Tips Mengatasi Penuaan Dini Untuk Wanita - Farmanina

Tips Mengatasi Penuaan Dini Untuk Wanita dengan Melalukan Rangkaian Perawatan Kecantikan

Tengah resah karena penampilan diri kurang on-point akibat penuaan yang terjadi? Tips mengatasi penuaan dini pada wanita dengan melakukan rangkaian perawatan kecantikan berikut bisa jadi solusinya. Tentu saja setiap wanita bahkan pria di dunia ini bisa berpotensi mengalami penuaan pada kulit wajahnya secara lebih cepat karena mengalami berbagai faktor. Namun memang biasanya yang lebih banyak dan sering mengalami penuaan semacam ini adalah para wanita.

Tips Mengatasi Penuaan Dini Pada Wanita

Meski memang menjadi jauh lebih berpotensi mengalami penuaan namun para wanita juga yang lebih concern untuk soal mengatasinya lho. Memang penampilan yang menarik pada bagian wajah dan kulit menjadi salah satu yang paling wanita pikirkan sebelum penampilan lainnya. Biasanya wanita akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memikirkan penampilan wajah dan kulitnya dibandingkan kebutuhan fashionnya.

Tentu saja hal semacam itu menjadi satu hal yang wajar saja untuk dilakukan mengingat memang penampilan yang menarik menjadi satu hal penting dewasa ini. Penampilan yang menarik bisa membuat seorang wanita lebih merasa percaya diri dan dimudahkan dalam berbagai urusan termasuk pekerjaan. Nah tanpa berlama-lama lagi mari simak saja ulasan berikut mengenai bagaimana cara mengatasi penuaan yang lebih cepat terjadi pada kulit wanita!

Baca Juga :  5 langkah Perawatan Wajah di Rumah

Ciri-ciri Seorang Wanita Mengalami Gejala Penuaan Dini

Lantas bagaimana sebenarnya ciri seorang wanita tengah mengalami gejala penuaan yang lebih cepat dari umur seharusnya? Hal semacam itu bisa dilihat dengan mata telanjang. Berikut ini adalah beberapa ciri seorang wanita yang alami masalah penuaan pada kulit wajahnya.

• Muncul Flek atau Sun Spot Pada Wajah
Ciri seorang wanita yang mengalami gejala penuaan dini yang pertama adalah muncul flek atau sun spot pada area wajah dalam jumlah yang beragam. Flek tersebut biasanya ditandai dengan noda titik pada area kulit wajah yang disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari sinar matahari, hormone atau gaya hidup tak sehat. Jika saat ini tiba-tiba muncul flek coklat mana ada baiknya untuk segera mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

• Kulit Terasa Lebih Kering Dari Biasanya
Jika tiba-tiba merasa kulit kering dari biasanya maka bisa jadi itu adalah tanda dari penuaan yang datang lebih cepat. Jika misalnya tekstur kulit kenyal dan lembab sebelumnya berubah menjadi kering maka ini harus menjadi satu perhatian dan membutuhkan perawatan kulit tertentu. Hindari paparan sinar matahari langsung, gunakan tabir surya dan rajin membersihkan kulit wajah bisa membantu kurangi kulit kering yang ada.

• Wajah Terlalu Terlihat Lelah dan Kurang Fresh
Wajah yang terlalu terlihat lelah dan kurang fresh juga bisa menjadi tanda bahwa Anda tengah mengalami serangan penuaan lebih awal lho. Jika biasanya wajah terlihat segar dan sehat namun kini wajah terlihat lelah dan kusam maka ini patut jadi perhatian. Konsumsi gula berlebih bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi wajah terlihat lebih lelah lho.

• Wajah Tidak Cerah atau Bercahaya
Wajah yang tidak cerah atau bercahaya juga bisa menjadi satu ciri bahwa Anda tengah mengalami penuaan dini. Hal ini terjadi ketika kulit kehilangan kemampuan untuk meremajakan kulit sehingga cahaya sehat pada area wajah menjadi berkurang atau hilang. Menggunakan produk dengan kandungan Vitamin A atau retinoid bisa menjadi salah satu upaya dalam menjaga kecerahan kulit wajah.

• Kulit Area Wajah Mengendur
Kulit wajah yang mengendur juga bisa menjadi pertanda bahwa kulit tengah mengalami penuaan lebih cepat. Memang seiring bertambahnya usia kulit wajah yang kencang akan berubah mengendur. Namun tidak hanya yang berusia matang saja yang bisa alami kulit kendur, anak muda juga bisa lho alami tanda penuaan ini!

