Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah - Farmanina

Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu hal paling sering dicari oleh para penggemar kecantikan adalah kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Apalagi, orang-orang di Indonesia banyak mendambakan wajah putih bersih dan cerah.

Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Dengan banyaknya peminat produk perawatan kulit untuk mencerahkan, sekarang ini telah banyak brand-brand lokal mengeluarkan produknya dari berbagai jangkauan harga. Produk dari brand lokal ini tidak kalah bagus dengan produk impor.

Bagi yang memiliki permasalahan kulit kusam, warna tidak merata, dan flek hitam, skincare untuk mencerahkan atau brightening bisa menjadi pilihan. Namun, pengguna skincare harus mempertimbangkan kandungan baik bagi wajahnya.

Kandungan Skincare untuk Mencerahkan

Di dalam kulit manusia terdapat suatu senyawa biologi yang berfungsi sebagai pigmen. Pigmen ini memberikan warna pada kulit, rambut dan mata serta melindungi diri dari kerusakan akibat sinar matahari. Nama senyawa ini adalah melanin.

Semakin tinggi kandungan melanin pada manusia, maka semakin gelap warna kulit, rambut, dan juga mata. Maka dari itu, sulit untuk merubah warna kulit asli dari semula gelap menjadi lebih putih. Produk yang aman hanya akan membantu mencerahkan saja.

Pemilihan kandungan pada produk skincare yang cocok untuk wajah memang sedikit rumit. Perlu dilakukan percobaan selama beberapa waktu terlebih dahulu. Namun, tidak perlu khawatir karena pilihan kandungan skincare untuk mencerahkan ada banyak, antara lain :

  1. Vitamin C

Vitamin C sebagai antioksidan membantu menciptakan kejernihan, meratakan warna pada wajah, dan mengurangi peradangan, serta membantu kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri dari kerusakan terlihat.

Baca Juga :  Inilah 5 Jenis Skincare yang Wajib Dipakai Oleh Wanita

Selain itu, bahan ini merangsang produksi kolagen yang memiliki peran penting pada proses penyembuhan luka. Sehingga, bekas jerawat yang ada di wajah bisa lebih cepat memudar apabila memakai produk berbahan dasar vitamin C ini.

  1. Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk dari Vitamin B3 yang dapat ditemukan pada makanan dan digunakan sebagai suplemen makanan dan obat-obatan. Bahan anti-inflamasi ini meningkatkan kekebalan kulit dengan meminimalkan noda merah.

Nutrisi penting vitamin B ini membantu membangun keratin sebagai protein pengencang. Selain itu, bahan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengobati hiperpigmentasi.

  1. Azelaic Acid

Tujuan utama dari bahan kandungan ini adalah mencerahkan wajah dan mengurangi noda secara aktif untuk membantu kulit memperbaharui dirinya. Azelaic acid membantu melawan hiperpigmentasi dan kulit berjerawat karena melanin.

  1. Glycolic Acid

Kandungan skincare berbahan dasar dari tebu ini, biasa digunakan sebagai eksfoliasi kimiawi untuk mengangkat sel kulit mati. Glycolic acid mempercepat tingkat pergantian sel sehingga menciptakan wajah lebih cerah dan menghapus noda.

  1. Retinol

Sebagai senyawa turunan vitamin A ini meminimalkan flek hitam sebagai tanda penuaan. Selain itu, retinol juga meningkatkan produksi kolagen dan menggantikan sel-sel rusak.

Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit Wajah

Penggunaan skincare dengan kandungan tidak cocok untuk wajah dapat menyebabkan permasalahan seperti inflamasi, jerawat, pigmentasi berlebih, dan lain sebagainya. Apabila wajah telah cocok dengan kandungan produk, kulit cerah akan terpancar.

Baca Juga :  Apakah boleh pakai 2 jenis Serum dalam satu waktu?

Pemilihan kandungan skincare untuk mencerahkan memang agak sulit. Banyaknya pilihan kandungan yang bisa dipakai memerlukan waktu untuk dilakukan uji coba pada wajah. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilihnya :

  1. Lakukan uji coba skincare satu persatu dalam serangkaian. Apabila dilakukan uji coba langsung beberapa produk diganti, nantinya susah untuk diketahui mana produk yang benar-benar cocok
  2. Bersabar karena hasil pemakaian skincare yang aman tidak ada yang instan
  3. Pilih produk skincare dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit
  4. Pastikan skincare aman dengan mengecek nomor BPOM produk tersebut

Kulit cerah bersinar memang diidamkan banyak orang di Indonesia. Namun, jangan termakan iklan produk skincare yang menawarkan kulit putih secara instan. Maka dari itu, selalu cek kandungan skincare untuk mencerahkan pada produk yang dibeli.