Tips Seputar Rambut Agar Sehat Meski Pernah Gunakan Cat Rambut

Tips Seputar Rambut Agar Sehat, Lebat dan Kuat Meski Pernah Gunakan Cat Rambut

Anda sudah pernah melakukan pengecatan dan sekarang worry terhadap kesehatan rambut? Jangan khawatir karena ada cara dan tips seputar rambut agar sehat, lebat dan kuat meski pernah gunakan cat rambut lho. Ulasan dan detail caranya bisa Anda simak pada ulasan berikut ini yang mana tentu saja bisa coba untuk dipraktikan sehari-hari. Tentu saja mengecat rambut bukanlah suatu kesalahan untuk dilakukan baik oleh pria maupun wanita demi menunjang penampilan diri.

Apalagi seperti di era modern sekarang ini, banyak orang yang merasa lebih condong untuk percaya diri setelah melakukan pengecetan rambut pada mahkota kepalanya. Warna rambut orang Indonesia asli sendiri cenderung berwarna hitam dan warna semacam inilah yang terkadang membuat orang ingin lebih bereksplorasi. Wanita dan pria di Indonesia saat ini banyak yang lebih berani dengan tampil menggunakan warna rambut seperti merah, kuning, hijau, ungu, biru atau ombre warna dan gabungan warna.

Meski terkesan lebih modern, hits dan stylish namun banyak yang akhirnya merasa menyesal setelah mengecat rambut karena akhirnya rambut menjadi kering dan rontok. Namun jangan khawatir! Ada tetap cara membuat rambut tetap sehat dan kuat meski sudah pernah gunakan cat lho. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini dan simak seluruh ulasan mengenai cara membuat rambut sehat yang mudah!

Tips Seputar Rambut

Mengapa Rambut yang Sudah Kena Cat Warna Cenderung Tidak Sehat?

Tentu saja alasan rambut yang sudah kena cat warna kimia menjadi cenderung tidak sehat adalah karena sudah terpapar produk kimia itu sendiri. Rambut yang sudah mengalami proses kimia seperti pengecatan, smoothing, rebonding atau lainnya memang cenderung rapuh dan mudah patah. Apalagi jika setelah proses pengecatan Anda abai mengenai perawatan rambut lanjutannya seperti penggunaan sampo yang tepat atau menggunakan vitamin tambahan.

Baca Juga :  8 Fakta Rambut Yang Perlu Anda Tahu

Cara Merawat Rambut Agar Senantiasa Sehat Walau Sudah Pernah Diwarna

Meski sudah pernah diwarnai dengan berbagai warna berbahan kimia namun ada lho cara merawat rambut agar senantiasa sehat dengan mudah. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini dan temukan solusinya!

  • Potong Rambut dengan Rutin

Cara dan tips seputar rambut agar sehat yang pertama adalah dengan memotong rambut dengan rutin dalam kurun waktu tertentu. Membiarkan rambut terlalu panjang dalam kurun waktu lama bukanya membuat rambut sehat malah bisa merusak dan memperlambat pertumbuhannya lho. Waktu yang disarankan untuk memotong rambut adalah 10 hingga 12 minggu sekali meski hanya dengan potongan kecil dan tidak memangkas banyak.

  • Gunakan Sampo yang Cocok Untuk Rambut

Trik ke dua untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap lebat, kuat dan sehat meski sudah di warna adalah dengan menggunakan sampo yang cocok untuk kebutuhan rambut. Gunakan produk sampo yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah rambut Anda bukan berdasarkan kemahalan harga atau merk saja. Tak hanya itu, carilah sampo yang memiliki kandungan aman dari zatberbahaya seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium dan sodium sulfat.

  • Gunakan Kondisioner

Cara dan tips seputar rambut agar sehat  yang ke tiga adalah dengan menggunakan kondisioner secara tepat setelah keramas. Anda bisa memilih jenis kondisioner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rambut dan jangan aplikasikan secara berlebihan tentunya. Kondisioner terbukti aktif untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau, sehat dan lembut apalagi setelah diwarnai.

