5 Cara Mudah Mengatasi Komedo Pada Wajah - Farmanina

5 Cara Mudah Mengatasi Komedo Pada Wajah

5 Cara Mudah Mengatasi Komedo Pada Wajah – Komedo dan jerawat hampir sama atau bisa dibilang komedo adalah salah satu jenis jerawat yang terjadi karena pori-pori yang tersumbat. Pada saat sel kulit mati serta minyak kulit yang ada di wajah menghambat pori-pori maka disitulah komedo akan muncul.

Komedo sendiri ada dua jenisnya yaitu komedi hitam atau yang biasa kita sebut blackhead dan komedo putih atau dikenal dengan sebutan whitehead. Antara komedo hitam atau blackhead dan komedo putih atau whitehead salah satunya memiliki permukaan yang tertutup sementara yang lainnya terbuka.

Permukaan komedo hitam atau blackhead tidak tertutup sehingga akan teroksidasi dan warnanya hitam. Sedangkan untuk whitehead atau komedo putih warnanyap putih karena di bagian permukaan komedo tertutup oleh kulit.

5 Cara Mudah Mengatasi Komedo Pada Wajah
IMG : freepik.com/katemangostar

Komedo yang sering muncul di wajah khususnya di area hidung selalu membuat siapa saja tidak pede dengan penampilan mereka. Apalagi hendak tampil di depan publik, kulit wajah mereka akan tampak gelap dan kusam. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada beberapa cara mengatasi komedo di wajah Anda.

  1. Rutin membersihkan wajah

Cara yang paling umum untuk menghilangkan berbagai masalah di wajah termasuk komedo ialah dengan rajin membersihkan secara teratur. Alangkah bagusnya jika Anda selalu mencuci muka setiap dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari.

Membersihkan muka setelah melakukan aktivitas fisik juga perlu, sebab keringat yang keluar dari wajah bisa mencegah pori-pori tersumbat. Akan tetapi ingatlah untuk tidak membersihkan membersihkan wajah terlalu sering karena ini hanya akan membuat pembentukan minyak di wajah bisa ikut meningkat.

  1. Hindari tidur dengan masih menggunakan make up

Siapa yang sering tidur tanpa menghapus make up terlebih dahulu? Sebelum tidur sebaiknya Anda membersihkan sisa-sisa make up yang masih menempel di wajah. Alasannya karena kebiasaan tidur tanpa menghapus make up bisa meningkatan  adalah biang dari penyebab munculnya komedo

  1. Melakukan ekstraksi komedo
Baca Juga :  Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo di Wajah

Mungkin Anda sering mendengar bahwa kondisi wajah terutama komedo bisa menjadi semakin buruk jika Anda mengangkatnya secara langsung. Hal itu karena adanya peradangan pada komedo yang terjadi di area hidung.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, komedo dapat dihilangkan dengan cara rutin melakukan esktraksi komedo dengan menggunakan tenaga ahli

  1. Menggunakan masker wajah penghilang komedo

Salah satu cara mengatasi masalah komedo di wajah ialah dengan rutin menggunakan masker untuk membersihkan pori-pori. Tetapi masker yang digunakan bukanlah sembarang masker, Anda bisa memilih masker yang ampuh menghilangkan komedo seperti charcoal mask dan clay mask.

Charcoal mask adalah masker wajah yang terbuat dari arang, membantu menarik minyak keluar dari wajah serta mengeluarkan kotor dari pori-pori wajah. Sehingga kulit wajah Anda bisa bersih dengan menggunakan charcoal mask.

Sedangkan clay mask ialah masker yang juga terbukti mampu mengangkat minyak di wajah dan terbuat dari tanah. Sehingga pengaplikasian master lumpur  yang memiliki struktur lembut dapat mengangkat lapisan kulit mati pada wajah serta membantu menghilangkan komedo.

Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan produk clay mask ini, beberapa orang mempunyai reaksi alergi setelah menggunkan clay mask. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memeriksa kandungan produk sebelum menggunakan clay mask.

  1. Menggunakan produk non-komedogenik

Label non-komedogenik sangat penting untuk diperhatikan sebelum menggunakan produk perawatan kulit mana saja. Sebab produk non-komedogenik tidak akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori serta pembentukan komedo pada wajah Anda.

Untuk itu, rajinlah membaca label pada produk perawatan wajah sebelum membeli karena tidak semua produk memiliki label non-komedogenik.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi komedo pada wajah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :  Ketahui Perbandingan dari Tiap Jenis Komedo
EnglishIndonesian