Ini Penyebab Jerawat Yang Wajib Kamu Tahu - Farmanina

Berhenti Melakukan Kebiasaan Berikut Yang Menjadi Penyebab Jerawat

Berhenti Melakukan Kebiasaan Berikut Yang Menjadi Penyebab Jerawat – Siapa yang tidak badmood jika jerawat betah di wajah? Padahal sudah banyak cara yang kita lakukan untuk menghilangkan jerawat membandel tersebut. Sebenarnya jerawat bisa diatasi hanya dengan melakukan beberapa perawatan sederhana dan tidak ribet. Akan tetapi, jerawat bisa muncul lagi di tempat yang sama berulang kali.

Jika Anda sudah jadi langganan dengan benjolan merah dan perih ini, itu berarti Anda harus mencari tahu penyebab munculnya jerawat ini.  Karena cara mengatasi jerawat berbeda-beda, tergantung pada apa yang memicu munculnya jerawat tersebut dengan jenis jerawatnya.

Kebanyakan jerawat yang muncul disebabkan karena pori-pori yang tersumbat. Pori-pori yang tersumbat ini bisa terjadi karena kebiasaan sehari-hari Anda yang tanpa disadari menjadi penyebab jerawat sering muncul di wajah.

Meskipun Anda sudah menggunakan berbagai jenis produk perawatan wajah dan jerawat yang mahal, tapi jika kebiasaan ini tidak bisa dihentikan maka usaha Anda hanya akan sia-sia. Yuk, berhenti melakukan kebiasaan berikut agar jerawat Anda hilang.

Penyebab Jerawat

  1. Terbiasa menyentuh wajah saat tangan kotor

Tangan yang kotor adalah tempatnya bakteri bersarang. Jika Anda sering menyentuh wajah Anda dengan tangan kotor, maka kotoran dan bakteri yang ada di tangan Anda akan menempel di kulit lalu menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat sering muncul.

Tidak hanya itu, benda-benda seperti handphone yang kotor dan alat make up, bahkan keringat yang ada di wajah pun bisa menjadi penyebab jerawat.

  1. Malas mencuci rambut
Baca Juga :  Tidak Percaya Diri Karena Wajah Kusam dan Berjerawat? Singkirkan Dengan Hal Ini!

Rambut yang kotor karena malas berkeramas juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Teutama untuk orang yang memiliki poni, berambut panjang, dan tipis. Kotoran yang ada di rambut bisa menempel di wajah dan membuat kulit rentan berjerawat.

Sehingga mengakibatkan kulit rentan berjerawat, bahkan bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit kepala yang bahkan jarang disadai oleh kebanyakan orang.

  1. Salah mencuci muka

Salah satu cara merawat wajah dan mencegah timbulnya jerawat ialah dengan menjaga kebersihan wajah. Namun jangan salah, terlalu sering mencuci muka juga bukanlah kebisaan yang baik.

Terlalu sering mencuci muka malah bisa menyebabkan wajah Anda iritasi dan kulit makin sensitif  lalu hal itu menjadi pemicu munculnya jerawat. Bahkan munculnya jerawat juga bisa disebabkan karena penggunaan produk perawatan wajah yang berlebihan.

  1. Selalu menggunakan produk perawatan wajah yang tidak cocok dengan jenis kulit

Menggunakan produk untuk perawatan wajah dan rambut tentu menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua orang agar menjaga penampilan mereka. Akan tetapi, memilih dan menggunakan produk perawatan serta kosmetik yang salah justru bisa menjadi penyebab Anda berjerawat, terutama untuk kulit berminyak.

Sehingga disarankan agar pandai-pandai memilih produk perawatan yang sesuai dan cocok dengan jenis kulit Anda supaya jerawat tidak betah di wajah Anda. Saat memilih produk, usahakan menggunakan produk yang tidak menyebabkan komedo atau yang berlabel noncomedogenic.

  1. Sering begadang
Baca Juga :  Mengenal Masalah Jerawat dan yang Lainnya Secara Lengkap

Kurangnya waktu tidur karena kebiasaan sering begadang bisa menjadi penyebab datangnya berbagai jenis penyakit. Tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun begadang juga bisa menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kulit, seperti timbulnya jerawat.

Jerawat tersebut mncul karena tubuh Anda stress sehingga menyebabkan hormon kortisol meningkat lalu memicu terjadinya peradangan pada tubuh. Sehingga struktur dan fungsi kulit rusak yang berakibat jerawat Anda semakin parah serta bisa menyebabkan masalah kulit lainnya sepertu eksim dan psoriasis.

Itulah tadi beberapa kebiasaan buruk penyebab jerawat betah di wajah Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.