlu Dijaga dengan Baik

Apabila kesehatan skin barrier tidak dijaga, mau memakai produk skincare apa saja, tidak akan bekerja dengan baik. Wajahmu akan tetap seperti itu saja, karena bagian terluar dari kulit sudah rusak, tapi kamu belum tahu.

Saat ini memang sudah banyak yang peduli dengan keadaan skin barrier. Terbukti, kini sudah banyak produk yang mengklaim bisa memperbaiki skin barrier. Jika kamu sudah memperbaiki kulit bagian luarnya dulu, pasti kulit nanti bisa sehat.

Kenapa kesehatan skin barrier itu perlu diperhatikan? Kami akan menjelaskannya di sini untukmu agar nanti paham. Jika kamu sudah paham, pasti langsung mau peduli untuk mewujudkan kulit sehat.

Alasan Kesehatan Skin Barrier Perlu Dijaga dengan Baik

Baca Juga :  Memilih Skincare untuk Kulit Kering, Berikut Tipsnya

Mengapa Kesehatan Skin Barrier Wajib Dijaga?

Mungkin sebagian besar masih asing dengan skin barrier, padahal fungsinya sangat besar untuk kesehatan kulitmu. Jadi, jangan abaikan mengenai hal tersebut.

Kenapa kesehatan skin barrier perlu diperhatikan? Skin barrier disebut juga dengan moisture barrier, yang memiliki peran untuk melindungi kulit dari polusi, bahan kimia dan juga radiasi ultraviolet.

Selain itu, skin barrier juga bisa membantu menjaga kelembapan alami dari kulit dengan cara pencegahan transepideral water loss. Skin barrier juga disebut dengan acid mantle, atau lapisan terluar kulit. Itulah kenapa perlu dijaga dengan baik karena menjadi garda terdepan.

Ketika skin barrier rusak, akan ada banyak masalah yang muncul pada kulitmu sendiri. Sebenarnya, untuk menjaga skin barrier itu sangat mudah.

Asalkan kamu menerapkan perawatan kulit secara rutin dan juga menjaga pola hidup sehat, pasti bisa mendapatkan skin barrier yang sehat. Sebagai garda terdepat dalam lapisan kulit, skin barrier memang memiliki tugas untuk melindungi dari penyebab kerusakan kulit karena faktor eksternal.

Faktor eksterbal yang dimaksud adalah bakteri, efek sinar UV, polusi, asap rokok, bahkan mengusap wajah secara kasar menggunakan handuk.

Dengan kata lain, memang skin barrier sangat berperan penting untuk mempertahankan keseluruhan kondisi kulit. Ketika kesehatan skin barrier terganggu, maka faktor eksternal penyebab kerusakan kulit akan mudah datang.

Baca Juga :  Mencegah Penuaan Dini Dengan Masker? Ini Dia Penjelasan Detailnya

Inilah Ciri-Ciri Kesehatan Skin Barrier dan Cara Menanganinya

Pentingnya menjaga kesehatan skin barrier telah dijelaskan dengan baik di atas. Kini, kamu harus bisa merawatnya dengan baik. Cari solusinya bila sudah muncul tanda-tanda bagian kulit terluarmu rusak.

Biasanya jika skin barriermu sudah rusak, tanda-tanda yang akan muncul adalah kulit menjadi kemerahan, karena mungkin produk perawatanmu ada yang mengandung bahan kimia kuat.

Selain itu juga bisa menimbulkan iritasi yang sangat parah hingga kulit menjadi gatal. Skin barrier yang rrusak juga bisa ditandai bahwa kulitmu menjadi kering dan sudah tidak lembab lagi.

Tidak hanya jerawat saja yang muncul ketika kulit terluarmu rusak. Tapi juga akan terinfeksi akibat iritasi bakteri hingga virus. Dan biasanya, jika sudah terinfeksi, hanya dokter spesialis kulit yang bisa menanganinya.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh kamu ketika tanda-tandanya sudah mulai keluar? Jika belum begitu parah, coba gunakan basic skincare, yaitu pencuci muka, pelembab dan juga sunscreen. Hanya 3 itu saja dilakukan secara rutin.

Untuk pembersih wajah, gunakan yang lebih lembut lagi, khusus untuk kulit sensitif. Ganti serum dan juga moisturizer khusus untuk skin barrier. Sekarang sudah banyak juga dipasaran.

Exfoliasi bisa dilakukan seminggu 1-2 kali dengan bahan yang lebih baik lagi agar tidak iritasi. Dan ingat, lap wajah dengan tissue, bukan handuk.

Kamu juga perlu hilangkan ekspektasi untuk memiliki kulit semulus artis Korea. Fokus pada kesehatan skin barrier saja dulu, jika skin barrier sudah kembali sehat, pasti kulit semakin lebih cerah, bebas dari noda hitam.