Ketahui Masa Kadaluarsa Make Up, Agar Tidak Bermasalah - Farmanina

Ketahui Masa Kadaluarsa Make Up, Agar Tidak Bermasalah

Sebagai wanita atau pengguna riasan wajah, tentunya Anda harus tahu kadaluarsa make up agar tidak membahayakan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya penggunaannya juga bisa lebih tepat.

Pastinya hampir semua perempuan akan menggunakan makeup untuk membuat penampilan lebih cantik dan jadi semakin percaya diri. Itulah mengapa ada beragam produk kecantikan yang dipunyai untuk nantinya dipakai mempercantik wajahnya.

Ketahui Masa Kadaluarsa Make Up, Agar Tidak Bermasalah

Termasuk Anda yang juga menggunakan produk kecantikan ini. Jika iya, coba sekarang cek produk makeup milik Anda, baik jarang atau bahkan sejak dibeli belum pernah dipakai sama sekali.

Periksa di semua tempat, baik meja rias atau bahkan dalam tas. Sebaiknya Anda harus tahu kadaluarsa make up dimana memang wajib diperhatikan dengan baik dan jangan menyimpan produk tersebut terlalu lama.

Beberapa ahli atau dokter spesialis kulit juga mengungkapkan dengan jelas, jika memang hampir semua jenis produk kecantikan dibuat secara stabil. Jadi bisa lebih tahan sampai beberapa waktu sesuai yang ditentukan.

Jadi apabila sudah melewati masa pakainya, maka nantinya perubahan warna juga akan terlihat bahkan ketika dipakai jadi tidak maksimal. Akibat paling buruknya dapat membuat kulit jadi iritasi atau infeksi.

Masa Pakai dan Kadaluarsa Make Up

Akan tetapi sangat disayangkan tidak semua jenis produk yang mencantumkan masa kegunaan dari makeup. Jadi Anda harus tahu beberapa panduan umum mengenai masa kadaluarsa dan pakai dari produk makeup berikut:

Baca Juga :  9 Akibat Lupa Membersihkan Make Up

1. Alas bedak
Untuk masa kadaluarsa make up jenis ini memang biasanya bisa dipakai hingga satu tahun, apalagi produk ini dalam bentuk cair. Sebaiknya jangan langsung memasukkan jari ke dalam wadah.

Akan lebih baik jika menggunakan spons atau sejenisnya supaya lebih steril dan tidak terkontaminasi. Bentuk dari alas bedak akan mengental dan tidak rata saat diaplikasikan jika sudah lama.

Ketika usianya sudah beberapa bulan, maka bisa menyebabkan munculnya beberapa bakteri dimana dapat menimbulkan infeksi. Bakteri tersebut juga membahayakan kulit Anda pastinya.

2. Bedak, eye shadow, blush-on
Untuk bedak tabur, aman dipakai sampai 2 tahun tanpa perubahan warna/bau. Sama seperti pada eye shadow dan blush on, dimana jenis produk tabur punya masa kadaluarsa make up 1-2 tahun.

Karena produk bubuk berbahan alami punya masa guna berbeda sedikit. Produk tersebut melewati masa jika sudah tidak bisa menyatu dengan kulit atau bahkan gampang hancur.

3. Produk bibir
Masa guna dari makeup bibir ini ialah kurang lebih 2 tahun. Namun untuk lip liner bisa lebih dari itu, karena bentuknya pensil serta bisa diserut, jadi permukaannya dapat diganti baru.

Jika perlipstikan ini sudah masuk kadaluarsa make up, maka akan terlihat kering. Jika mau pemakaian lebih lama, maka jangan dipakai bersama orang lain.

4. Produk area mata
Masa pakai dari produk tersebut cukup pendek yakni hanya 3-4 bulan saja. Karena tiap kali dipakai, maka risiko masuknya bakteri dalam wadah lebih besar.

Baca Juga :  Penyebab lipstik tidak menempel di bibir

5. Produk rambut
Sampo, kondisioner, hingga krim rambut umumnya hanya bisa dipakai sampai 1 tahun saja. Jadi setelah memakainya, pastikan menutup dengan benar agar udara atau air tidak masuk dan merusak kandungan produk.

Dalam produk itu, ada banyak kandungan alkohol dimana dipakai untuk mengawetkannya dan bisa bertahan lama. Jadi jika ada aroma tidak wajar, segera ganti dan membeli yang baru.

6. Kutek
Pada umumnya cat kuku bisa digunakan sampai 2 tahunan, namun dengan penyimpanan tepat. Jangan sampai meletakkannya di kamar mandi karena sangat rentan dengan kelembaban dan suhu ekstrem.

Bukan hanya memperhatikan tanggal dalam kemasannya saja, pemakaian dan perawatannya juga sangat penting untuk diperhatikan. Jagalah diri sendiri dari dengan memperhatikan kadaluarsa make up agar tidak berisiko untuk kulit.