Tips Mengatasi Rambut Kering Cukup Dilakukan Sendiri - Farmanina

Tips Mengatasi Rambut Kering Cukup Dilakukan Sendiri

Mengatasi rambut kering dapat dilakukan dengan beberapa cara, bahkan tidak perlu ke salon. Memiliki rambut kering tentunya bisa membuat kepercayaan diri menurun karena penampilan terasa kurang maksimal.

Tips Mengatasi Rambut Kering Cukup Dilakukan Sendiri

Apalagi jika rambut Anda tidak hanya memiliki satu masalah rambut, melainkan berbagai masalah lainnya. Berbagai hal juga bisa membuat rambut menjadi kering disadari maupun tidak disadari Anda lakukan.

Rambut kering merupakan kondisi dimana rambut tidak mampu mempertahankan kelembaban yang cukup. Lapisan terluar rambut bisa membuat rambut menjadi rusak, terlihat tidak sehat dan kusam.

Salah satu hal yang menyebabkannya adalah kulit kepala yang kering sehingga tidak mampu memproduksi minyak alami yang cukup. Padahal, keberadaan minyak pada rambut bertujuan untuk melembabkan rambut.

Terlalu sering keramas juga bisa membuat rambut menjadi kering karena tidak mampu memproduksi minyak. Paparan lingkungan sekitar juga bisa membuat rambut Anda menjadi lebih kering dari biasanya.

Baca Juga :  Satu Dari 10 Pria Mengalami Rambut Rontok : Inilah Penyebabnya

Beberapa Tips Mengatasi Rambut Kering

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi masalah rambut kering. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi rambut yang kering dengan cara mudah.

  1. Jangan Sering Keramas

Anda bisa mengatasinya dengan mengurangi frekuensi mencuci rambut. Hal ini mampu memberikan kesempatan kepala untuk menghasilkan minyak secara alami sehingga rambut menjadi lembab dan tetap sehat.

  1. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Memilih masker rambut juga menjadi salah satu untuk mengatasi rambut Anda yang mudah kering. Salah satunya bisa menggunakan alpukat karena bisa memelihara rambut rusak dan melembabkannya.

  1. Menggunakan Vitamin Rambut

Rambut juga memerlukan vitamin agar tetap terlihat sehat dan kuat. Penggunaan vitamin rambut bertujuan untuk menghindari rambut kering sehingga terlihat tampak lebih ternutrisi dan tetap lembab.

  1. Menggunakan Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial bisa menjadi salah satu perawatan rambut secara alami. Anda bisa menggunakan minyak esensial yang kaya akan vitamin E dan antioksidan sehingga mampu memperbaiki rambut rusak.

  1. Trim Rambut

Rambut kering biasanya memiliki ujung yang kering dan bercabang sehingga tidak bisa dibiarkan terus menerus. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan trim rambut dengan memotong ujung-ujung rambut yang rusak.

Baca Juga :  Kenali 5 Jenis Perawatan Rambut Terbaik yang Ada di Salon

Berikut Cara Membuat Rambut Lembab

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi rambut kering sehingga bisa menutrisinya dengan baik. Berikut ini beberapa cara lain untuk tetap menjaga kelembaban rambut dan mengatasi rambut yang cenderung kering.

  1. Menggunakan Sampo Khusus Rambut Kering

Anda bisa memilih jenis sampo yang khusus untuk menutrisi rambut kering. Biasanya sampo seperti ini memiliki performa khusus yang dapat mengurangi kondisi rambut kering dengan mudah.

  1. Membilas Rambut dengan Air Dingin

Ketika Anda mandi dan keramas menggunakan air dingin, maka dapat memberikan banyak manfaat. Salah satunya mampu membuat rambut menjadi lebih lembab dan memiliki pertumbuhan lebih cepat.

  1. Gunakan Kondisioner Rambut

Menggunakan sampo bisa membuat rambut kering karena minyak alami terkikis. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas agar rambut tetap lembab dan terlihat sehat.

  1. Bungkus Rambut dengan Handuk

Memiliki kondisi rambut yang kering dan rapuh membuat Anda harus menghindari penggunaan hair dryer. Anda bisa membungkusnya dengan handuk setelah keramas agar kelembabannya tetap terjaga.

  1. Gunakan Topi di Luar Ruangan

Sinar UV juga bisa merusak rambut sehingga membuatnya menjadi kering dan kusam. Untuk menghindari paparan sinar matahari, Anda bisa menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Menjaga kesehatan rambut tentunya menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Berbagai cara mudah bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kelembaban rambut dan mengatasi rambut kering yang bermasalah.