Kenali Penyebab, Cara Mencegah, dan Mengatasi Rambut Rontok

Kenali Penyebab, Cara Mencegah, dan Mengatasi Rambut Rontok

Kenali Penyebab, Cara Mencegah, dan Mengatasi Rambut Rontok – Rambut merupakan aset berharga semua orang, terlebih bagi wanita. Sebab, rambut merupakan mahkota yang harus dirawat agar tetap indah dan sehat. Maka tak heran jika para wanita rela menghabiskan banyak waktu dan uang untuk perawatan rambut di salon.

Walau demikian, masalah rambut seperti kering dan rontok masih saja menghantui rambut. Tak hanya membuat pemiliknya tidak percaya diri, tetapi masalah kerontokan rambut juga dapat membuat penampilan seseorang menjadi tidak maksimal.

Perawatan Rambut PRP Treatment
IMG : freepik

Sebelum mengatasi rambut rontok, terlebih dahulu Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Adapun penyebab kerontokan rambut adalah sebagai berikut:

PENYEBAB RAMBUT RONTOK

Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Rambut yang diikat terlalu kencang dapat menjadi penyebab rontoknya rambut secara terus menerus. Ikatan tersebut membuat akar rambut tertarik sehingga mengakibatkan kerontokan.

Diet Tak Seimbang
Tak hanya perawatan dari luar, penyebab rambut rontok yang berlebihan salah satunya adalah disebabkan asupan nutrisi yang tidak seimbang, misalnya menjalani diet ketat. Kondisi tersebut membuat tubuh dan rambut menjadi kekurangan nutrisi sehingga membuat rambut menjadi rontok.

Stres
Kondisi pikiran yang sedang stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Stress mengakibatkan hormon yang seimbang menjadi terganggu dan menurunkan peredaran darah di kepala. Kondisi tersebut membuat rambut kekurangan nutrisi hingga membuatnya rontok.

Aktivitas di Luar Ruangan
Kegiatan di luar ruangan membuat rambut rentan akan sinar matahari dan polusi. Rambut bisa mengalami perubahan pigmen dan membuatnya berubah warna akibat sinar UVA dari matahari.
Tak hanya itu, sinar matahari juga bisa mempengaruhi keratin rambut yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut agar bebas rontok dan tetap berkilau.

Polusi
Rambut yang terpapar polusi akan menjadi kasar dan rusak akibat debu dan partikel udara yang menempel di permukaan rambut. Kondisi tersebut menyebabkan masalah kerontokan rambut.
Mencuci Rambut dengan Air Panas

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena penggunaan air panas saat keramas. Air panas mengakibatkan batang rambut mengalami dehidrasi sehingga rambut menjadi mudah patah. Bahkan, air panas dapat mengurangi minyak alami pada rambut dan membuatnya kering dan rusak.

Untuk mencegah terjadinya masalah kerontokan pada rambut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

kebotakan rambut

Baca Juga :  Ingin Rambut Panjang? Inilah Tips Agar Rambut Cepat Panjang!

MENCEGAH RAMBUT RONTOK

Memilih Sampo yang Menutrisi Rambut
Rontoknya rambut bisa disebabkan kondisi rambut dan kulit kepala kurang ternutrisi. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk menggunakan sampo yang menutrisi rambut agar lebih kuat.
Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Ketika rambut diikat terlalu kencang, maka akan ada efek rambut yang tertarik dan membuatnya patah hingga gugur. Maka, pastikan Anda mengikat rambut secara longgar agar rambut tidak rontok.

Jangan Gunakan Alat Styling Terlalu Panas
Umumnya, alat styling rambut mengandalkan hawa panas untuk menata rambut. Maka, pastikan untuk memberi perlindungan dengan heat protector pada rambut, sekaligus atur suhu alat styling agar tak terlalu panas untuk mencegah rambut rontok dan tetap sehat.

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi
Pastikan Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti zat besi, zinc, protein, dan vitamin B12 untuk memperkuat kondisi rambut.

