Persiapan Sebelum Operasi Plastik, Pastikan Sudah Anda Penuhi

Persiapan Sebelum Operasi Plastik, Pastikan Sudah Anda Penuhi

Persiapan sebelum operasi plastik memang harus dipahami oleh siapa saja yang ingin melakukan tindakan medis satu ini. Istilah bedah plastik atau pun operasi plastik selalu berhubungan dengan proses mengubah atau rekonstruksi ulang bagian tubuh tertentu supaya tampil jauh lebih menarik lagi.

Persiapan Sebelum Operasi Plastik, Pastikan Sudah Anda Penuhi

Perlu untuk dipahami bahwa cabang ilmu kedokteran bedah plastik rupanya mempunyai ruang lingkup yang begitu luas. Selain dapat menarik penampilan, rekonstruksi tubuh bisa juga dilakukan untuk memperbaiki bagian tubuh rusak dengan tujuan tertentu.

Sementara itu, operasi plastik atau bedah plastik merupakan cabang dari ilmu kedokteran yang fokus pada perbaikan sel dan jaringan tubuh atau pun kulit yang mengalami kerusakan atau cacat yang disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti kecelakaan, tumor, luka bakar, cacat bawaan dari lahir.

Selain bisa memperbaiki bentuk tubuh yang cacat atau pun rusak, tindakan medis operasi plastik juga kerap kali dilakukan dengan tujuan mengubah bagian tubuh tertentu agar tampak lebih menarik demi menunjang penampilan seseorang.

Persiapan Sebelum Operasi Plastik, Pasien Harus Memastikan Hal Berikut

Persiapan sebelum operasi plastik justru dibutuhkan oleh pasien yang nanti akan dipandu oleh dokter spesialis bedah. Bentuk wajah sempurna jelas saja menjadi impian banyak orang, laki – laki maupun perempuan rela menggelontorkan biaya besar untuk mendapatkan bentuk wajah sempurna agar bisa menambah kepercayaan dirinya.

Baca Juga :  Perbedaan Thread Lift dan Tanam Benang, Apa Saja Manfaat dan Efek Sampingnya?

Untuk sekarang ini, sudah banyak sekali treatment khusus operasi kecantikan yang selalu dijadikan andalan oleh sebagian orang guna memperkuat tampilan diri lebih terawat dan menarik. Apakah Anda salah satu dari mereka yang ingin mencoba melakukan bedah plastik? Tentunya harus pertimbangkan beberapa hal berikut ini :

1.      Pastikan kondisi kesehatan fisik dan alergi

Persiapan sebelum operasi plastik yang pertama kali dapat Anda lakukan ialah memastikan dan periksa kondisi kesehatan supaya prosedur operasi tidak terjadi kendala atau komplikasi yang sangat membahayakan kesehatan fisik Anda.

Namun, bila hasil dari pemeriksaan medis menunjukkan adanya gejala atau kemungkinan terjadi hal yang tidak diinginkan, maka Anda harus menunda operasi plastik. Lakukan juga cek alergi supaya bisa mengetahui reaksi tubuh Anda pada obat bius yang bakalan digunakan selama prosedur berlangsung.

2.      Hentikan konsumsi obat pengencer darah

Bila Anda termasuk pasien yang rutin konsumsi obat jenis apapun sebaiknya berhenti dahulu 2 minggu sebelum jadwal dan persiapan sebelum operasi plastik, terlebih lagi untuk jenis obat yang berhubungan dengan pengenceran darah karena bisa mengakibatkan pendarahan secara berlebihan ketika operasi.

Jika ada jenis obat yang wajib dikonsumsi setiap harinya, maka Anda segera konsultasikan kepada dokter spesialis bedah guna memastikan apakah obat masih boleh dikonsumsi ataukah tidak.

3.      Stop minum alkohol

Anda dianjurkan untuk berhenti konsumsi minuman alkohol sebelum dan setelah melakukan operasi plastik dikarenakan bisa membuat kondisi tubuh cenderung tidak stabil hingga memperlambat proses penyembuhan luka bekas operasi. Persiapan sebelum operasi plastik Anda dapat konsumsi alkohol setelah kondisi kesehatan pulih seperti sedia kala.

Baca Juga :  Botox Treatment : Arti, Manfaat, dan Prosesnya

4.      Rajin menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh wajib dijaga sebagai persiapan sebelum melakukan operasi plastik dilakukan, seperti halnya hapus cat kuku, make up wajah, lepas aksesoris, serta ganti dengan pakaian operasi. Sesudah melakukan persiapan tersebut, hindari juga mandi karena luka bekas operasi tidak boleh terkena air untuk beberapa waktu yang sudah ditentukan.

5.      Selalu jaga stamina tubuh

Persiapan sebelum melakukan operasi plastik yang terakhir ialah dengan jaga stamina tubuh seperti lakukan olahraga ringan namun rutin. Hal tersebut supaya membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan mempercepat proses penyembuhan.

Persiapan sebelum operasi plastik sangat penting dipahami, bagi Anda yang ingin mencoba treatment kecantikan dapat langsung berkunjung ke Farmanina Clinic.