Tips Perawatan Kulit Kering yang Bagus untuk Dilakukan - Farmanina

Tips Perawatan Kulit Kering yang Bagus untuk Dilakukan

Bingung bagaimana caranya perawatan kulit kering? Kami memiliki tips informatif untuk Anda agar bisa dilakukan. Pasti sudah tidak asing bagi pemilik kulit kering dari mulai gejala wajah bersisik, kasar dan bahkan mengelupas.

Tips Perawatan Kulit Kering yang Bagus untuk Dilakukan

Sebenarnya, peristiwa kering pada kulit bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja. Tapi wajah paling sering terjadi, karena bagian wajah paling sering terpapar sinar matahari. Jika ini terus dibiarkan, maka tekstur kulit sendiri akan rusak.

Perawatan kulit kering juga sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan Anda tidak malas melakukannya. Untuk tahu lebih jelasnya, berikut adalah informasi seputaran kulit kering yang harus Anda ketahui.

Kenali Sebab-sebab Kulit Kering

Kulit kering adalah masalah paling umum yang dihadapi oleh setiap orang. Banyak yang menganggap, itu hal biasa. Tapi, jika tidak melakukan perawatan, bisa saja mengakibatkan penuaan dini dengan tumbuhnya keriput lebih cepat.

Kurangnya kelembaban pada kulit, juga memicu, kulit menjadi mengelupas dan terlihat sangat mengganggu. Bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri. Jadi, ketahui bagaimana cara paling benar dalam perawatan kulit kering.

Tidak perlu ke dokter, karena sebenarnya perawatan tersebut bisa dilakukan sendiri dengan produk-produk drug strore pasaran. Harganya juga beraneka ragam. Ingatlah, musuh utama kulit kering adalah paparan sinar matahari secara langsung.

Paling tidak, setiap keluar rumah, Anda harus menggunakan tabir surya agar lapisan kulit luar bisa terlindungi dari sinar matahari secara langsung. Selain karena matahari, apa saja penyebab kulit kering lainnya?

  1. Biasanya karena genetik atau keturunan dari keluarga. Faktor atau penyebab ini memang bisa menurun bisa dari ayah atau ibu Anda.
  2. Usia. Usia yang semakin bertambah memang bisa jadi sebab kulit kering. Hal itu dikarenakan semakin tua, kulit semakin sedikit dalam menghasilkan minyak.
  3. Suhu udara yang cukup ekstrem juga mampu menghilangkan kelembaban pada kulit, akibatnya, kulit menjadi jauh lebih kering.
  4. Terlalu sering cuci muka dan menggosoknya terlalu keras juga jadi salah satu penyebabnya. Karena sabun cuci muka yang sering digunakan, membuat produktivitas minyak alami wajah menjadi berkurang.
  5. Produk skincare yang tidak sesuai atau tidak cocok juga dapat menjadi pemicunya.
  6. Kondisi medis tertentu, yang membuat kulit menjadi bersisik bahkan sampai kemerahan.
  7. Jarang memakai pelembab dan juga sunscreen.
Baca Juga :  Wanita Harus Tahu 5 Cara Mengatasi Pori – Pori Besar Ini

Perawatan Kulit Kering Paling Mudah

Setelah mengetahui beberapa penyebab adanya kulit kering pada wajah, sudah seharusnya Anda tahu bagaimana cara merawatnya. Bila bukan kondisi medis karena penyakit tertentu, cukup mudah diatasi.

Asalkan Anda melakukannya secara rutin dan disiplin, pasti kulit kering tersebut akan menjadi lembab, tekstur menjadi lebih halus. Bahkan karena kulit wajah yang kering membuat wajah menjadi jauh lebih kusam.

Jika menginginkan wajah yang cerah dan halus, memang butuh effort untuk melakukan perawatan pada kulit kering, yaitu dengan cara :

  1. Ketika mandi, diusahakan menggunakan air hangat saja, jangan panas. Karena dapat mengurangi kelembaban kulit. Batasi juga waktunya antara 5-10 menit
  2. Gunakan sabun wajah yang mengandung moisturizing. Hindari produk dengan kandungan soudium lauryl sulfate.
  3. Gunakan pelembab yang tepat dengan kandungan glisering, lanorin, minyak mineral, asam laktat, urea dan lainnya yang bagus bagi kulit kering.
  4. Jangan lupa selalu menggunakan tabir surya 2 ruas jari dan kembali aplikasikan kalau bisa 3 jam sekali saat berada di luar ruangan.
  5. Bisa juga melakukan perawatan alami dengan menggunakan olive oil, susu, hingga madu.

Pentingnya melihat kandungan pada sebuah produk, agar nanti saat digunakan justru memberikan dampak bagus bagi wajah Anda. Jadi, metode perawatan kulit kering yang dilakukan, akan terlaksana dengan baik.