Penyebab Kulit Kering dan Solusi Mudah untuk Mengatasinya - Farmanina

Penyebab Kulit Kering dan Solusi Mudah untuk Mengatasinya

Memiliki kulit kusam menjadi masalah tersendiri untuk sebagian orang yang membuat penasaran terhadap beberapa penyebab kulit kering. Jika melihat kulit dalam kondisi halus, lembut, dan cerah tentunya menjadi impian orang-orang.

Akan tetapi, banyak orang yang mengalami masalah pada kondisi kulitnya masing-masing. Kulit kusam menjadi salah satu permasalahan penting wajib diperhatikan supaya tidak membuat dampak negatif ke bagian lainnya.

Penyebab Kulit Kering dan Solusi Mudah untuk Mengatasinya

Penderita yang memiliki kulit kering pasti akan iri jika melihat teman atau orang lain dengan kulit mulus. Jangan khawatir, kamu mengalami masalah serupa? Sebaiknya mulai mengenali beberapa penyebab bisa muncul.

Penyebab kulit kering dipengaruhi oleh beberapa hal yang jarang diketahui oleh sebagian orang. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu kamu mengembalikan kulit menjadi indah menawan.

Jangan sampai membiarkan kulit tetap kering atau kusam dalam jangka panjang bisa mengakibatkan masalah kesehatan lain. Tanda orang punya kulit kering biasanya dipegang kasar dan memiliki bentuk seperti sisik ikan.

Ingin tahu apa saja penyebab dan solusi utama mengatasi masalah kulit kusam? Kami akan membahas langsung secara lengkap untukmu. Agar tidak penasaran lagi, langsung saja simak penjelasan kami di bawah.

Penyebab Kulit Kering Apa Saja?

Masalah kulit kering merupakan awal kondisi kulit kusam, seperti tidak ada nyawanya. Saat kulit kusam terjadi, maka bisa dikatakan ada sel-sel kulit yang telah mati namun belum diganti sel baru.

Baca Juga :  4 Macam Skin Care Alami Khusus Kulit Glowing

Penyebab kulit kering secara umum terjadi saat udara terlalu dingin atau justru sangat kering. Kejadian kondisi kulit yang kusam pada tubuh bisa dalam kurun waktu lama bahkan sampai berbulan-bulan lho.

Kondisi kulit kusam maupun kering dipengaruhi oleh iklim, kondisi lingkungan, dan cuaca sekaligus. Jika kondisi daerahmu memiliki kelembapan cukup rendah, maka bisa jadi faktor utama tercipta kulit yang kusam.

Selain itu, penyebab utama kulit kusam muncul dikarenakan dehidrasi atau kekurangan air mineral. Padahal kulit butuh banyak air supaya permukaan kulit tetap terjaga kesehatannya tanpa mengalami kerusakan sama sekali.

Penyebab kulit kering berikutnya adalah penumpukkan sel kulit yang sudah mati. Jika sel kulit sudah mati, umumnya membentuk sisik dan tidak rata sehingga membuat penderita mengalami rasa insekyur.

Kurang memakai pelembab juga menjadi alasan utama kulit bisa dalam keadaan kering. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan pelembab demi menghidrasi kulit dan melindungi lapisan luar agar tetap halus.

Faktor kulit kusam paling akhir biasanya penderita mengalami stres berlebihan menyebabkan kortisol pada kulit meningkat. Kamu harus mengontrol pikiran supaya tidak stres dan tetap bahagia menjalani aktivitas tanpa beban berlebihan.

Solusi Mudah Atasi Kulit Kusam

Ada beberapa solusi yang perlu kamu pelajari mulai sekarang jika ingin menyembuhkan keadaan kulit kusam. Kondisi kulit kusam terjadi karena beberapa penyebab, inilah solusi ampuh untuk mengatasinya secara mudah.

  1. Rawat Kulit dengan Lembut
Baca Juga :  Pentingnya Menjaga Kelembaban Bibir Sebelum Tidur

Penyebab kulit kering sudah diketahui, cara mengatas masalah tersebut sebaiknya selalu merawat kulit dengan lembut. Hindari bahan scrub yang kasar, keras, dan dilarang memakai sabun pengering supaya kulit tetap sehat.

  1. Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap menjadi solusi paling ampuh dengan memanfaatkan merk-merk tertentu sesuai kebutuhanmu. Adapun bahan alami pelembap yang aman dipakai seperti shea butter, minyak almon, hingga minyak kelapa.

  1. Gunakan Skincare

Demi mengatasi masalah kulit kusam, sebaiknya gunakan skincare secara tepat dan rutin dalam sehari-hari. Kebutuhan skincare secara lengkap mampu mencukupi nutrisi pada kulit sehingga terhindar dari kondisi kekeringan.

Mulai sekarang, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi kulit yang kusam di area tubuhmu. Setelah paham penyebab kulit kering, sebaiknya hindari beberapa faktor tersebut supaya kulitmu sehat terlihat mulus terus.