Cara Mengatasi Komedo Membandel Pada Wajah - Farmanina

Cara Mengatasi Komedo Membandel Pada Wajah

Tengah mencari cara mengatasi komedo membandel yang menganggu penampilan wajah dengan mudah? Maka ulasan ini adalah jawabannya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kebutuhan akan merawat penampilan wajah menjadi salah satu hal yang penting dan harus menjadi perhatian. Bagaimana tidak, biasanya seseorang baik wanita atau pria akan jauh lebih percaya diri jika memiliki wajah yang bersih dan jauh dari ganggguan wajah apapun.

Cara Mengatasi Komedo Membandel Pada Wajah

Namun tentu saja hal semacam itu bisa dikatakan agak sulit dilakukan mengingat aktifitas manusia cenderung banyak bersinggungan dengan debu dan area di luar rumah. Penumpukan debu, minyak wajah atau malas melakukan perawatan wajah seperti mencuci muka hanya akan membuat penampilan dan kesehatan menjadi buruk. Salah satunya yang akan timbul saat seseorang tak merawat kesehatan kulit adalah jerawat.

Jerawat yang meradang pada area wajah biasanya akan diimbangi dengan munculnya komedo dalam jumlah banyak dan mengangggu. Area yang dipenuhi dengan munculnya masalah tersebut tentu saja akan nampak kurang bersih dan menganggu penampilan saat akan bermakeup. Oleh sebab itu jangan abaikan jika kulit wajah sudah diserang oleh gangguan satu ini ya! Lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut ini dan dapatkan jawabannya!

Baca Juga :  Cara alami awet muda selain treatment dermal filler

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Komedo

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengatasi komedo membandel yang dapat menganggu penampilan maka mari berkenalan lebih dalam mengenai pengertian komedo. Komedo atau biasa dikenal juga dengan sebutan blackhead adalah sebuah masalah pada kulit wajah yang biasanya terjadi di area lelukan atau hidung. Komedo terbentuk akibat adanya sumbatan pori-pori kulit atau sel mati dan minyak (sebum).

Komedo biasanya juga dapat dibedakan dalam dua tipe yaitu komedo putih atau komedo hitam dan keduanya biasanya juga umum menyerang area wajah. Untuk komedo putih adalah komedo yang terbentuk akibat penyumbatan pori-pori dengan area luarnya dilapisi sel kulit lain sehingga menunjukan warna putih. Jenis komedo in sebenarnya adalah yang paling banyak dan umum untuk ditemui pada wajah seseorang baik wanita atau pria.

Untuk komedo jenis ke dua adalah komedo hitam yang nyatanya jauh lebih membandel dibandingkan komedo putih. Komedo membandel berwarna hitam terjadi akibat pori yang terbuka sehingga memungkinkan warnanya berubah hitam karena tersumbat kotoran luar. Untuk jenis komedo hitam memang sebenarnya jauh dirasa lebih sulit disembuhkan dan menganggu penampilan.

Mengapa Komedo Bisa Muncul Pada Area Wajah?

Tentu saja kemunculan komedo tidaklah terjadi tiba-tiba tanpa penyebab khusus bukan? Selalu ada alasan yang melatar belakangi kenapa wajah seseorang diserang komedo. Salah satunya adalah kelebihan minyak wajah atau kulit berminyak yang dibiarkan tanpa penanganan. Wajah berminyak biasanya akan memicu kotoran untuk lebih mudah menempel dan masuk ke dalam pori-pori hingga membuat sumbatan yang bisa memicu komedo membandel.

Tak hanya itu, kurangnya merawat kulit wajah seperti mencuci wajah, menggunakan masker hingga menggunakan skincare juga bisa memicu munculnya komedo lho. Apalagi bagi mereka yang memang memiliki kecenderungan wajah yang berminyak, maka akan menjadi sangat sayang untuk mengabaikan kondisi kulitnya. Jika memang memiliki wajah yang cenderung berminyak maka harus rajin merawat wajah, mencuci wajah atau setidaknya gunakan masker dan scrub.

Komedo juga bisa muncul pada orang yang banyak beraktifitas di luar ruangan dan banyak bersentuhan langsung dengan area sekitar. Debu, kotoran atau polusi bisa dengan mudah menempel pada wajah orang yang banyak melakukan aktifitas fisik di luar ruangan. Meski misalnya tak bisa menahan diri dari aktifitas luar ruangan ada baiknya untuk Anda senantiasa kenakan masker medis atau tabir surya.