• Lingkaran Gelap Muncul Dibawah Mata
Munculnya lingkaran gelap di bawah mata yang biasanya sering disepelekan sebenarnya menjadi salah satu ciri tengah mengalami penuaan dini lho. Jika hal ini terjadi usahakan untuk kurangi konsumsi makanan asin dan atur pola tidur menjadi lebih tepat dan sehat. Jangan sampai lingkaran gelap di area tersebut semakin menganggu penampilan Anda.

• Bentuk Bibir jadi Lebih Tipis
Kolagen membentuk dan menyuplai bentuk bibir menjadi sehat dan tebal. Bentuk bibir yang berubah lebih tipis bisa menjadi salah satu ciri dari penuaan yang terjadi karena produksi kolagen yang tak lagi bagus. Usahakan ujntuk gunakan pelembab bibir atau konsumsi minuman kolagen sesuai petunjuk dokter.

Baca Juga :  Produk Anti Aging: Hambat Penuaan Kulit Dari Sekarang

Alasan Penuaan Bisa Terjadi Secara Lebih Cepat?

Nah tentu saja penuaan yang terjadi pada area wajah tidak mungkin tanpa sebab atau pengaruh apa-apa bukan? Selalu ada alasan mengapa hal tersebut terjadi. Hal pertama yang mempengaruhi penuaan bisa terjadi lebih cepat pada usia yang relatif muda adalah adanya paparan sinar matari yang berlebih. Tentu saja sinar matahari pagi baik untuk kesehatan diri dan kulit, namun jika ternyata sinar matahari yang didapatkan berlebih maka itu tak akan baik.

Ada zat negatif yang terkandung dalam sinar matahari yang mana dapat membuat kesehatan kulit menurun oleh sebab itu coba gunakan tabir surya untuk menghindarinya.Tak hanya sinar matahari, radikal bebas juga menjadi sebab besar penuaan terjadi dengan lebih cepat. Selanjutnya adalah paparan asap rokok juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit yang bisa sebabkan penuaan.

Tips Mengatasi Penuaan Dini yang Terjadi dengan Aman

Nah setelah membahas panjang mengenai bagaimana penuaan yang datang lebih cepat bisa terjadi, ciri-ciri serta berbagai faktor yang mempengaruhinya. Maka berikut ini ada ulasan menarik mengenai tips mengatasi penuaan dini yang terjadi dengan aman.

• Konsumsi Makanan yang Rendah Gula dan Kalori
Tips atasi penuaan dini yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang rendah gula dan kalori. Penurunan fungsi kolagen biasanya terjadi karena kebiasaan makanan yang tinggi gula dan kalori. Oleh sebab itu jika tak ingin cepat keriput jangan sering makan manis atau berlemak ya!

• Pilih Skincare dengan Ekstrak Buah Delima
Tips lainnya adalah dengan memilih skincare wajah yang mengandung serat ekstrak buah delima. Buah delima memiliki senyawa anti aging serta antioksidan yang tinggi yang mampu cerahkan kulit. Kini sudah banyak skincare yang mengandung ekstrak delima lho!

• Minum Air Putih Teratur
Minum air putih teratur bisa menjadi cara untuk menekan penuaan yang terjadi. Kulit yang terhidrasi dengan baik tidak akan mudah kering. Racun yang dibuang karena air putih juga bisa membantu peremajaan kulit lho.

• Tidur Cukup dan Jangan Tatap Ponsel Terlalu Lama
Menurut dermatologis, menatap ponsel terlalu lama dapat membuat rahang mengendur dan wajah lebih keriput. Tak hanya itu begadang juga bisa membuat kulit menjadi keriput, muncul flek hingga area mata menjadi gelap. Jika ingin wajah awet muda pastikan untuk rajin jaga kesehatan, makan sehat dan atur pola tidur dengan baik.

Baca Juga :  Inilah Langkah Tepat Dalam Tips Obati Jerawat Untuk Anda!

Itulah di atas adalah beberapa ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi penuaan dini, alasan penuaan bisa terjadi hingga berbagai ciri kemunculannya yang perlu diwaspadai. Tentu saja penuaan yang datang lebih awal akan terasa menganggu penampilan terutama bagi kaum wanita. Namun yang wajib diketahui adalah bahwa penuaan pada kulit wajah itu umum terjadi dan masih ada cara mengatasinya, jadi jangan keburu panik ya!

EnglishIndonesian