Flek diwajah Mengganggu? Atasi dengan Hal Ini! - Farmanina

Flek diwajah Mengganggu? Atasi dengan Hal Ini!

Seperti yang kita tahu, flek diwajah mengganggu kini menjadi salah satu masalah kulit yang harus diatasi. Bercak ini disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Ya, flek wajah akan mengganggu penampilan, tidak heran banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini.

Bahkan beberapa wanita berusaha keras untuk menutupi, misalnya seperti menggunakan kosmetik. Sayangnya penggunaan make up ini hanya untuk menutupi saja, tidak dengan menghilangkan.

Flek diwajah Mengganggu Atasi Dengan Hal Ini!

Penyebab Flek Hitam Diwajah Mengganggu

Munculnya flek diwajah mengganggu tidak lain karena paparan sinar matahari, juga meningkatnya produksi melanin pada kulit.

Seperti yang kita tahu, melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit. Jika ini semakin banyak, maka semakin gelap pula kulit seseorang.

Ketika kulit menyerap sinar ultraviolet, maka peningkatan produksi melanin akan terjadi. Setelahnya, penumpukan melanin membuat warna kulit menjadi lebih gelap, parahnya akan tampak seperti bintik-bintik.

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Memang benar flek di wajah bukan hal yang membahayakan, namun beberapa orang menganggap kondisi ini merusak penampilan.

Karenanya, perlu tindakan lain untuk mencerahkan, menutupi hingga menyamarkan bintik hitam supaya warna kulit perlahan merata.

Biasanya hal ini dilakukan dengan riasan hingga penggunaan masker wajah secara alami. Namun ada pula beberapa metode yang bisa dipilih, diantaranya:

  1. Memakai Krim Pemutih

Biasanya menggunakan krim pemutih mengandung hydroquinone yang berperan mencerahkan kulit dengan menekan produksi melanin. Dengan penggunaan secara rutin, maka flek hitam akan segera hilang.

  1. Menggunakan Tabir Surya
Baca Juga :  Cara alami awet muda selain treatment dermal filler

Penyebab utama flek diwajah mengganggu adalah karena paparan sinar matahari. Maka dianjurkan untuk menggunakan tabir surya ketika akan melakukan aktivitas diluar ruangan atau outdoor.

  1. Pemakaian Krim Retinoid

Kandungan di dalam retinoid adalah senyawa vitamin A, seperti tretinoin topikal. Dengan penggunaan rutin sesuai resep/anjuran dokter, maka obat ini dapat mencerahkan sekaligus menghilangkan flek hitam di wajah.

  1. Chemical Peeling

Untuk melakukan chemical peeling, dibutuhkan bahan kimia berupa asam trikolo asetat dan asam alfa hidroksi. Bahan ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, baru setelahnya mendorong regenerasi kulit.

Jika Anda ingin hasil yang maksimal, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Namun hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya iritasi kulit.

  1. Terapi laser

Terapi laser dapat mengurangi flek diwajah mengganggu dengan aman dan efektif, sekaligus mencerahkan wajah. Tindakan ini yakni dengan memancarkan sinar yang memiliki gelombang dan intensitas tertentu pada flek hitam.

  1. Cryosurgery

Prosedur Cryosurgery dinilai aman dengan pemulihan waktu yang singkat. Tindakannya sendiri menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah untuk menghancurkan sel kulit mati, seperti flek hitam. Meski demikian, hanya flek hitam tertentu saja yang dapat ditangani.

Namun jika Anda ingin menggunakan bahan-bahan alami, mungkin rekomendasi dibawah bahan-bahan ini untuk dipertimbangkan:

  1. Air perasan lemon

Menghilangkan lemon secara alami salah satunya bisa dengan air perasan lemon. Ini karena kandungan vitamin C yang ada pada lemot berperan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, termasuk flek diwajah mengganggu.

  1. Lidah buaya
Baca Juga :  Cara Mudah Merawat Kulit Kering Bersisik Bahan Alami

Lidah Buaya mengandung asam salisilat dan senyawa aloin yang dapat menghilangkan flek hitam secara alami. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda harus menggunakannya secara rutin.

  1. Pepaya

Bahan alami selanjutnya adalah pepaya. Buah ini diklaim dapat mengeksfoliasi kulit sehingga tampak lebih cerah. Untuk penggunaan rutinan, Anda bisa memanfaatkan masker alami berbahan dasar pepaya.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Namun bijaknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit sebelum melakukan tindakan.

Dengan begitu, perawatan kulit dapat berjalan lancar dengan hasil yang maksimal. Tidak perlu khawatir, flek diwajah mengganggu dapat segera hilang. Selamat mencoba.