Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia - Farmanina

Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia

Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia, Apa Saja itu? – Rambut merupakan salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Pasalnya rambut seringkali dikaitkan sebagai mahkotanya manusia baik wanita ataupun laki-laki. Sekarang ini gaya rambut membuat penampilan pun semakin berbeda, ada yang memiliki rambut panjang, gondrong, dan ada pula yang memilih gaya rambut pendek bagian pinggir dan panjang pada bagian tengah seperti style korean.

Fakta Menarik Mengenai Rambut Manusia

Rambut pun tidak jarang menjadi salah satu pendukung fashion seseorang. Melakukan berbagai perawatan rambut ini pun penting pula dilakukan untuk menghasilkan rambut yang sehat dan lebat alami. Rambut yang sehat tentunya sedap dipandang dari pada rambut yang merah kering tidak terawat. Lalu, tahukah Anda fakta-fakta seputar rambut? Belum tahu ya, yuk langsung saja simak ulasan megenai rambut manusia, apa saja ya?

Rambut Memiliki Kelenjar Minyak
Pernahkan Anda mendapati kulit kepala lembab dan berminyak? Tidak jarang hal tersebut membuat bau rambut tidak sedap dan menggumpal. Hal tersebut Fakta Rambut Manusia dapat terjadi karena memang saat tumbuh rambut melewati kelenjar minyak. Minyak yang terdapat pada kulit kepala ini pun menutrisi rambut agar tetap kelihatan berkilau dan lembut.

Oleh karena itu, rutin membersihkan rambut ini pun sangat diperlukan karena dapat membersihkan minyak yang menempel sehingga rambut tetap segar dan bersih. Tetapi jangan pula sering-sering mencuci rambut, kelenjar minyak dapat mengering jika terlalu sering dibersihkan. Idealnya mencuci rambut ini dilakukan dua hari sekali.

Rambut Terbuat dari Keratin
Tentunya ini bukan hal yang asing lagi ya, memang benar sebagian besar zat yang ditemukan dalam rambut ini keratin berupa protein. Uniknya keratin ini pun juga ditemukan pada tanduk, cakar, bulu, dan paruh hewan.

Baca Juga :  Tips Perawatan Rambut Tebal Agar Tetap Sehat dan Indah

Rambut Lebih Cepat Tumbuh di Suhu Hangat
Pernah tidak Anda potong rambut, tetapi rambutnya tidak kunjung tumbuh? Ternyata pertumbuhan rambut ini juga didasarkan pada faktor suhu loh. Rambut akan lebih cepat tumbuh apabila berada pada suhu yang hangat. Hal ini dikarenakan Fakta Rambut Manusia suhu panas dapat menstimulasi sirkulasi darah sehingga mendorong pertumbuhan pada rambut.

Rambut Rontok? Jangan Panik
Hasil penelitian menyebutkan memang rambut ini dapat rontok dalam jumlah yang banyak dalam satu hari, kira-kira sekitar 50-150 helai rambut dapat rontok. Buat Anda yang mengalami rambut rontok jangan khawatir botak karena rambut dapat tumbuh dengan cepat dan 80% dapat tumbuh bersamaan. Tetapi tetap waspada ya jika rontoknya berlebihan, sesuaikan dengan shampo Anda.

Saat Bayi Sudah Memiliki Rambut
Tahu tidak bahwa rambut ternyata sudah tumbuh ketika bayi masih dalam kandungan. Pada minggu ke-22, janin yang berkembang dalam rahim ini telah memiliki lebih dari 5 juta folikel bakal rambut Fakta Rambut Manusia. Folikel ini merupakan struktur pada kulit yang digunakan untuk rambut bertumbuh nantinya.

Rambut dengan Warna yang Berbeda-beda
Pernahkan Anda memperhatikan warna rambut yang dimiliki oleh masing-masing orang tidaklah sama. Eits ini tidak pakai pewarna rambut ya, memang rambut memiliki warna yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari jumlah pigmen atau melanin dari rambut yang berbeda. Semakin banyak melanin yang dimiliki akan semakin gelap warna rambut yang dihasilkan, begitu pula sebaliknya.

Nah, itulah beberapa hal menarik mengenai rambut yang jarang diketahui oleh orang. Memang rambut ini merupakan salah satu bagian tubuh yang unik setiap masing-masing orang memiliki bentuk rambut serta warna yang tidak sama. Meskipun rambut memang wajar untuk rontok setiap hari, tentunya kita tetap tidak boleh melewatkan perawatan rambut, agar rambut tetap sehat dan berkilau.

Baca Juga :  Inilah Tips Merawat Rambut Lurus Agar Tetap Sehat Dan Kuat!
EnglishIndonesian