Pertimbangan Sebelum Bleaching Rambut, Kenali Dampaknya Juga

Pertimbangan Sebelum Bleaching Rambut, Kenali Dampaknya Juga

Berganti warna rambut umumnya memerlukan proses bleaching atau menghilangkan warna aslinya, namun tentunya ada beberapa pertimbangan sebelum bleaching rambut ini. Mengingat proses bisa mempengaruhi beberapa hal, termasuk kesehatan kulit kepala.

Sebenarnya hal yang harus dipikirkan beragam, mulai dari pemilihan warna, perawatan, hingga tentunya dampak yang mungkin terjadi. Itulah mengapa sebelum melakukan bleaching, Anda perlu cermati beberapa hal berikut.

Pertimbangan Sebelum Bleaching Rambut, Kenali Dampaknya Juga

9 Pertimbangan Sebelum Bleaching Rambut, Pemilihan, Perawatan, hingga Dampaknya

Tidak ingin hasil cat rambut jelek, atau bahkan berdampak terhadap kesehatan, sebaiknya hal berikut perlu diperhatikan sebelum proses bleaching. Termasuk fakta jika proses ini memakai bahan kimia cukup keras.

Prosesnya sendiri adalah dengan membuka lapisan kutikula, kemudian hydrogen peroksida dapat meresap dan memutihkan helai. Sehingga hasil akhir warna rambutnya menjadi kuning, abu-abu, maupun putih.

Warna asli yang sudah pudar, menjadikan rambutnya lebih mudah diwarnai. Lamanya sendiri kurang lebih 30 hingga 45 menit, tergantung kebutuhan. Selain itu, berikut adalah pertimbangan sebelum bleaching rambut lainnya.

Baca Juga :  Cara Mewarnai Rambut Anti Gagal
  1. Kenali Jenis Rambutnya

Jenis rambut kering cenderung rapuh dan mudah rusak. Apabila memiliki jenis ini, perawatan ekstra maupun pengulangan bleaching perlu pertimbangan matang. Apalagi jika kondisinya sudah rusak, pertimbangkan lagi.

  1. Tentukan Dahulu Warnanya

Sebelum mewarnai rambutnya, memilih warna adalah hal penting dilakukan. Misal ingin tone netral seperti cokelat, atau lebih berwarna misal pink. Karena jenis warna terkadang juga menentukan proses bleachingnya.

Umumnya jika ingin lebih berwarna, bleachingnya akan dilakukan lebih intens dan berulang. Itulah mengapa penting pilih warna cat dahulu, baru pikirkan pertimbangan sebelum bleaching rambut lainnya.

  1. Perlu Dirawat Ekstra

Rambut diwarnai sudah pasti membutuhkan perawatan ekstra. Khusus setelah bleaching, perawatan diperlukan adalah keramas untuk membersihkan sisa krim. Namun setelah itu perlu juga pemakaian kondisioner serta hair mask secara rutin.

Perawatan ini ditujukan supaya rambutnya juga lebih lembap dan halus. Sehingga tidak kering, rapuh, mudah rontok, dan berakhir ke masalah lainnya. Vitamin juga menjadi salah satu produk diperlukan lainnya.

  1. Kemungkinan Rambut Tambah Kering

Pertimbangan sebelum bleaching rambut berikutnya adalah mengenai dampak negatif. Seperti yang sudah disebutkan, mahkota kepala tambah kering merupakan salah satu akibatnya. Jadi Anda harus bersiap akan risiko ini.

  1. Berpengaruh ke Kesehatan Kulit Kepala

Ketika memiliki masalah di kulit kepala, misal infeksi atau iritasi, sebaiknya tunda proses ini. Karena bahan kimia terkandung dalam krimnya dapat memperparah kondisi tersebut.

Baca Juga :  Mengenal Penyebab Rambut Kering Wajib Selalu Dihindari
  1. Pilih Lakukan di Ahli

Melakukan pelunturan warna rambut ini memang paling aman dan efektif kalau dilakukan di ahlinya. Pilih juga salon kecantikan berkualitas bagus dan sesuai anggaran. Sehingga selain praktis, juga bisa konsultasi dahulu.

  1. Tes Dahulu

Pertimbangan sebelum bleaching rambut selanjutnya adalah perlu dilakukan tes dahulu. Karena dikhawatirkan krim tidak cocok untuk kulit kepala. Biasanya akan dioleskan sedikit dan tunggu beberapa lama, untuk tahu efeknya.

  1. Perlu Pengulangan

Karena hasil bisa berbeda, terkadang pengulangan bleaching akan dilakukan. Itulah mengapa Anda perlu siapkan mental dan waktu sebelum melakukannya. Karena semakin banyak diulang, dampak negatifnya juga lebih mudah muncul.

  1. Purple Shampoo Direkomendasikan

Hasil proses pelunturan ini terkadang memberikan efek tampilan kekuningan. Namun Anda bisa mengatasinya degan penggunaan purple shampoo. Apabila melalui tenaga ahli, biasanya sudah otomatis menggunakannya.

Setiap orang memang memiliki cara berbeda untuk mengekspresikan diri, salah satunya dengan mewarnai rambutnya. Jika Anda tertarik melakukannya, proses bleaching tidak boleh terlewat untuk dipikirkan .

Maka ada beberapa hal perlu dipikirkan, mulai dari pemilihan warna hingga perawatan. Tidak lupa pertimbangan sebelum bleaching rambut mengenai dampaknya, meliputi tambah kering hingga berpengaruh ke kesehatan kulit kepala.