Jaga Kebersihan Rambut
Pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala terbebas dari debu dan kotoran. Sebaiknya, Anda gunakan sampo dengan formula lembut agar tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.
Selain melakukan perawatan di klinik kecantikan, masalah kerontokan pada rambut dapat diatasi dengan cara alami. Bahkan, Anda bisa menggunakan bahan yang mudah didapat.

Cara merawat kerontokan rambut secara alami adalah sebagai berikut:

MENGATASI RAMBUT RONTOK

Baca Juga :  Macam-macam Perawatan Wajah Dari Dermabrasi, Mikrodermabrasi, Sampai PRP Treatment, Cari Tahu Bedanya Yuk!

MENGATASI RAMBUT RONTOK

Lidah Buaya
Selain membuat rambut lebih sehat, kandungan yang ada pada lidah buaya juga bisa merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat. Cara merawat rambut yang rontok dengan lidah buaya yaitu basahi rambut dan tunggu hingga setengah kering. Kemudian, usapkan lender lidah buaya yang terdapat pada bagian daging.

Usapkan lender tersebut pada rambut dan kulit kepala dan tunggu selama 15 hingga 20 menit. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal dan mengurangi masalah rambut rontok.

Minyak Kemiri
Kandungan yang ada pada minyak kemiri dapat membuat rambut lebih sehat dan hitam. Selain itu, masalah kerontokan pada rambut juga bisa diatasi dengan minyak yang satu ini. Minyak kemiri mengandung nutrisi yang mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, serta dapat merangsang rambut.

Untuk menggunakan minyak kemiri, Anda perlu menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah itu, haluskan kemiri hingga mengeluarkan minyak, lalu usapkan secara merata pada rambut dan keramas dengan shampoo.

Minyak Esensial
Selain minyak kemiri, minyak esensial juga bisa merangsang pertumbuhan rambut, salah satunya yaitu minyak rosemary. Minyak tersebut diyakini mampu meningkatkan metabolisme sel yang bisa menstimulasi pertumbuhan rambut.

Pastikan terlebih dahulu reaksi alergi sebelum menggunakannya di kepala. Caranya yaitu teteskan sedikit minyak pada bagian belakang telinga atau bagian lengan dan tunggu dalam waktu 24 jam. Apabila selama waktu tersebut tidak ada tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal atau kemerahan, maka Anda dapat menggunakannya di kulit kepala.

Buah Alpukat
Kandungan protein yang ada pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi sehingga mencegah rambut rontok. Tak hanya mampu menguatkan, alpukat juga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya yaitu haluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh rambut hingga kulit kepala. Biarkan selama dua puluh menit, lalu keramas dengan shampo.

Yogurt
Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah yogurt. Cara menggunakan yogurt sebagai bahan pencegah kerontokan rambut juga sangat mudah. Anda cukup mengoleskan yogurt di bagian kulit kepala dan tunggu selama 10 hingga 15 menit.

Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal seperti yang Anda inginkan.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis ternyata juga dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Anda bisa merawat rambut dan mencegah kerontokan hanya dengan beberapa buah jeruk nipis.

Anda cukup mengiris jeruk nipis menjadi beberapa irisan, lalu usapkan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, diamkan sekitar lima belas menit, lalu bilas atau keramas hingga bersih menggunakan sampo.

Selain mengatasi masalah kerontokan, cara seperti ini juga efektif untuk menghilang ketombe.

Masker Aloe Vera dan Jeruk Nipis
Aloe vera memiliki sifat anti-septik yang dapat menyuburkan rambut. Anda bisa memadukan bahan ini dengan sari lemon atau jeruk nipis agar kulit kepala lebih sehat.
Campur gel aloe vera secukupnya dengan perasan jeruk nipik. Kemudian, oleskan campuran tersebut secara merata di kulit kepala. Biarkan selama tiga pulu menit, lalu bilas hingga bersih.
Itulah beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda kenali beserta cara mencegah dan mengatasinya.

Semoga bermanfaat.