Cara Hilangkan Keloid yang Efektif dan Aman - Farmanina

Cara Hilangkan Keloid yang Efektif dan Aman

Ini Cara Hilangkan Keloid yang Efektif dan Aman Beserta Cirinya – Adanya bekas luka yang ada pada tubuh bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Apalagi saat bekas luka tersebut tampak tebal dan hitam sehingga dianggap mengganggu penampilan. Jika tidak segera ditangani, maka ada kemungkinan akan menimbulkan jaringan kulit yang terlihat menebal.

Bahkan, jaringan berlebih tersebut akan berkembang dan semakin membesar. Pertumbuhannya juga tidak selalu sama, tergantung lokasi dan orang yang mengalaminya. Ada yang hanya dalam hitungan minggu dan ada juga yang membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Cara Hilangkan Keloid yang Efektif dan Aman

Ciri Keloid

Bekas luka seperti ini jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan jaringan luka yang dikenal dengan istilah keloid. Jaringan berlebih ini memang bisa muncul di bagian tubuh manapun, namun bagian pipi, bahu, daun telinga, dan dada menjadi area yang paling sering muncul keloid.

Orang yang berpotensi bisa mengalami keloid di bagian tubuhnya adalah yang berusia antara 10 hingga 30 tahun. Ciri khas yang menandakan adanya keloid pada tubuh diantaranya adalah munculnya jaringan kulit yang menonjol berupa benjolan atau berkerut.

Jika disentuh, kulit yang terkena keloid akan terasa lunak dan gatal serta mudah iritasi saat terjadi gesekan. Warna kulit akan terlihat cerah seperti merah muda atau merah namun akan menjadi lebih gelap jika terkena sinar matahari. Satu hal lagi, keloid ini akan semakin membesar jika dibiarkan tanpa perawatan.

Keloid Hilang dengan Cara Ini!

Bagi yang mengalaminya, mereka sering mencari cara hilangkan keloid ini yang paling mudah dan aman. Sebab, jenis penyakit yang satu ini masuk dalam kategori tidak berbahaya namun cukup mengkhawatirkan dari segi kecantikan. Untuk menghilangkannya secara tuntas dan aman, berikut ini cara yang bisa Anda tempuh:

Baca Juga :  Cara Mengatasi Keloid Paling Ampuh

– Terapi Laser Pulsed-Dye
Untuk menghilangkan keloid yang terlihat mengerikan, Anda bisa menggunakan terapi laser. Metode yang satu ini terbilang cukup ampuh dan dinilai lebih aman serta tidak terlalu menyakitkan untuk mengempiskan jaringan kulit yang menebal.

Selain itu, teknik terapi laser ini tidak membuat area bekas keloid terlihat kemerahan. Namun, harga satu kali sesi terapi laser cukup mahal sedangkan dibutuhkan beberapa kali penyinaran untuk mencapai hasil yang diinginkan.

– Gel atau Patch Silikon
Untuk metode yang lebih aman, Anda bisa menggunakan gel atau lembaran silikon yang dibalutkan pada bagian kulit yang terdapat keloid. Cara yang satu ini terbilang cukup nyaman karena tidak menimbulkan rasa sakit seperti metode lainnya.

Cara hilangkan keloid dengan teknik patch silikon ini sebaiknya diterapkan sesegera mungkin setelah kulit sembuh dari luka. Penggunaannya juga harus dilakukan selama beberapa bulan dengan hasil yang bervariasi pada setiap orang.

– Suntikan Kortikosteroid
Metode berikutnya yang cukup aman namun terasa agak menyakitkan adalah dengan menggunakan suntikan kortikosteroid. Suntikan tersebut bisa mengecilkan keloid dengan cara menyuntikkannya setiap 3 atau 4 minggu sekali. Walaupun keberhasilannya mencapai 80%, namun dalam kurun waktu 5 tahun sejumlah keloid bisa tumbuh kembali.

– Suntikan Fluorouracil
Selain menyuntikkan kortikosteroid pada bagian tubuh yang terdapat keloid, Anda juga bisa menggunakan metode penyuntikan fluorouracil. Ini merupakan jenis suntikan untuk anti kanker yang sering digunakan untuk mengobati keloid dengan efek samping yang lebih ringan.

Setelah mengetahui bagaimana ciri-ciri dan cara hilangkan keloid agar kulit menjadi mulus kembali. Anda bisa menentukan mana yang terbaik dan memiliki efek samping yang tidak terlalu memberatkan bagi Anda, baik dari segi rasa sakit maupun dari segi biayanya. Akan lebih baik lagi jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter langganan Anda.

Baca Juga :  Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegah serta Mengatasi Keloid
EnglishIndonesian