Hindari Kebiasaan Ini Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini - Farmanina

Hindari Kebiasaan Ini Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini

Ini Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Jika Tidak Ingin Mengalami Penuaan Dini – Walau memiliki keriput saat sudah berusia lanjut merupakan hal yang wajar. Namun, tidak setiap orang bisa menerima hal tersebut dengan hati lapang.

Tanpa disadari, munculnya garis-garis keriput pada bagian wajah terjadi dikarenakan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan. Agar berbagai tanda penuaan tidak terjadi sebelum waktunya, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan.

Hindari Kebiasaan Ini Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini

Mudah Emosi
Hal pertama yang harus dihilangkan agar tubuh Anda tidak mengalami penuaan lebih cepat adalah dengan menghilangkan kebiasaan buruk berupa mudah tersulut emosi. Sebab, rasa marah, stres, menyimpan dendam hanya akan membuat rahang menjadi kaku, bahu merosot, dan alis yang selalu berkerut sehingga memicu kemunculan kerutan-kerutan pada bagian wajah.

Aktivitas Luar Rumah Tanpa Pelindung
Jika sebagian besar waktu Anda dihabiskan berada di luar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa tabir surya untuk melindungi kulit. Sebab, kulit akan menjadi cepat kusam dan timbul bintik kecoklatan pada area wajah, hingga meningkatkan resiko terkena kanker kulit jika terpapar sinar matahari secara langsung.

Tidak Rutin Merawat Kulit
Penuaan dini bisa terjadi karena Anda kurang perhatian terhadap perawatan kulit. Misalnya, membersihkan area wajah setelah beraktivitas dan memberikan pelembab (moisturizer) setiap malam sebelum tidur.

Merokok
Kebiasaan buruk berikutnya yang wajib Anda hilangkan karena mempercepat proses penuaan adalah merokok. Adanya zat kimia yang berbahaya pada rokok seperti nikotin, karbon monoksida, dan tar bisa menghambat peredaran darah ke area wajah serta menyebabkan kerusakan jaringan tubuh.

Konsumsi Alkohol dan Soda secara Berlebihan
Terlalu sering minum-minuman yang mengandung soda dan alkohol juga termasuk kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan agar tetap awet muda. Sebab, kedua jenis minuman tersebut mengandung zat-zat yang memengaruhi kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Makanan Pencegah Penuaan Dini

Seperti, minuman alkohol akan menghambat proses regenerasi sel-sel kulit karena mampu menurunkan kadar vitamin C, A, dan B3. Sedangkan minum soda secara terus menerus dipercaya mampu menurunkan volume fungsi memori dan volume otak.

Tidak Menjaga Pola Makan
Kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan yang kurang sehat juga menjadi salah satu pemicu munculnya tanda-tanda penuaan pada tubuh Anda. Beberapa makanan yang kurang sehat tersebut diantaranya adalah pasta, fast food, roti, dan makanan yang banyak mengandung gula, MSG, garam, minyak, serta lemak trans.

Menggunakan Sedotan
Salah satu hal sepele yang justru bisa membuat Anda mengalami penuaan dini adalah minum dengan menggunakan sedotan. Saat minum dengan sedotan ini, secara tidak langsung akan membuat mulut mengernyit dan mata menyipit. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus, maka di sekitar mulut dan mata akan muncul garis-garis halus yang membuat wajah terlihat tua.

Kurang Tidur
Terlalu sering begadang juga akan berdampak tidak baik bagi kesehatan Anda dan juga membuat Anda terlihat lebih tua. Sebab, kebiasaan yang satu ini bisa membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dan kulit menjadi kusam karena proses regenerasi kulit yang terjadi saat tubuh sedang istirahat menjadi berkurang.

Posisi Tidur Tidak Tepat
Selain kurang tidur, posisi saat tidur juga jadi pemicu munculnya kerutan-kerutan pada wajah dan kulit tubuh Anda. Ini disebabkan karena adanya gesekan dan tekanan pada kulit yang membuatnya jadi keriput. Misalnya, saja, tidur dengan posisi tengkurap, menempelkan wajah pada bagian bantal, dan tidur dengan posisi miring.

Menjadi tua merupakan proses alami yang harus diterima oleh siapapun, namun jangan samakan dengan penuaan dini. Apalagi jika hal tersebut terjadi karena kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan. Untuk itu, segera kurangi atau bahkan hilangkan kebiasaan buruk tersebut agar wajah dan tubuh Anda tetap sehat dan awet muda.

Baca Juga :  Perawatan Anti Aging Terbaik, Tetap Cantik Meski Usia Terus Naik
EnglishIndonesian