Cara Mencegah Kerontokan Rambut Beserta Tips Mengatasinya

Cara Mencegah Kerontokan Rambut Beserta Tips Mengatasinya

Sebelum terjadi lebih baik mencegah kerontokan rambut. melakukan pencegahan maka rambut akan bebas rontok dan terlihat indah terawat. Namun tidak sedikit juga yang menganggap enteng masalah ini.

Karena berbeda kasus ketombe yang menyebabkan gatal dan mengganggu sedangkan rontok tidak menimbulkan efek seperti itu. Karena itulah banyak orang menganggap remeh.

Atau lebih tepatnya tidak sadar bahwa telah mengalami masalah kulit kepala satu ini. Sifat acuh tidak acuh jika dibiarkan bisa menimbulkan kebotakan pada kulit kepala.

Cara Mencegah Kerontokan Rambut Beserta Tips Mengatasinya

Penyebab Kerontokan Rambut yang Sering Diabaikan

Agar bisa melakukan pencegahan, maka mengetahui penyebab dari kerontokan menjadi penting. Dengan begitu risiko kebotakan pada kepala Anda dapat teratasi.

Setelah mengetahui penyebabnya diharapkan akan lebih mudah dalam mencegah kerontokan rambut. Penyebabnya biasanya terjadi karena pola hidup yang tidak sehat.

Gejala paling sering dialami oleh seseorang yang memiliki masalah kulit kepala ini yaitu diakibatkan oleh setres. Ketika seseorang setres maka hormon androgen akan meningkat sehingga menyebabkan hilangnya kekuatan rambut.

Penyebab lain disebabkan oleh akar rambut yang lemah, ketidakseimbangan hormonal, pengaruh dari obat-obatan, kekurangan protein, vitamin, dan lain sebagainya.

Penyebab lain juga terjadi disebabkan perlakuan buruk terhadap rambut. Misalnya seperti terlalu sering mewarnai atau mencatok menggunakan bahan kimia, menggunakan hair dryer secara berlebihan, atau mengikat rambut terlalu kencang.

Baca Juga :  Inilah 5 Tips Menebalkan Rambut yang Harus Diketahui Wanita

Cara Jitu Mencegah Kerontokan Rambut

Setelah memahami penyebabnya, Anda juga perlu melakukan pencegahan agar terbebas dari segala masalah rontok. Karena hal ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Cara mencegah kerontokan rambut yakni dengan menghindari beberapa hal sekiranya membahayakan bagi kesehatan kulit kepala. Apabila cepat melakukan pencegahan, maka rambut akan lebih sehat bercahaya.

Cara pertama yakni dengan mengurangi penggunaan styling tool. Mengurangi penggunaan ini sangat membantu agar masalah kulit kepala seperti rontok, ketombe bisa dihindari.

Cara mencegah kerontokan rambut berikutnya yakni memberikan perhatian lebih. Misalnya seperti memberikan jadwal keramas. Melakukan keramas terlalu sering atau terlalu jarang tidak dianjurkan. Maka tentukan jadwal tersebut berdasarkan kebutuhan.

Cara terakhir yakni menggunakan produk yang cocok. Pemilihan produk harus disesuaikan dengan masalah yang terdapat pada kulit kepala seperti kerontokan, ketombe dan lain sebagainya.

Jangan sampai salah dalam menentukan pilihan produk. Kesalahan dalam memilih produk juga bisa menyebabkan persoalan kulit kepala.

Baca Juga :  Satu Dari 10 Pria Mengalami Rambut Rontok : Inilah Penyebabnya

Tips untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Apabila sebelum mencegah kerontokan rambut ternyata sudah mengalaminya. Tidak perlu khawatir, karen ada tips yang bisa dipilih untuk mengatasinya.

Langkah terbaik untuk mengatasinya yakni dengan mengoleskan hair oil sebelum keramas. Karena khasiat yang ada didalamnya mampu menstimulasi folikel sehingga membantu penumbuhan rambut lebih cepat.

Tips lanjutan yakni dengan memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Ini bisa sangat membantu mengurangi maslah seperti kerontokan. Untuk mendapatkan produk yang cocok bisa dilakukan riset terlebih dahulu.

Tips mengatasi kerontokan selanjutnya yakni dengan rutin menggunakan kondisioner. Menghindari hair dryer maupun alat lain yang bisa memicu timbulnya persoalan kulit kepala.

Langkah atau tips lain yakni dengan melakukan pemijatan pada kepala secara lembut. Hal ini bisa dilakukan sesekali guna membantu memperlancar aliran darah di kepala.

Baca Juga :  Ingin Rambut Sehat dan Kuat? Inilah Cara Ampuh Merawatnya

Selain itu, Anda juga mengatasinya dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang di dalamnya mengandung vitamin, protein. Atau makanan yang kaya akan serat juga baik untuk merawat kesehatan kulit kepala.

Setelah mengetahui keseluruhan, mulai dari penyebab, cara mencegah juga mengatasinya. Dengan begitu apabila rambut mulai ada masalah Anda bisa segera mencegah kerontokan rambut dengan cara yang telah disebutkan tadi.