Penyebab Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya Terampuh

Penyebab Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya Terampuh

Skin barrier rusak ternyata tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab apabila hal tersebut terjadi ternyata akan mengakibatkan sejumlah masalah. Salah satunya adalah adanya jerawat yang timbul tidak berkesudahan ataupun kulit wajah tiba-tiba kusam serta kering.

Penyebab Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya Terampuh

Skin barrier ini sendiri memang menjadi bagian yang sangat penting guna mempertahankan semua kondisi kulit. Jadi secara singkat, fungsinya adalah untuk membantu supaya kulit tidak mudah terkena iritasi, sensitive, bersisik ataupun kering. Itulah pentingnya untuk menjaga terlebih dahulu kesehatan wajah dengan baik.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai skin barrier yang rusak, maka harus mengetahui apa saja penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih mudah dalam memilih bagaimanakah penanganan yang paling tepat nantinya. Sebab, setiap orang mempunyai kebutuhan akan perawatan berbeda-beda.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Untuk mengetahui apakah bagian dari wajah ini rusak ataukah tidak sebenarnya sangat mudah. Yaitu dapat dilihat berdasarkan dari ciri-ciri seperti kulit menjadi kusam, bersisik, kering, gatal, kemerahan, berjerawat hingga kasar. Adapun penyebab dari kerusakan skin barrier inipun ternyata sangat beragam di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. pH Kulit Tidak Dijaga dengan Baik

Tidak menjaga pH dengan tepat ternyata bisa menyebabkan skin barrier rusak. Masalah seperti kemerahan, eksim hingga jerawat yang muncul bisa menjadi tanda apabila pH tidak seimbang. Adapun pH kulit normal sendiri biasanya adalah sekitar 4.7.

  1. Melupakan Kelembaban Wajah
Baca Juga :  6 Kesalahan Saat Memakai Krim Pemutih Wajah, Bikin Kusam

Selain melupakan keseimbangan dari pH pada wajah, penyebab lainnya ternyata adalah karena melupakan kelembaban pada wajah. Entah karena faktor gaya hidup atau malas, seseorang jadi jarang untuk mengonsumsi air putih.

Padahal kebutuhan cairan sangat penting juga untuk mempengaruhi skin barrier. Jangan lupa lengkapi juga dengan penggunaan moisturizer.

  1. Menggunakan Produk Cleanser dengan Formula Keras

Sering menggunakan produk cleanser tetapi dengan kandungan atau formula keras di dalamnya? Jika iya, besar kemungkinan apabila hal tersebut menjadi penyebab kerusakan pada skin barrier. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena formula keras bisa menghalangi lipid alami pada kulit bahkan dapat membahayakannya.

  1. Eksfoliasi Secara Berlebihan

Melakukan eksfoliasi memang sangat penting karena dapat digunakan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Tetapi apabila dilakukan secara berlebihan, ternyata bisa mengakibatkan komponen skin barrier satu ini rusak. Itulah sebabnya sebaiknya hindarilah over-exfoliating.

Cara Memperbaiki Kerusakan Skin Barrier

Anda tentunya tidak ingin bukan jika skin barrier rusak terjadi terus-menerus? Maka sebaiknya gunakan beberapa cara berikut untuk mengatasinya sehingga bisa meningkatkan kesehatan pada kulit.

  1. Coba Gunakan Skincare Dasar Dahulu

Penggunaan skincare secara berlebihan memang sangat tidak disarankan apabila ingin melakukan perbaikan pada komponen satu ini. Itulah sebabnya, cobalah gunakan skincare dasar atau basic dahulu seperti cleanser, pelembab hingga sunscreen dahulu.

  1. Jangan Lakukan Eksfoliasi Dahulu
Baca Juga :  Manfaat Air Mawar Untuk Wajah Ini Perlu Diketahui

Ketika kulit sedang normal, eksfoliasi memang menjadi salah satu cara wajib untuk mengangkat sel kulit mati. Tetapi pada pemilik kulit dengan skin barrier yang telah rusak sebaiknya harus dihindari dahulu. Hal ini untuk menghindari agar tidak semakin parah.

  1. Gunakan Produk yang Melembabkan

Cara lainnya adalah dengan lebih fokus untuk menggunakan produk di mana berfungsi untuk melembabkan. Hal tersebut untuk menjaga kelembaban pada kulit serta agar tetap terhidrasi sehingga lama kelamaan kondisi kulit akan normal.

Selain cara di atas untuk mengatasinya, Anda juga bisa memilih produk skincare yang  di dalamnya mempunyai kandungan berupa antioksidan serta cobalah memperbaiki pola hidup lebih baik. Dengan begitu, skin barrier rusak dapat diatasi dengan segera.