Makanan Pencegah Penuaan Dini Yang Harus Kamu Tahu - Farmanina

Makanan Pencegah Penuaan Dini

Kenali Makanan Pencegah Penuaan Dini Berikut – Usia 30 tahun adalah usia dimana kebanyakan wanita mulai mengkhawatirkan masalah kulit mereka. Alasannya karena di usia ini keriputan dan kerutan mulai muncul.

Oleh karena itu, banyak wanita yang semakin rajin melakukan perawatan jika telah memasuki usia 30-an. Akan tetapi, penuaan dini bisa dicegah dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.

Beberapa makanana pencegah penuaan dini yang mengandung antioksidan serta berbagai jenis vitamin seperti vitamin C, E, D, K, dan vitamin B-kompleks serta mineral mampu menghambat terjadinya penuaan dini dan membuat Anda tampak awet muda.

Makanan Pencegah Penuaan Dini

1. Cokelat hitam
Siapa yang sangka bahwa mengonsumsi cokelat bisa mencegah terjadinya penuaan dini? Tapi jangan salah sangka, cokelat yang dimaksud disini bukanlah cokelat manis seperti yang ada di toko-toko dan telah ditambahkan gula. Sebab cokelat tersebut bukan mencegah penuaan dini tetapi bisa menyebabkan jerawat dan dapat memecah kolagen.

Cokelat hitam yang dimakasud ialah kakao atau cokelat hitam murni. Mengonsumsi makanan tersebut lebih dari 70 persen dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit Anda. karena mengonsumsi cokelat murni bisa melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan mencegah kulit yang kasar. Selain itu, cokelat juga bisa memberikan nutrisi yang penting bagi kulit karena mampu meningkatkan aliran darah.

2. Kacang-kacangan
Mengonsumsi berbagai jenis kacang khususnya kacang almond yang merupakan sumber vitamin E juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Kacang almond memiliki banyak khasiat di antaranya yaitu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar ultraviolet, memperbaiki jaringan kulit yang rusak,serta menjaga kelembapan kulit.

Selain kacang almond, kacang kenari yang memiliki kandungan asam lemak serta omega-3 anti-inflamsai juga mampu melindungi kulit terhadap dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, memperkuat membrane sel kulit, serta membuat kulit tampak bercahaya dan indah dengan mempertahankan minyak alami pada kulit.

Baca Juga :  Hindari Kebiasaan Ini Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini

Tidak hanya kacang almond dan kacang kenari, kacang lainnya yang juga bisa membuat kulit Anda tampak awet muda ialah kacang tanah. Kacang tanah mengandung zat besi serta vitamin A, B, dan vitamin C yang juga bermanfaat sebagai anti-aging dan antioksidan.

Tidak hanya menjaga kulit tetap cerah dan sehat, kacang tanah juga dapat mengurangi garis halus pada wajah, keriput, serta tanda-tanda penuaan lainnya.

3. Biji delima
Buah delima sudah dipercaya sejak berabad-abad tahun lamanya sebagai buah yang dapat dijadikan obat penyembuh berbagai macam penyakit karena berbagai jenis manfaat yang dimilikinya. Salah satunya yaitu dapat mencegah penyakit kanker dan flu serta mampu memperkuat sistem kekebalan pada tubuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah delima yang juga kaya vitamin C serta antioksidan dapat mengurangi terjadinya peradangan pada sistem tubuh yang merupakan penyebab terjadinya jerawat serta melindungi tubuh dan mencegah terjadinya kanker kulit akibat radikal bebas.

4. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung vitamin A, C, E dan beta karoten di dalamnya. Beta karoten berasal dari warna oranye ubi jalan yang berfungsi sebagai antioksidan lalu kemudian diubah menjadi sumber vitamin A.

Sementara itu, vitamin A berfungsi untuk membantu meningkatkan pergantian sel kulit, mengembalikan keelastisitan kulit, serta menjaga agar kulit tampk awet muda dan lembut. Selain itu, beta karoten juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C dan E pada ubi jalar mampu menjaga kulit agar tetap berseri akibat dari produksi sel baru serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Itulah tadi beberapa makanan pencegah penuaan dini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

EnglishIndonesian