Tips Menghilangkan Rambut Berketombe dengan Cara Alami - Farmanina

Tips Menghilangkan Rambut Berketombe dengan Cara Alami

Menghilangkan rambut berketombe sangat wajib dilakukan. Karena jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan masalah serius pada rambut juga kulit kepala.

Bahaya bagi kesehatan kulit kepala juga, ini dibuktikan pada beberapa kasus yang mengalami luka pada kulit kepala disebabkan oleh ketombe. Tidak sedikit juga sampai sulit disembuhkan karena masalah yang satu ini.

Ketombe bisa dikatakan sebagai masalah rambut, yang memiliki efek membuat kulit kepala menjadi gatal. Karena rasa gatal ini membuat seseorang menggaruk kulit kepala sangat kuat agar rasa gatal hilang.

Terlalu kuat menggaruk kulit kepala bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Inilah awal masalah yang ditimbulkan oleh masalah yang satu ini. Jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai persoalan lain maka perlu tahu cara menghilangkan rambut berketombe.

Maka dari itu penting juga untuk mengetahui penyebabnya. Setelah mengetahui bagaimana penyebabnya. Kemudian pahami juga bagaimana cara menghilangkannya.

Tips Menghilangkan Rambut Berketombe dengan Cara Alami

Baca Juga :  Kesulitan Miliki Rambut Lebat? Inilah Tips Tebalkan Rambut Tepat!

Pahami Penyebab Umum Rambut Berketombe

Langkah awal bagi Anda untuk menghilangkan rambut berketombe, yakni dengan memahami penyebabnya. Rasa gatal yang ada dikulit kepala ini terjadi bukan tanpa alasan, tentu ada penyebabnya.

Ada banyak unsur yang menjadi penyebab dari ketombe, paling umum rasa gatal ini muncul karena kurangnya perhatian pada rambut. Terlalu cuek terhadap kesehatan kulit kepala menjadi pemicu awal munculnya ketombe.

Misalnya seperti malas menyisir rambut. Rambut yang dibiarkan tidak disisir akan menimbulkan penumpukan kotoran yang menyebabkan ketombe. Maka akan lebih baik jika melakukan penyisiran agar membantu pengelupasan sel kulit secara alami.

Kulit kepala kering juga rawan terpapar ketombe. Umumnya berbentuk seperti serpihan kecil dan sedikit berminyak. Jamur juga bisa menjadi pemicu timbulnya masalah kulit kepala ini.

Penyebab lain juga bisa dipicu karena terlalu sering atau terlalu jarang melakukan keramas. Sebelum melakukan keramas, tentukan jenis rambut Anda dan pastikan keramas sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Masih banyak penyebab lainnya, misalnya kondisi kulit tertentu, kondisi medis, pengaruh diet, pengaruh usia, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Langkah Membuat Masker Rambut Alami yang Bisa Diikuti

Tips Menghilangkan Rambut Berketombe Secara Alami

Setelah mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya penting untuk mengetahui cara menghilangkan rambut yang berketombe. Supaya ketombe yang masih ada dikepala bisa hilang secara utuh.

Untuk membrantas masalah kulit kepala ini, tidak perlu menggunakan sesuatu yang berbahaya. Atau membutuhkan banyak biaya, cukup dengan cara-cara yang alami.

Cara alami yang bisa Anda gunakan sebagai upaya menghilangkan rambut berketombe pertama menggunakan campuran minyak tea tree. Dengan kandungan antijamur dipercaya mampu menghilangkan ketombe.

Jika kesulitan mendapatkan tea tree, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa. Kandungan minyak kelapa dapat membuat kulit kepala tetap lembab, dengan begitu bisa mengurangi risiko iritasi.

Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai pilihan jitu untuk menghilangkan rambut berketombe. Kandungan lidah buaya bisa membantu mengurangi peradangan atau infeksi yang ditimbulkan dari ketombe.

Baca Juga :  Obat Mengatasi Rambut Rontok Alami Tanpa Efek Buruk

Cara alami lain yakni dengan mengaplikasikan masker soa kue pada kulit kepala. Soda kue bisa membantu pengangkatan sel kulit mati sehingga dapat mengurangi rasa gatal dikepala.

Selain menggunakan beberapa cara yang dioleskan dikulit kepala, Anda juga bisa menghilangkan masalah kulit kepala ini dengan cara lain seperti menjaga pola makan.

Ada beberapa makanan yang bisa mengurangi risiko ketombe, di antaranya yakni yang mengandung omega-3. Seperti ikan salmon, kacang-kacangan, dan mackerel.

Menjaga pola hidup sehat juga bisa membantu mengurangi rambut berketombe. Misalnya dengan menjaga pikiran agar tidak mudah setres. Karena setres juga bisa menyebabkan ketombe muncul.

Pada akhirnya untuk bisa memiliki kulit kepala yang sehat, dibuutuhkan usaha. Meskipun tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Hanya dengan cara alami mampu menghilangkan rambut berketombe asal dilakukan secara rutin dan teratur.