Mengenali Ciri-Ciri Keloid Untuk Penanganan yang Lebih Tepat

Mengenali Ciri-Ciri Keloid Untuk Penanganan yang Lebih Tepat

Mengenali Ciri-Ciri Keloid Untuk Penanganan yang Lebih Tepat – Pernahkan Anda mengalami luka sobek yang diakibatkan oleh benda tajam seperti pisau? Kulit memilki zat yang mampu menyatukan kembali kulit yang terluka bahkan sampai hilang bekasnya. Namun, untuk luka yang sangat dalam terkadang sulit buat kulit meregenerasinya sendiri hingga tidak timbul bekas. Seperti halnya setelah operasi, kebanyakan sisa dari luka dalam ini meninggalkan bekas pada hasil sayatan.

Ada pula fenomena keloid, yang mana hal ini timbul karena adanya ketidaknormalan menutupnya bekas luka dengan tumbuhnya daging yang dihasilkan oleh protein secara berlebihan. Timbulnya keloid ini tentu kana sangat mengganggu penampilan apabila terlihat. Biasanya bekas luka ini bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun tidak dengan keloid, adanya ketidaknormalan ini malah meninggalkan bekas pada tubuh.

Cara Hilangkan Keloid yang Efektif dan Aman

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui sejak dini adanya keloid dalam tubuh inilah Ciri-ciri Keloid agar dapat memberikan penanganan yang tepat bagi kulit yang mengalami keloid.

Bekas Luka Menojol dan Memiliki Warna

Tidak seperti luka pada umumnya, awal timbulnya keloid ini ditandai dengan adanya bekas luka yang berwarna mulai dari merah muda, merah, dan ungu seperti bekas luka pada umumnya. Tetapi adanya warna pada bekas luka ini dibarengi dengan terlihatnya bekas luka lebih menonjol dibandingkan dengan kulit lainnya. Warna yang ada pada luka ini pun akan menggelap seiring berjalannya waktu.

Muncul dan Mulai Tumbuh

Awalnya keloid ini tumbuh dalam ukuran yang sangat kecil, lama kelamaan semakin membesar dan menyebar. Adanya keloid yang semakin membesar ini tentunya sangat mengganggu penampilan apabila bekas luka tersebut terlihat.

Keloid ini muncul secara perlahan bahkan bisa memakan waktu 3 bulan hingga 12 bulan lamanya, ada pula yang mengalami Ciri-ciri Keloid dengan jangka waktu yang jauh lebih lama dari itu.

Baca Juga :  Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegah serta Mengatasi Keloid

Tekstur Berbeda dengan Kulit Lain

Bekas luka yang tumbuh keloid ini memiliki tekstur yang berbeda. Setelah diraba akan terasa ada kulit yang lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya. Tidak meratanya kulit ini bisa ditimbulkan karena tumbuhkannya keloid pada bekas luka. Beberapa keloid ini pun ketika di sentuh memiliki tekstur yang lembut dan warnanya sedikit memucat, tetapi ada pula yang memiliki tekstur keras dan kenyal.

Menimbulkan Rasa Gatal

Seperti pada umumnya, ketika tahap penyembuhan luka akan tumbul rasa gatal pada area luka yang hendak mengering. Namun, rasa gatal yang diakibatkan adanya Ciri-ciri Keloid ini juga dibaregi dengan rasa sakit dan nyeri. Gejala seperti ini dapat berhenti apabila pertumbuhan keloid sudah berhenti.

Ukuran yang ada pada keloid ini sangatlah bermacam-maca. Misalnya bisanya terlihat pada daun telinga yang memiliki bentuk bulat dan sedikit lebih padat. Bahkan bagian tubuh lainnya pun juga bisa terkena serangan kulit keloid ini.

Warna pada bekas luka pada umumnya memang berwarna sedikit kemerah-merahan hingga akhirnya menghitam dan hilang. Tetapi pada keloid ini warnanya tetap, dan berbeda dengan warna pada kulit lainnya. Tekstur dan warna kulit pada daerah keloid dan kulit normal ini tidak merata.

Berdasarkan beberapa gejala yang timbul ini bisa dijadikan patokan untuk mengantisipasi adanya keloid pada kulit. Ciri-ciri keloid di atas dapat Anda jadikan sebagai kewaspadaan terhadap ketidaknormalan yang timbul pada kulit Anda. Jika terdapat hal-hal seperti di atas pada luka Anda segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan dini sehingga dapat menghindarkan kondisi yang bertambah buruk.

EnglishIndonesian