Tidak Percaya Diri Karena Wajah Kusam dan Berjerawat?

Tidak Percaya Diri Karena Wajah Kusam dan Berjerawat? Singkirkan Dengan Hal Ini!

Ketika kulit wajah tampak kusam dan berjerawat, berarti ada yang salah dengan kondisi kulit. Hal ini akan membuat tampilan tidak maksimal, karena kulit yang tidak sehat.

Namun sebelum mencari cara untuk menyingkirkan hal tersebut, bijaknya ketahui dulu apa penyebab wajah kusam dan jerawatan.

Tidak Percaya Diri Karena Wajah Kusam dan Berjerawat Singkirkan Dengan Hal Ini

Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat

Di bawah ini adalah beberapa penyebab dari wajah kusam dan juga berjerawat.

  1. Kulit Dehidrasi

Tidak hanya tubuh yang mengalami dehidrasi, faktanya kulit juga bisa. Hal ini terjadi karena lapisan bawah kulit kekurangan cairan. Berbeda dengan kulit yang kering, kulit dehidrasi ditandai dengan wajah yang kusam namun tidak merata.

Cara mengatasi masalah ini salah satunya dengan serum Hyaluronic Acid. Tidak hanya bagus untuk mencerahkan, serum ini juga dapat membuat kulit jadi lebih lembab. Dengan begitu, kulit yang rusak seperti kusam dan berjerawat dapat teratasi dengan baik.

  1. Sel Kulit Mati

Penyebab kulit kusam dan berjerawat selanjutnya adalah karena sel kulit mati. Anda harus tahu, secara alami kulit akan menumpahkan sel kulit mati atau yang disebut epidermis.

Penumpahan ini dapat meregenerasi kulit baru yang sehat di lapisan tengah, tetapi bisa juga menghalangi kulit yang cerah. Akibatnya kulit menjadi kusam, pori-pori tersumbat, kering, berjerawat hingga terkelupas.

  1. Paparan Polusi Dan Debu

Ketika sedang beraktivitas, mau tidak mau kulit akan terpapar sinar matahari, radikal bebas, debu hingga polusi kendaraan. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan membuat kulit menjadi kusam dan berjerawat.

  1. Kurang Mengkonsumsi Mineral
Baca Juga :  Gejala, Penyebab Jerawat, Serta Cara Pencegahannya

Untuk menghasilkan kulit yang sehat dan glowing, Anda harus memperhatikan pola makan dan rutin mengonsumsi air putih. Perbanyak mineral yang mengandung vitamin dan zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Tips Mengatasi Wajah Kusam dan Berjerawat Dengan Mudah

Nah, jika Anda sudah mengetahui penyebab wajah kusam, kini saatnya move ke rekomendasi bahan alami yang mampu mencerahkan wajah agar tampak glowing. Yuk langsung simak!

  1. Tepung Beras Dan Susu

Cara membuat kulit glowing sebenarnya tidaklah sulit. Menggunakan bahan alami, Anda dapat membuat masker dari tepung beras dan susu.

Tepung beras sendiri bersifat inflamasi dan mengandung pemutih alami. Sedangkan susu baik untuk melembabkan kulit wajah.

  1. Lemon

Seperti yang kita tahu, buah lemon mengandung vitamin C yang efektif untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, kandungan asam yang tinggi membuat wajah jadi lebih cerah bahkan glowing. Sayangnya penggunaan lemon kurang cocok untuk pemilik kulit kering dan sensitif.

  1. Pepaya

Tidak hanya enak dikonsumsi, buah pepaya memiliki kandungan papain yang mana berperan sebagai eksfoliator alami. Kandungan ini baik itu mengangkat sel kulit mati, termasuk kotoran penyebab kusam dan berjerawat.

Itu mengapa rutin menggunakan masker wajah atau perawatan berbahan pepaya baik untuk kesehatan kulit, sehingga wajah jadi lebih cerah dan glowing.

  1. Putih Telur

Perawatan kulit alami selanjutnya adalah putih telur. Kandungan protein yang memacu regenerasi kulit kulit baru diklaim dapat mencerahkan bahkan membuat kulit wajah tampak glowing.

  1. Kunyit
Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Tidak melulu sebagai bumbu dapur, ternyata kandungan curcumin pada kunyit bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Karenanya, kunyit dapat meningkatkan produksi kolagen, juga penangkal radikal bebas, sehingga wajah auto glowing dan bersinar.

  1. Gunakan Pelembab Dan Serum Pencerah

Fungsi pelembab sangat penting karena kandungan air didalamnya bagus untuk perawatan kulit sehat, cerah dan bersinar. Maka dari itu, gunakan secara rutin terutama setelah Anda mandi.

Sedangkan serum, khususnya untuk pencerah, adalah produk yang baik untuk mengatasi kulit kusam. Kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya dapat mengatasi flek hitam dan noda gelap pada kulit.

Ada baiknya konsultasikan pada dokter kulit sebelum menggunakan serum wajah. Dengan langkah-langkah diatas, masalah wajah kusam dan berjerawat dapat segera diatasi. Selamat mencoba.