Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo di Wajah - Farmanina

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo di Wajah

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo di Wajah – Pernahka Anda melihat benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit yang Anda miliki? Jangan sekali-kali Anda meremehkan benjolan putih ataupun hitam kecil yang kadang muncul di kulit Anda. Jika Anda mengatasinya dengan salah maka jerawat akan muncul dan akan menjadi perusak penampilan Anda.

Komedo sebenarnya tidak hanya bisa tumbuh di wajah saja tetapi juga bisa tumbuh dibagian tubuh lainnya seperti punggung, bahu, bahkan di pantat Anda. Tetapi komedo di wajahlah yang paling meresahkan karena menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Untuk komedo sendiri sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit ataupun gatal tetapi apabila mengalami infeksi akibat polusi dan debu maka bisa meradang dan menjadi jerawat.

Terdapat dua jenis komedo yakni komedo putih (komedo tertutup) dan komedo hitam (komedo terbuka). Umumnya walaupun tidak menimbukan rasa sakit tetapi Anda harus mengetahui cara mengatasi komedo dengan tepat agar tidak mengalami peradangan sehingga menimbulkan jerawat, untuk itu sebaiknya And ajuga mengetahui gejala serta penyebab munculnya komedo di wajah Anda.

Cara Mengatasi Komedo di Wajah
IMG : freepik.com/diana-grytsku
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Komedo Membandel dengan Mudah

Gejala

Sebenarnya komedo tidak memiliki gejala yang begitu terlihat karena kemunculan dari komedo ini tidaklah lama dan begitu terlihat seperti jerawat. Hanya ada beberapa gejala yang bisa Anda lihat ketika komedo sudah mulai terlihat kepermukaan.
-Pori-pori membesar
-Terdapat bintik-bintik putih diwajah
-Terdapat bintik-bintik hitam di dalam pori-pori wajah yang sangat mengganggu
-Wajah cenderung lebih berminyak

Penyebab Timbulnya Komedo

Penyebab timbulnya komedo sebenarnya tidak berbeda jauh dari timbulnya jerawat, komedo akan terbentuk pada saat sel kulit mati beserta minyak tersumbat pada pori-pori wajah. Pada dasarnya komedo berwarna putih tetapi terdapat beberapa pori-pori wajah yang terbuka sehingga terpapar debu dan polusi sehingga menyebabkan komedo putih berubah menjadi gelap.

Untuk penyebabnya sendiri sebenarnya ada begitu banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya komedo. Anda sangat penting mengetahui penyebab munculnya komedo agar Anda bisa mengantisipasinya.

-Jumlah bakteri yang ada pada permukaan kulit Anda sedang meningkat
-Terjadinya iritasi pada pori-pori Anda, misalnya karena terlalu kasar mencuci muka ataupun karena sedang menggunakan perawatan tertentu
-Perubahan hormon yang secara tiba-tiba meningkat
-Kulit terlalu lembab karena produksi sebum berlebih
-Mengonsumsi obat-obat tertentu yang bisa menyebabkan komedo
-Penggunaan kosmetik yang tidak non komedogenik
-Terlalu banyak mengonsumsi makanan serta minuman dengan kadar gula tinggi

Baca Juga :  Cara Mujarab Menghilangkan Komedo

Cara Pengobatan Komedo

Apabila Anda memiliki komedo di Wajah maka Anda harus mengatasinya dengan benar, ada beberapa cara mengatasi komedo berikut ini yang dapat Anda terapkan untuk membantu Anda terlepas dari masalah komedo yang dapat berubah menjadi jerawat.

-Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan penggunaan krim yang mengandung benzoyl peroxide yang dapat Anda beli bebas di apotik
-Mengeluarkan komedo menggunakan pore pack namun sifatnya hanya bersifat sementara karena komedo yang dikeluarkan tidak bersih
-Penggunaan krim yang mengandung tretinoin, azelaic, serta adapalene yang akan membantu mengeluarkan penyumbatan pori-pori
-Melakukan pembersihan komedo ke dokter dengan menggunakan alat khusus
-Anda juga bisa melakukan terapi laser jika jumlah komedo sudah sangat banyak atau sulit dihilangkan dengan cara ringan lainnya
-Peeling juga merupakan cara yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan komedo di wajah Anda

Demikianlah informasi mengenai gejala, penyebab, serta cara mengatasi komedo yang ada di wajah Anda, jangan melakukan sembarang cara agar komedo tidak mengalami peradangan.

EnglishIndonesian