Begadang Ternyata Memicu Pertumbuhan Jerawat - Farmanina

Begadang Ternyata Memicu Pertumbuhan Jerawat

Bukan Hanya Berdampak Bagi Kesehatan, Begadang Ternyata Memicu Pertumbuhan Jerawat – Tak sedikit masyarakat dunia yang sangat suka menjalankan aktivitas di malam hari atau begadang. Meskipun terkadang alasan begadang ini bermacam-macam. Seperti Nonton Film, mengerjakan beberapa tugas rumah, membuat konsep bisnis, atau bahkan sekadar main game. Apapun bentuknya pada dasarnya begadang adalah aktivitas yang kurang baik kesehatan.

Begadang Ternyata Memicu Pertumbuhan Jerawat
IMG : freepik.com/macrovector

Terlebih di bulan Ramadhan, aktivitas begadang bisa sangat mempengaruhi tubuh mengingat jika anda muslim dan harus menjalankan makan sahur. Anda harus terbangun lagi untuk makan sahur selama beberapa waktu dan dapat di pastikan waktu tidur dan beristirahat semakin sedikit.

Perlu di ketahui bahwa tidur merupakan kesempatan tubuh untuk memulihkan energi dan mengembalikan sel-sel yang rusak. Jika tubuh kehilangan aktivitas yang cukup berharga ini maka beberapa penyakit juga akan lebih mudah muncul. Karena tidak ada pemulihan energi dan detoksifikasi yang membuat sistem imun melemah.

Ketika tubuh tak dapat memperbaiki sel yang rusak secara optimal, hal ini akan berefek pada wajah. Konsekuensi dari begadang pada wajah yakni akan mudah timbul jerawat. Selanjutnya pertanyaan yang muncul di benak anda adalah, Bagaimana mungkin bisa menimbulkan jerawat?

Ketika kita begadang tubuh wajah akan mengalami inflamasi, dari inflamasi inilah biasanya menjadi penyebab penumpukan kotoran dan bakteri sehingga wajah cenderung mudah berjerawat. Ketika tubuh kekurangan waktu tidur, proses peradangan juga lebih kuat terjadi. Ditambah lagi dengan meningginya resistensi insulin pada tubuh sehingga kulit tidak bisa regenerasi dan sel kulit mati akhirnya semakin nenyumbat pori dan menimbulkan jerawat yang lebih parah.

Dalam tubuh kita sumber energi terdiri tadi energi yang berasal dari makanan dan energi yang  berasal dari pemulihan dengan istirahat. Jika sedang menjalankan puasa dan anda melakukan aktivitas begadang maka bersiaplah untuk menghadapi jerawat yang lebih parah.

Baca Juga :  Bahaya Makanan Manis Untuk Kulit Ketika Berbuka Puasa

Selain dapat memicu jerawat yang cukup parah. Begadang juga dapat menyebabkan terjadinya penuadaan dini pada wajah. Ketika anda sering melakukan aktivitas begadang dan kurang tidur maka anda akan terlihat tidak segar dan tampak lebih tua.

Bahkan Seorang Pakar Dhermatologis menyatakan bahwa salah satu cara yang dapat di lakukan agar anda tetap terlihat awet muda adalah dengan memperbanyak tidur. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, ketika tubuh sedang tidur, organ dan kulit melakukan regenerasi dan pembangunan banyak jaringan sehingga ketika bangun anda akan terlihat lebih segar.

Selain itu ketika tubuh kurang tidue hormon kortisol yang di produksi pada tubuh lebih banyak terlepas. Peningkatan hormol kortisol pada tubuh ini kemudian dapat membuat collagen terpecah. Dimana ketika Collagen terpecah sumber utama kulit halus dan kenyal dalam tubuh akan hilang. Maka selanjutnya anda akan terlihat lebih pucat,  tidak segar, dan rona kulit terlihat lebih gelap.

Baca Juga :  7 Manfaat Buah Pir, Salah Satunya Dapat Menjadi Anti Aging Alami

Nah begitu banyak pengaruh yang disebabkan begadang bagi wajah. Maka dari itu jika anda menginginkan kesehatan pada wajah, cobalah dahulu dengan memperbaiki pola tidur. Saat pola tidur anda baik, maka metabolism akan juga akan membaik dan perhalan permasalahan pada wajah akan teratasi.

Bagi kaum wanita kesehatan kulit wajah adalah hal yang sangat wajib untuk di jaga, bahkan beberapa wanita rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk perawatan rutin setiap bulannya. Terlebih belum lama lagi akan tiba musim lebaran, dimana siapapun pasti ingin tampil sempurna di depan kebarat dan keluarganya. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan wajah disamping memakai produk perawatan anda juga harus mengurangi begadang.

EnglishIndonesian