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Komedo, Mudah dan Aman

Bahaya Penumpukan Komedo

Tentu saja ada berbagai macam bahaya yang mengintai jika Anda terus membiarkan komedo membandel bersarang di area kulit wajah. Bahaya pertama membiarkan komedo menumpuk adalah bisa menganggu penampilan dan kecantikan yang sudah terjaga. Komedo yang jumlahnya terlalu banyak dan menumpuk misalnya pada area hidung maka akan membuat hidung nampak kotor dan kusam.

Tak hanya itu area yang ditumbuhi komedo dengan jumlah yang banyak dan membandel bisa mengakibatkan areanya menjadi gatal dan kurang nyaman. Tak hanya itu, kebiasaan memencet komedo pada area wajah atau hidung juga bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit wajah lho. Memencet komedo pada dasarnya dapat merusak jaringan kulit secara berkala apalagi jika komedo yang ada sangatlah banyak.

Tentu saja kerusakan kulit yang terjadi akibat memencet komedo ini bisa membahayakan kesehatan kulit wajah jika dilakukan setiap hari. Peradangan, rasa perih, terbukanya pori-pori hingga kulit kering bisa mengintai Anda yang masih membiarkan komedo bersarang atau memencetnya. Jadi dari pada memperparah keadaan, akan jadi lebih bijak untuk mengunjungi klinik kecantikan atau melakukan tindakan menghilangkan komedo saja!

Tips dan Cara Mengatasi Komedo Pada Area Wajah

Ternyata ada banyak sekali bahaya ketika membiarkan komedo bersarang di wajah yang mana bisa membahayakan penampilan diri sendiri. Nah dari pada tidak nyaman dan kurang percaya diri maka ada baiknya untuk segera mengatasi komedo pada area wajah dengan cara berikut!

• Bersihkan Area Wajah Secara Berkala
Tips dan cara mengatasi komedo membandel pada area wajah yang pertama adalah dengan membersihkan area wajah secara berkala. Pastikan ketika Anda baru saja beraktifitas di luar ruangan dan banyak terkena debu maka segera cuci muka dengan benar. Usap dan basuh area wajah terutama yang rawan berkomedo dengan hati-hati dan gunakan sedikit pijatan agar kulit rileks serta komedo bisa terhempas.

• Gunakan Skincare Pelindung
Cara ke dua untuk mengatasi komedo membandel pada area wajah adalah dengan mengggunakan skincare pelindung. Namanya manusia, tentu saja tidak bisa lepas dari berbagai aktifitas yang mana bisa merangsang perkembangan minyak berlebih atau terbukanya pori-pori. Penggunaan skincare akan membantu melindungi kelembaban dan kesehatan kulit agar tak ditumbuhi banyak komedo.

• Gunakan Masker Alami yang Cegah Komedo
Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk mencegah datangnya komedo yang membandel mulai dari buah-buahan hingga madu. Penggunaan masker dari bahan alami bisa membantu mengangkat komedo dan meremajakan kulit lho. Gunakan misalnya masker lemon, putih telur, madu, teh hijau, tomat, oatmeal campur yogurt dan masih banyak lainnya.

• Lakukan Exfoliating Kulit dengan Toner
Tak hanya beberapa cara di atas, menghadapi komedo membandel juga bisa dilakukan dengan meng-exfoliating kulit dengan toner. Exfoliating adalah kegiatan untuk mengelupaskan sel-sel mati dari permukaan kulit terluar, termasuk komedo itu sendiri. Meski demikian menggunakan produk exfoliating toner jangan sampai terlalu sering karena bisa membuat kulit tipis.

Baca Juga :  Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Nah itulah di atas adalah informasi mengenai berbagai hal tentang komedo membandel mulai dari pengertiannya, alasan kemunculannya, bahaya hingga tips dan cara mengatasinya. Tentu saja masalah kulit satu ini menjadi sangat umum terjadi baik pada wanita maupun pada pria yang sudah menjaga kesehatan kulit maupun tidak. Oleh sebab itu jika memang masalah kecantikan satu ini muncul jangan keburu panik dan segera lakukan penanganan sesuai penjelasan di atas.

EnglishIndonesian