Khasiat Buah Delima untuk Kecantikan Wajah - Farmanina

Khasiat Buah Delima untuk Kecantikan Wajah

Selain banyak sekali manfaat pada kesehatan tubuh, khasiat buah delima untuk kecantikan sudah bukan lagi rahasia umum. Buah yang masuk jenis berry ini memang mengandung segudang nutrisi untuk tubuh dan rendah kalori sehingga dapat dikonsumsi setiap hari.

Khasiat Buah Delima untuk Kecantikan Wajah

Banyak orang juga menggunakan delima sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Sebab, kandungannya sangat baik dalam membantu mengatasi berbagai masalah wajah sekaligus perawatannya.

Tidak hanya nikmat dikonsumsi saja, ekstrak buah delima menjadi kandungan berbagai perawatan wajah. Selain itu, dapat juga dijadikan masker dengan menghaluskannya dan diberi sedikit air mawar agar lebih terasa manfaatnya.

Mengenal Khasiat Buah Delima untuk Kecantikan

Ada cukup banyak khasiat buah delima baik untuk kecantikan sehingga ada beragam serum maupun skincare yang mengandung ekstraknya. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan untuk kesehatan kulit wajah.

  1. Melembabkan Kulit

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kering dan terlihat kusam, maka buah ini dapat menjadi solusi yang lebih ampuh jika dibandingkan dengan teh hijau. Hal ini karena sumber vitamin C di dalamnya dapat melembutkan serta melembabkan wajah.

Selain itu, minyak asam punicic yang terdapat pada bijinya dapat menembus kulit dengan mudah. Masalah kulit kering, iritasi, serta pecah-pecah akan teratasi minyak asam punicic ini dapat menjadi pelembab alami.

  1. Mengurangi Tanda Penuaan

Buah delima untuk kecantikan lainnya adalah melindungi dari sengatan matahari sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Seperti diketahui, sengatan matahari sangat berbahaya karena menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk merusak sel kulit.

Paparan sinar matahari yang terlalu banyak bisa meningkatkan kemungkinan mengalami tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan keriput. Kulit juga bisa terbakar hingga berisiko terserang kanker.

Baca Juga :  Manfaat Tomat untuk Jerawat dan Kulit Wajah

Dengan kandungan polifenol di dalamnya sehingga dapat menjadi antioksidan yang melindungi sel-sel stres oksidatif untuk mencegah hiperpigmentasi serta flek-flek hitam. Bahkan berbagai produk dengan kandungan delima dapat memperbaiki DNA rusak.

  1. Regenerasi

Dokter spesialis kulit dari New York mengungkapkan jika buah delima bagus untuk kecantikan dapat meningkatkan regenerasi dari epidermis. Minyak dari biji delima juga mampu melindungi lapisan-lapisan kulit baik epidermis maupun dermis.

Buah ini dapat meningkatkan sirkulasi serta memperbaiki jaringan sehingga penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Dengan manfaat ini sehingga banyak orang menggunakannya sebagai bahan scrub wajah.

  1. Mengatasi Radang Jerawat

Anda bingung mengatasi masalah jerawat? Buah delima untuk kecantikan juga dapat digunakan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada wajah yang terlihat memerah dan membengkak.

Peradangan ini sendiri berasal dari bakteri yang menyerang kelenjar minyak. Sel darah putih berperan membunuh bakteri atau disebut neutrofil yang mati kemudian bercampur dengan bakteri dan berbagai kotoran. Inilah yang menjadi radang dan membentuk jerawat.

  1. Merangsang Kolagen

Kandungan ellagic dan juga antioksidan pada delima mampu merangsang sel yang berperan memproduksi kolagen. Hal ini dapat meningkatkan darah sehingga wajah kendur terlihat berkurang. Kolagen ini juga dapat mengurangi kerutan pada kulit.

  1. Masker Buah Delima untuk Kecantikan

Meskipun saat ini sudah cukup banyak skincare atau serum yang menggunakan ekstrak biji delima, namun Anda dapat membuat masker sendiri di rumah. Lebih ekonomis karena bahan yang digunakan hanya buah delima dan air mawar.

Oleskan saja masker ini ke wajah dan tunggu selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hangat. Jika dilakukan dengan rutin, maka Anda akan merasakan manfaat dari masker alami ini.

Baca Juga :  Produk Kecantikan yang Penting di Gunakan Saat Puasa

Kecantikan wajah merupakan salah satu hal penting diperhatikan. Banyak buah-buahan serta bahan alami yang dapat digunakan merawat kulit, salah satunya adalah buah delima untuk kecantikan wajah.

EnglishIndonesian