Merawat kulit wajah sehat dan segar selama berpuasa - Farmanina

Merawat kulit wajah sehat dan segar selama berpuasa

Merawat kulit wajah sehat dan segar selama berpuasa – Selama bulan puasa tubuh dapat terkena resiko dehidrasi tak terkecuali dengan kulit pada wajah. Hal ini karena adanya perubahan pola makan. Pada hari biasa, tubuh dapat menerima asupan makanan tanpa batasan jam. Sedangkan dalam keadaan berpuasa tubuh tidak menerima asupan makanan selama seharian penuh atau 12 jam. Sehingga, agar kulit tetap sehat dan segar perawatan kulit harus tetap dilakukan. Salah satu cara agar kulit tidak terhindrasi yaitu dengan mengolah asupan gizi.

Merawat kulit wajah

Perawatan kulit ketika berpuasa tidak jauh berbeda dengan cara merawat kulit seperti biasa. Hanya saja Anda harus terbiasa dengan kebiasaan baru. Seperti halnya mengelola asupan makanan, air minum serta hal-hal yang lain. Demi kulit Anda yang sehat dan cantik pastinya hal tersebut tidaklah memberatkan sama sekali. Berikut akan diulas mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk merawat kulit sehat selama bulan puasa.

5 hal penting untuk kulit sehat selama berpuasa

  1. Minum air yang cukup

Kulit yang lembab dan sehat tentu saja membutuhkan asupan air yang cukup. Selama berpuasa mungkin hal ini sulit dilakukan namun tidak mustahil. Anda dapat memaksimalkan minum air pada saat sahur dan buka puasa. Usahakan tetap minum air 2 liter perhari atau 8 gelas. Anda dapat meminum 2 gelas air ketika sahur dan buka serta 4 gelas sejak makan malam hingga menjelang tidur.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin

Kulit Anda membutuhkan nutrisi dan vitamin agar tetap lembab dan sehat. Ketika berbuka dan sahur usahakan makan-makanan yang mengandung vitamin A, B dan C. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu dalam merawat kulit Anda serta mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buah an yang mengandung banyak air seperti semangka, tomat, strawberry dan buah lainya. Selain mendapatkan manfaat vitamin, hal itu juga bermanfaat untuk menambah cairan pada tubuh Anda. Pastinya, dengan mengkonsumsi berbagai buah yang kaya akan vitamin akan membuat kulit anda tetap segar dan sehat selama berpuasa.

  1. Menjaga pola makan

Makanan yang sering dianggap menjadi penyebab munculnya jerawat yakni telur dan susu. Oleh sebab itu, Anda dapat mengurangi porsi makanan tersebut selama buka puasa dan sahur. Selain itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein. Keduanya akan akan membuat tubuh cepat terhidrasi. Hal tersebut juga akan berefek pada kulit seperti kulit terhidrasi, kulit kering bahkan menimbulkan jerawat. Dalam hal merawat kulit sehat sebaiknya Anda juga mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Terlalu sering mengkonsumsinya akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan berjerawat.

Baca Juga :  Begadang Ternyata Memicu Pertumbuhan Jerawat
  1. Tetap menggunakan skincare

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk malas memakai skincare. Tetap bersihkan wajah secara teratur, gunakan pelembab, dan tabir surya. Pilihlah jenis pelembab yang menghindrasi kulit. Sehingga, ketika siang hari kulit tidak akan kekurangan cairan. Menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari ketika siang hari wajib Anda lakukan. Agar kulit tetap segar dan sehat Anda juga dapat menggunakan masker dan suplemen vitamin sebagai pendukung. .

  1. Istirahat yang cukup

Segala aktivitas yang berlebihan itu tidaklah baik bagi tubuh. Selama berpuasa mungkin menyebabkan kurangnya tidur karena harus bangun sahur. Oleh sebab itu, hindari begadang dan tidurlah lebih awal. Terdapat beberapa masalah kulit yang disebabkan oleh seringnya begadang. Hal ini akan menyebabkan penuaan dini dan kulit area mata tampak lelah. Jadi, usahakan untuk tidur selama 7-8 jam untuk meremajakan kulit Anda.

Baca Juga :  Tips Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Simple!

Nah, itulah hal-hal yang harus diperhatikan untuk merawat kulit sehat dan segar selama berpuasa. Ketika hari raya datang, Anda pasti ingin berpenampilan cantik dengan kulit berseri dan cantik. Oleh karena itu, semangat untuk merawat kulit Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu anda dalam merawat kulit agar tetap sehat dan segar selama berpuasa.