Kandungan Produk Kecantikan Berbahaya yang Harus Dihindari

Kandungan Produk Kecantikan Berbahaya yang Harus Dihindari

Dengan banyaknya skincare yang ditawarkan oleh berbagai merk, kamu harus lebih aware dengan kandungan produk kecantikan berbahaya dan seharusnya dihindari. Kebanyakan memang memberikan hasil instan, tapi efek sampingnya juga luar biasa.

Kandungan Produk Kecantikan & Perawatan Wajah yang Berbahaya

Seperti pada beberapa produk pencerah, tidak sedikit yang mengandung logam dimana bisa memberikan efek pada kesehatan seperti menyebabkan kanker. Maka dari itu, hindari skincare yang mempunyai kandungan berbahaya. Berikut daftarnya.

Daftar Kandungan Produk Kecantikan Berbahaya

Jangan asal pakai skincare, apalagi jika belum BPOM. Kamu harus lebih jeli mengecek apa saja komposisi pada skincare tersebut sebelum menggunakannya. Berikut beberapa komposisi yang harus kamu hindari.

  1. Paraben

Paraben merupakan jenis zat pengawet untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri dan ragi pada kosmetik atau skin care. Namun, zat ini bersifat meniru estrogen sehingga berpotensi menyebabkan resiko kanker payudara.

Seperti dalam hasil biopsi penderita tumor payudara mendeteksi adanya zat kimia ini. Selain ditemukan pada produk perawatan wajah, ada juga deodoran dan sampo yang memiliki komposisi paraben, jadi kamu harus berhati-hati.

  1. Zat Pewarna Sintetis

Komposisi zat pewarna sintetis tidak dicantumkan secara langsung pada label produk, melainkan berupa simbol. Biasanya ada simbol FD&C atau D&C, F menunjukkan makanan sementara D&C berarti obat/kosmetik.

Simbol tersebut dituliskan dengan warna dan angka yang menunjukkan warna sintetis dari sumber minyak tar/batubara. Pewarna sintetis merupakan karsinogen sehingga memberikan efek samping iritasi pada kulit serta dapat menyebabkan ADHD pada anak-anak. Di Eropa sudah melarang penggunaan zat warna sintetis.

  1. Pewangi/ Parfum
Baca Juga :  Manfaat Masker Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Komposisi parafin yang digunakan pada kosmetik tentu saja berbeda dengan produk pewangi tubuh. Pewangi pada kosmetik paling aman sebaiknya memilih yang bebas fragrance kandungan ini mempunyai efek negatif.

Efek samping zat tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, alergi, iritasi kulit, asma hingga gangguan pernafasan. Bahkan juga berisiko menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi hingga kanker.

  1. Phthalates

Kandungan produk kecantikan berbahaya lainnya yang harus kamu hindari adalah Phthalates. Selain skincare, juga sering ditemukan pada produk lotion, hair spray dan cat kuku karena fungsinya untuk meningkatkan fleksibilitas.

Zat tersebut berpotensi mengganggu endokrin yang berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara terutama pada wanita. Bahkan juga berisiko menyebabkan janin lahir cacat.

Sayangnya, kandungan ini memang tidak dicantumkan secara terang-terangan atau diganti dengan secret

  1. Triclosan

Produk perawatan wajah juga tidak boleh mengandung triclosan karena zat kimia ini dapat mengganggu hormon, resistensi terhadap bakteri, meningkatkan alergi gangguan kekebalan tubuh dan gangguan otot.  Triclosan biasanya juga ditemukan pada produk deodoran, pasta gigi dan sabun.

Pada beberapa produk perawatan abal-abal sering menambahkankan triclosan dalam dosis tinggi, padahal hal tersebut justru menyebabkan bakteri lebih kebal dan sulit mati meskipun sifatnya sebagai antibakteri.

Selain beberapa zat berbahaya tersebut, tidak sedikit juga yang masih membeli produk kosmetik atau perawatan dengan kandungan merkuri dan hidroquinon. Keduanya dipercaya dapat memberikan efek cerah lebih cepat, tapi tentunya sangat tidak aman.

Baca Juga :  3 Produk Kecantikan yang Wajib Ada di Dalam Tas

Dibandingkan menggunakan produk skincare berbahaya, kamu bisa melakukan perawatan di FARMANINA AESTHETIC & HAIR CLINIC. Ada berbagai rangkaian perawatan bisa kamu pilih untuk mendapatkan kulit wajah seperti yang didambakan.

Tentu semua perawatan tersebut ditangani secara langsung oleh dokter yang ahli di bidangnya dan telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Mulai dari filler, suntik botox, thread lift/tanam benang, dan masih banyak lainnya.

Jangan sampai merusak wajah kamu dengan kandungan produk kecantikan berbahaya, yuk lebih aware.