Mengenali Jenis Jerawat serta Cara Pengobatan Jerawat pada Wajah

Mengenali Jenis Jerawat serta Cara Pengobatan Jerawat pada Wajah

Mengenali Jenis Jerawat serta Cara Pengobatan Jerawat pada Wajah – Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang sangat sering terjadi pada wajah seorang wanita serta pria. Jerawat yang timbul di wajah akan sangat mengganggu penampilan apalagi jika tumbuh pada center wajah, sehingga tidak perlu heran jika banyak orang menjadikan jerawat menjadi musuh bebuyutan.

Cara Pengobatan Jerawat pada Wajah
IMG : freepik.com

Jerawat tidak hanya bisa menurunkan rasa percaya diri karena timbul di wajah, tetapi tidak sedikit pula jerawat yang menimbulkan rasa gatal bahkan rasa sakit yang sangat mengganggu apalagi jika Anda sampai melakukan penanganan yang salah pada jerawat yang ada di wajah Anda. Sebab setiap jerawat memiliki perlakuan yang berbeda-beda agar tidak menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

Untuk mengetahui cara penanganan jerawat maka alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui jenis jerawat untuk dapat menyesuaikan bagaimana cara pengobatannya, hal ini karena ada banyak jenis dari jerawat mulai dari jerawat ringan hingga jerawat parah yang akan benar-benar merusak wajah Anda.

Maka dari itu untuk mengetahui informasi mengenai jenis serta cara penanganan yang tepat untuk jerawat maka Anda bisa menyimak informasinya dengan lengkap berikut ini. Jangan sampai Anda salah mengobatan.

Jerawat dengan Jenis Whitehead

Jerawat Whitehead
Untuk jenis yang pertama ini masih tergolong ke dalam jerawat ringan, karena jerawat ini hanya muncul di permukaan dengan bintik kecil berisikan cairan putih yang terjadi akibat pori-pori lapisan kulit tipis tersumbat oleh sel kulit mati, serta sebum. Apabila Anda ingin mengatasinya maka Anda cukup menjaga kebersihan arena jerawat dan jangan memecahkannya, karena jerawat jenis ini akan mengering dan hilang dengan sendirinya.

Jerawat Blackhead


Jenis jerawat kedua ini akan mengganggu penampilan riasan wajah Anda sebab warnanya yang hitam akan sangat merusak penampilan. Penyebab dari jerawat ini adalah pori-pori yang terlalu besar terbuka sehingga membuat sebum, komedo dan kotoran dari luar masuk menyebabkan bakteri munculnya jerawat dengan isian berwarna hitam. Untuk mengatasi jenis yang satu ini maka Anda bisa menggunakan krim retinol atau retinoid.

Baca Juga :  Gejala, Penyebab Jerawat, Serta Cara Pencegahannya

Bruntusan di Zona T

Bruntusan di Zona T
Daerah yang sangat sering muncul jerawat adalah Zona T yakni dahi, hitung, serta dagu, biasanya jerawat yang muncul di daerah ini adalah bruntusan kecil merah yang akan sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi jerawat jenis ini maka Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan asam salisilat, retinoid, serta benzoyl.

Jerawat Nanah Pustula

Jerawat Nanah Pustula
Pustula merupakan sebuah istilah jerawat yang berpa benjolan dengan ukuran kecil hingga sedang yang ujungnya berwarna putih dari nanah tetapi bagian bawahnya berwarna sangat merah dan sering muncul bergerombol. Untuk jerawat jenis ini dapat diobati dengan penggunaan rutin produk yang mengandung asam salisilat.

Jerawat Merah Papula

Jerawat Papula
Bila Anda biasa mengalami jerawat kecil pada kulit yang datang secara berkelompok pada satu daerah dengan warna merah tanpa mata maka jerawat ini berjenis papula. Untuk mengatasi jerawat ini maka Anda bisa menggunakan obat antibiotik maupun melakukan perawatan dengan produk yang mengandyng tretinoin.

Jerawat Jenis Kistik


Jenis jerawat berikut ini yang merupakan jerawat parah adalah jerawat kistik yakni jerawat yang letaknya ada di dalam kulit sehingga bagian atasnya akan terasa keras dan berisikan nanah dan darah, apabila jerawat ini kempes akan menyebabkan bopeng pada wajah. Untuk mengatasi jerawat kistik maka Anda bisa melakukan perawatan dari dalam dengan meminum antibiotik serta perawatan dari luar menggunakan resep dokter.

Demikianlah informasi mengenai jenis jerawat serta cara yang tepat untuk mengatasi sesuai dengan jenis dan kebutuhan dari jerawat tersebut.

EnglishIndonesian