9 Akibat Lupa Membersihkan Make Up - Farmanina

9 Akibat Lupa Membersihkan Make Up

9 akibat lupa membersihkan make up – Tidur dengan posisi masih menggunakan make up tentu saja akan menimbulkan banyak sekali dampak yang lebih buruk dari yang Anda kira. Kebiasaan tidak menghapus make up sebelum tidur bisa mempengaruhi kulit wajah, bahkan bisa menyebabkan kesehatan mata terganggu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan apa saja akibat yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan lupa menghapus make up sebelum tidur.

akibat lupa membersihkan make up

Pori-Pori Tersumbat
Tidur dengan masih menggunakan make up jelas bisa menutup pori-pori wajah Anda. Hal ini dikarenakan banyak sekali produk make up yang terbuat dari bahan silikon dimana mampu menyumbat pori-pori wajah Anda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menghapus make up sampai bersih sebelum memutuskan untuk tidur.

Muncul Jerawat
Akibat lupa membersihkan make up selanjutnya adala mulai timbul jerawat di wajah Anda. Perlu Anda ketahui bahwa keringat dan sebum bisa menjadi pelumas alami yang dapat melembabkan kulit wajah Anda.

Selain itu, ternyata keringat dan sebum ini juga mampu mengangkat sel kulit mati dan bahan iritasi lainnya agar tidak menyumbat pori-pori Anda. Namun, ketika Anda menggunakan make up, maka pori-pori pun akan mulai tersumbat dan menghalangi produksi alami sebum. Akibatnya, akan muncul breakout dan jerawat di wajah Anda.

Penghalang Proses Pemulihan Kulit Wajah
Tubuh mengalami regenerasi ketika tubuh sedang beristirahat, begitu juga yang terjadi pada kulit wajah Anda. Pemulihan ini sering terjadi di malam hari. Maka dari itu, membersihkan make up sebelum tidur sangat perlu dilakukan agar pori-pori dapat mengeluarkan sebum alami yang bisa menghidrasi kulit wajah Anda.

Iritasi dan Infeksi Mata
Akibat lupa membersihkan make up pada area mata bisa menyebabkan mata menjadi iritasi dan infeksi. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan mata dimana mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan utama.

Baca Juga :  Rekomendasi Kuteks Lokal yang Tidak Bikin Kuku Kering

Membuat Kulit Keriput
Tidur dengan masih menggunakan make up bisa menjadi penyebab meningkatnya paparan radikal bebas terhadap kulit wajah Anda. Hal ini tentu dapat mengakibatkan rusaknya produksi kolagen, sehingga kulit wajah pun akan menua lebih cepat.

Menyebabkan Kulit Kering
Akibat lupa membersihkan make up lainnya adalah dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Dimana sisa make up yang masih menempel pada wajah bisa menghambat penyerapan skincare yang sedang Anda gunakan.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan pelembab wajah maka akan sulit untuk menyerap kedalam lapisan kulit wajah. Wajah Anda pun tidak akan bisa mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan kulit karena sisa make up yang tidak terangkat dengan sempurna.

Menyumbat Folikel Pada Mata
Tidur dengan menggunakan maskara dan eyeliner yang belum dihapus tentu bisa membuat tersumbatnya folikel pada mata dan kelenjar minyak yang ada pada kelopak mata Anda. Hal ini tentu bisa menimbulkan reaksi tumbuhnya bintit pada area mata.

Bulu Mata Patah
Bahaya lain yang terjadi ketika maskara dan eyeliner tidak terhapus dengan sempurna adalah dimana bulu mata menjadi patah. Selain patah, bulu mata juga akan mudah rontok sehingga mengganggu penampilan Anda.

Bibir Pecah-Pecah
Akibat terakhir yang ditimbulkan dari lupa menghapus make up adalah bibir yang mulai pecah-pecah karena kehilangan kelembapannya. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan lip balm sebelum tidur untuk menghidrasi kulit bibir Anda.

Demikianlah beberapa akibat lupa membersihkan make up yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya dengan baik.

EnglishIndonesian