Kegunaan Air Beras untuk Wajah dan Cara Menggunakan - Farmanina

Kegunaan Air Beras untuk Wajah dan Cara Menggunakan

Ada beberapa kegunaan air beras untuk wajah yang perlu Anda ketahui. Bahkan saat ini banyak produk kecantikan yang menjadikannya sebagai bahan utama. Hal itu disebabkan kandungan yang ada di dalamnya.

Kegunaan Air Beras untuk Wajah dan Cara Menggunakan

Namun, daripada Anda harus membayar mahal untuk membeli produk itu, lebih baik Anda membuatnya sendiri di rumah. Sebab cara membuatnya juga cukup mudah, tidak sulit.

Terdapat beberapa cara mudah dalam menggunakannya, yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan begitu, tidak perlu lagi membayar mahal untuk perawatan. Asal Anda harus menggunakannya secara rutin.

Beberapa Kegunaan Air Beras untuk Wajah

Siapa sangka, bahwa Air beras memiliki banyak kegunaan sebagai perawatan kulit secara alami. Jadi Anda tidak perlu bingung bagaimana memperoleh perawatan yang bagus, cukup gunakan saja Air rendaman beras.

  1. Sebagai Toner

Kegunaan pertama adalah sebagai toner, untuk membuat wajah tampak bersih dan juga mengencangkan kulit. Sebab, di dalamnya mengandung zat yang berfungsi mempertahankan lapisan kulit sehat dari sinar matahari dan polusi.

  1. Mencerahkan Wajah

Air rendaman beras dipercaya mampu digunakan sebagai pencerah. Tidak heran banyak produk pencerah menjadikan beras sebagai bahan utamanya. Sebab, di dalamnya mengandung Vitamin E, B serta gamma-oyzanol yang berkasiat mencerahkan.

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Kegunaan Air Beras untuk wajah selanjutnya adalah untuk menghilangkan flek hitam. Sebab kandungan vitamin E yang ada di dalamnya dipercaya bisa memudarkan pigmentasi kulit serta menghambat penuaan dini.

  1. Mengontrol minyak serta melembapkan
Baca Juga :  Mengenal Masalah Jerawat dan yang Lainnya Secara Lengkap

Kulit yang kering mudah sekali timbul bintik halus dan terjadi iritasi. Sedangkan kulit berminyak, mudah sekali timbul jerawat. Untuk mengatasi kedua masalah kulit itu, Anda bisa menggunakan air rendaman beras.

Sebab kandungan yang terdapat di dalamnya berfungsi mengatasi masalah tersebut. Salah satunya kandungan Allantoin yang berfungsi sebagai antibakteri, sehingga bisa menenangkan kulit berjerawat dan juga masalah kulit lainnya.

  1. Memperbaiki Kulit Rusak

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar, dan langsung terpapar sinar matahari, Air rendaman beras bisa digunakan sebagai penolong. Sebab kandungan di dalamnya dapat memperbaiki kerusakan akibat sinar UV.

 Cara Menggunakan Air Beras untuk Wajah

Tidak sulit menggunakan Air beras sebagai perawatan wajah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jadi tidak perlu melakukan perawatan atau membeli produk kecantikan yang mahal.

  1. Direndam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan air beras sebagai perawatan wajah adalah dengan cara merendamnya. Pertama, siapkan beras 100 gram, lalu cuci hingga bersih.

Tuangkan 500 hingga 700 ml air ke dalam bak. Kemudian rendam beras yang telah dibersihkan tadi ke dalam bak hingga kurang lebih selama 30 menit.

Bila sudah 30 menit, Anda bisa menyaringnya dan pisahkan air rendaman tadi ke dalam sebuah gelas atau wadah apapun. Lalu simpanlah ke dalam lemari pendingin.

Baca Juga :  5 Jenis Pembersih Wajah yang bisa anda temukan di pasaran

Setelah itu Anda sudah bisa langsung saja menggunakannya. Dengan cara, cukup usapkan saja secara merata keseluruh permukaan wajah. Rendaman ini bisa bertahan selama seminggu di lemari pendingin.

  1. Direbus

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merebusnya. Rebus seperti saat Anda menanak nasi. Kemudian saring air bekas rebusanya, letakan ke dalam sebuah wadah atau botol, lalu simpan ke kulkas.

Selain mengusapkannya ke wajah, Anda juga bisa menyemprotnya, dengan menjadikannya sebagai spray. Bisa juga digunakan sebagai toner. Jangan lupa gunakan secara rutin, untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Fermentasi

Terakhir Anda bisa membuatnya dengan cara fermentasi. Langkah hampir sama seperti cara pertama. Setelah dicuci bersih, tuangkan 500 sampai 700 ml air ke dalam bak.

Kemudian untuk proses fermentasi, rendam dan diamkan kurang lebih 2 hari. Setelah sudah mencapai waktu 2 hari, saring airnya. Terakhir masukkan ke wadah dan simpan di dalam kulkas.

Jika semua proses sudah selesai, Anda tinggal menggunakannya kapan saja saat di butuhkan. Namun ingat, tidak boleh lebih dari seminggu. Apabila sudah melebihi, lebih baik buatlah lagi yang baru.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan namun terbentur biaya, kini tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan air rendaman beras, sebab banyak kegunaan air beras untuk wajah yang wajib diketahui.