  • Jangan Berlebihan dalam Melakukan Perawatan

Terkadang saking inginnya rambut menjadi sehat dan berkilau seseorang akan membeli berbagai produk rambut secara berlebihan meski mungkin tidak dibutuhkan. Hanya gunakan produk yang dibutuhkan saja, misalnya sampo dan kondisioner. Menggunakan produk diluar kebutuhan dari rambut tidak akan bermanfaat dan berguna banyak dan mungkin hanya akan membuang uang saja.

  • Batasi Penggunaan Catokan atau Pengering Rambut

Cara dan tips seputar rambut agar sehat yang ke lima adalah dengan membatasi penggunaan catokan atau pengering rambut yang mana bisa membuat rambut kering. Memang benar ketika terburu-buru, menggunakan catokan atau pengering akan memangkas waktu, namun alat semacam itu hanya akan membuat rambut jadi rapuh. Ada baiknya untuk tidak terlalu sering atau dekat menggunakan alat semacam ini.

  • Pijat Rambut Saat Keramas

Melakukan pemijatan saat keramas juga bisa menjadi cara untuk merawat rambut tetap sehat, kuat dan lebat meski sudah pernah diwarnai sebelumnya. Lakukan pijatan melingkar selama beberapa menit pada area kepala yang mana bisa membuat rileks rambut kepala. Sebuah studi mengatakan bahwa melakukan pijatan secara berkala dan tepat bisa membuat tumbuh kembang rambut menjadi lebih tebal.

  • Hindari Keramas dengan Air Terlalu Dingin atau Panas

Hindari keramas dengna air terlalu panas atau bahkan terlalu dingin bisa menjadi cara dan tips seputar rambut agar sehat meski sudah pernah di warnai. Hal tersebut dikarenakan air yang terlalu dingin atau bahkan terlalu panas bisa membuat rambut menjadi tegang atau kaget. Sehingga hal tersebut bisa membuat rambut menjadi bermasalah dan lama kelamaan bisa merusak kesehatannya.

  • Jangan Kasar Dalam Menyisir Rambut

Meski terburu-buru namun pastikan bahwa Anda harus menyisir rambut dengan lembut dan perlahan apalagi setelah keramas. Jangan terlalu gunakan sisir yang bergigi rapat agar tidak memicu lebih banyak rambut rontok. Rajinlah juga untuk menyisir rambut sebelum dan sesudah keramas secara berkala.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi juga bisa menjadi cara dan tips seputar rambut agar sehat lho dan ini sudah terbukti hasilnya. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu bentuk perawatan rambut dari dalam lho. Penuhi asupan protein, vitamin, zat besi, zink hingga omega 3 untuk membuat rambut Anda senantiasa lebat dan sehat.

Baca Juga :  Cara Merawat Rambut Untuk Semua Jenis Rambut!

Produk yang Baik Menunjang Kesehatan Rambut

Nah adapun produk atau bahan yang bisa digunakan untuk menunjang rambut itu ada banyak sekali jenisnya mulai dari yang alami hingga buatan. Salah satu produk atau bahan yang bisa digunakan untuk merawat rambut adalah masker alami dari kuning telur dan lidah buaya. Anda juga bisa menggunakan minyak rambut, serum hingga masker khusus rambut untuk menunjang kesehatan rambut Anda.

Untuk jenis produk yang banyak menawarkan rangkaian perawatan rambut di Indonesia yang bisa coba Anda beli adalah Ellips, L’Oreal atau Makarizo. Tak hanya itu ada juga beberapa brand lain seperti TRESemme, Natur Hair dan banyak lainnya. Pastikan untuk membeli produk sesuai kebutuhan ya!

Bagaimana? Ulasan mengenai tips bahasan seputar rambut agar sehat, lebat dan kuat di atas sangat membantu bukan? Apalagi bagi yang tengah alami kendala di rambut kepala. Tentu saja masalah rontok atau rambut yang kering setelah melakukan pengecatan menjadi hal yang sangat wajar terjadi dan bukan suatu masalah serius. Anda bisa coba lakukan beberapa cara perawatan di atas agar menunjang kesehatan rambut menjadi lebih baik walau pernah lakukan pengecetan rambut.

EnglishIndonesian