Memilih Skincare untuk Kulit Kering, Berikut Tipsnya - Farmanina

Memilih Skincare untuk Kulit Kering, Berikut Tipsnya

Pemilihan skincare untuk kulit kering berbeda dari yang berminyak atau normal. Hal ini karena kebutuhan nutrisinya berbeda. Penyebabnya ada beragam, mulai dari bertambahnya usia, sering terpapar sinar matahari, detergen, alkohol dan lainnya.

Memilih Skincare untuk Kulit Kering, Berikut Tipsnya

Penyebab lainnya karena mengalami penyakit tertentu yang membuatnya kering. Ruangan ber AC juga mengakibatkan kulit Anda rentan kering. Jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan iritasi. Biasanya bagian tubuh yang mengalami iritasi akan cenderung lebih gatal.

Sangat berbahaya jika digaruk apalagi secara berlebihan karena bisa mengakibatkan infeksi. Sebagai upaya untuk mengatasinya, banyak produk skincare khusus beredar. Pilihlah skincare yang tepat, jangan asal, perhatikan tips berikut.

Perhatikan Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering Berikut

Kurangnya kelenjar minyak pada kulit menyebabkannya menjadi kering. Agar lebih lembap, dibutuhkan skincare khusus. Ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih skincare tersebut, diantaranya:

  1. Mengandung Pelembap

Tips pertama adalah pilih skincare yang mengandung pelembap agar kulit bisa terhidrasi. Beberapa jenis kandungan pelembap yang bisa mengatasinya yaitu urea, asam laktat, petroleum, lanolin dan gliserin.

  1. Bahan Dasar Air

Tips berikutnya adalah pilih skincare berbahan dasar air. Fungsinya tentu saja agar kelembapan tetap terjaga dan terhindar dari kekeringan. Apalagi jika Anda seharian beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan ber AC.

  1. Hindari Kandungan Alkohol
Baca Juga :  Manfaat Air Mawar Untuk Wajah Ini Perlu Diketahui

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit ini, sebaiknya hindari penggunaan skincare berbahan alkohol. Tingginya kadar alkohol bisa menyebabkan hilangnya cairan alami kulit. Hal inilah yang akan membuatnya menjadi kering.

Untuk wajah biasanya produk yang sering digunakan adalah toner. Jika wajah Anda terasa perih dan kering setelah menggunakannya, berarti mengandung alkohol. Pilih jenis toner yang cocok yaitu mengandung hydroxy acid dan glycolic acid.

  1. Tekstur Krim

Skincare dengan tekstur krim lebih disarankan untuk Anda pemilik kulit kering. Alasannya adalah tekstur lainnya seperti bubuk atau lotion biasanya akan membuatnya menjadi semakin kering.

  1. Mengandung Banyak Vitamin

Skincare yang mengandung banyak vitamin terutama E dan A sangat cocok untuk kulit kering. Nutrisi nantinya bisa terpenuhi dengan baik, sehingga kelembapan bisa terjaga. Nutrisi tepat juga akan mencegah terjadinya iritasi.

  1. Gunakan Sunblock Proteksi UVB

Tips memilih skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah gunakan sunblock proteksi UVB. Sunblock sangat penting digunakan saat Anda berada di luar ruangan. Pilih sunblock yang mengandung proteksi UVB karena cocok digunakan untuk jenis kulit ini.

Jika dibiarkan secara terus-menerus terkena sinar UVB, maka bisa menyebabkan timbulnya masalah. Mulai dari semakin kering, iritasi dan terasa gatal-gatal. Inilah yang membuat sunblock atau sunscreen penting digunakan.

  1. Mengandung Minyak

Gunakan skincare yang mengandung minyak agar kulit tetap terjaga kelembapannya dan tidak mengalami kekeringan semakin parah. Tentu saja jenis minyak yang baik seperti jojoba oil, zaitun, shea butter dan lain-lain.

  1. Pilih Gentle Skin Cleanser
Baca Juga :  4 Macam Skin Care Alami Khusus Kulit Glowing

Tips terakhir yaitu pilihlah jenis pembersih gentle skin cleanser karena bebas dari sabun, sehingga mencegah timbulnya iritasi. Membersihkan dengan gentle skin cleanser lebih lembut dibandingkan dengan lainnya dan cocok untuk segala jenis kulit.

Hindari penggunaan sabun yang mengandung foam atau scrub. Alasannya adalah karena bisa menyebabkannya menjadi semakin kering. Bahkan juga bisa menimbulkan iritasi.

Jangan berikan skincare untuk kulit berminyak atau normal karena bisa malah semakin membuat parah keadaan. Pilihlah skincare untuk kulit kering dengan tepat agar mendapatkan hasil maksimal dan sesuai keinginan.