Manfaat Tomat untuk Jerawat dan Kulit Wajah - Farmanina

Manfaat Tomat untuk Jerawat dan Kulit Wajah

Sudah banyak orang mengetahui adanya manfaat tomat untuk jerawat serta merawat wajah. Tidak hanya sebagai salah satu bahan pelengkap masakan dan enak diminum sebagai jus, buah ini juga dipercaya dapat menjaga kesehatan termasuk kecantikan.

Jerawat sendiri merupakan gangguan pada wajah yang pernah dirasakan oleh sebagian besar orang dan sangat mempengaruhi penampilan. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya kehilangan rasa percaya diri karena penyakit kulit satu ini.

Sementara itu, tomat memiliki banyak sekali kandungan vitamin serta antioksidan tinggi sehingga digunakan sebagai obat tradisional. Bukan hanya itu saja, tomat juga terkandung dalam berbagai perawatan wajah salah satunya untuk mengatasi jerawat.

Manfaat Tomat untuk Jerawat dan Kulit Wajah

Apa Saja Manfaat Tomat untuk Jerawat?

Melihat dari kandungannya, tidak mengherankan jika ada cukup banyak manfaat tomat bisa untuk jerawat. Mengapa bisa sangat ampuh mengatasi masalah kulit wajah? Berikut adalah beberapa khasiat yang terkandung di dalamnya.

  1. Menyeimbangkan pH Kulit

Tomat tidak hanya memiliki asam yang ramah untuk wajah namun kandungannya juga bisa menyeimbangkan pH. Jika pH terlalu tinggi maka kulit akan menjadi kering, sementara pH terlalu asam bisa menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, kandungan tomat yang dapat menyeimbangkan pH sangat penting untuk kesehatan kulit. Selain sebagai pelembab, namun juga bisa mengatasi masalah radang pada wajah.

  1. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar dapat menjadi salah satu penyebab dari masalah kulit termasuk radang di wajah. Manfaat tomat bisa untuk jerawat memiliki kandungan astringent yaitu zat yang dapat mengecilkan pori-pori.

  1. Mengatasi Minyak Berlebih

Jika mengkonsumsi dan menggunakannya sebagai bahan perawatan wajah secara rutin, maka Anda pasti akan merasakan manfaat tomat untuk jerawat. Hal ini karena buah ini dapat membantu dalam mengurangi kerja dari kelenjar minyak.

  1. Mengangkat Kulit Mati
Baca Juga :  Cegah Penuaan! Makanan atau Buah Pencegah Penuaan Dini

Buah yang sangat segar untuk minuman ini juga memiliki enzim-enzim yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, proses eksfoliasi dalam mengangkat sel kulit mati serta kotoran di pori-pori dapat berlangsung lebih baik.

  1. Anti-radang

Manfaat tomat untuk jerawat lainnya adalah sebagai anti-radang. Seperti diketahui, masalah wajah satu ini akan meninggalkan radang berupa kemerahan pada kulit. Buah dengan banyak kandungan nutrisi ini dapat membantu menghilangkannya.

  1. Vitamin C

Tomat memiliki vitamin C sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat merangsang pembentukan dari kolagen yang bermanfaat membantu proses penyembuhan dan juga elastisitas pada kulit.

Radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh sehingga membutuhkan antioksidan. Kandungan vitamin C pada tomat juga ternyata bisa mencegah adanya radikal bebas ini. Sehingga kerusakan pada kulit juga bisa dicegah.

  1. Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan bahan yang banyak ditemukan pada produk-produk perawatan wajah. Dengan begitu, sudah pasti kandungan ini sangat berkhasiat dalam merawat dan menjaga kesehatan wajah.

Manfaat tomat untuk jerawat lainnya adalah adanya kandungan asam salisilat ini yang dapat membantu meredakan radang secara alami. Tidak harus menggunakan produk perawatan mahal, Anda cukup menggunakan buah satu ini sebagai masker.

  1. Likopen

Tomat juga mengandung likopen atau antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat ini dapat mencegah radikal bebas serta membantu kulit memproduksi sel-sel baru agar tekstur menjadi lebih baik.

Selain itu, likopen juga dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB yang sangat berbahaya. Sinar ini dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar serta radang di wajah menjadi lebih parah.

Masalah pada wajah bisa sangat menganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, banyak yang mencoba manfaat tomat untuk jerawat dalam mengatasi berbagai masalah serta melakukan perawatan.

Baca Juga :  Produk Kecantikan yang Penting di Gunakan Saat Puasa
EnglishIndonesian