Rambut Ketombe Basah, Penyebab dan Cara Mengatasi - Farmanina

Rambut Ketombe Basah, Penyebab dan Cara Mengatasi

Memiliki rambut ketombe basah menjadi salah satu masalah banyak orang karena menimbulkan rasa gatal di kulit kepala. Bukan hanya itu saja, tidak jarang juga terjadi iritasi karena terlalu sering menggaruk.

Rambut Ketombe Basah, Penyebab dan Cara Mengatasi
Rambut Ketombe Basah, Penyebab dan Cara Mengatasi

Berbeda dengan ketombe kering, jenis satu ini biasanya menempel pada batang-batang rambut maupun kulit kepala akibat adanya minyak. Warnanya kekuningan dan tampak seperti kulit kepala mengelupas, jika disentuh akan terasa lengket.

Ada beberapa penyebab timbulnya masalah kulit kepala ini, meski begitu ada juga cara-cara sederhana untuk mengatasinya. Sebab, apabila dibiarkan saja akan menganggu penampilan dan kenyamanan karena rasa gatal yang tidak tertahankan.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengecat Rambut Sendiri di Rumah dengan Mudah

Beberapa Penyebab Rambut Ketombe Basah

Ada cukup banyak penyebab rambut yang ketombe basah yang perlu diketahui agar dapat menghindarinya. Berikut penjelasannya.

  1. Kurang Keramas

Sebenarnya terlalu sering keramas tidak baik untuk kesehatan kulit kepala, berbeda halnya dengan seseorang yang memiliki aktivitas di luar ruangan yang padat. Agar kotoran tidak menumpuk, maka keramas harus dilakukan lebih sering.

  1. Bilasan Kurang Bersih

Ketika keramas, Anda perlu membilas sebersih mungkin agar tidak ada sisa-sisa busa shampo yang tertinggal. Jika tidak bersih, residu dari Shampo bisa menjadi salah satu penyebab datangnya rambut ketombe basah.

  1. Tidur Saat Rambut Basah

Tidur dalam keadaan rambut masih basah sangat tidak dianjurkan. Bukan hanya dapat menimbulkan sakit kepala, namun keadaan lembab bisa memicu datangnya jamur penyebab masalah kulit kepala.

  1. Sebum Berlebih

Minyak alami sebenarnya dibutuhkan oleh kulit kepala, akan tetapi jika tidak terawat dan terlalu berlebihan akan menimbulkan berbagai masalah. Sel-sel kulit mati akan mengendap dengan kotoran dan sebum sehingga menjadi ketombe basah.

  1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga menjadi salah satu sebab munculnya masalah kulit kepala, juga menular sehingga tidak disarankan menggunakan handuk atau sisir bersama-sama. Jamur paling umum ditemukan adalah Malassezia Globosa penghasil asam oleat penyebab ketombe.

  1. Dermatitis

Dermatitis menjadi salah satu penyebab yang tidak boleh dianggap remeh dan perlu segera ditangani. Ciri jika terkena dermatitis cukup mudah dikenali, biasanya kulit pada kepala akan terlihat memerah serta muncul sisik-sisik putih.

Baca Juga :  Cara Mewarnai Rambut Anti Gagal

Cara Mengatasi Rambut Ketombe Basah

Menangani rambut yang memiliki ketombe basah cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Keramas dengan Bersih

Salah satu penyebab rambut ketombe basah adalah jarang keramas atau tidak bersih membilas busa Shampo. Oleh karena itu, salah satu cara menanganinya adalah dengan keramas. Usahakan juga menggosok dan memberi sedikit pijatan pada kulit kepala.

Cara tersebut dapat membuat kotoran dan minyak terangkat. Selanjutnya, bilas sebersih mungkin agar tidak ada sisa Shampo. Residu ini jika bercampur dengan minyak, kotoran, dan keringat akan menjadi masalah berlarut.

  1. Memakai Shampo Anti-Ketombe

Gunakan shampo anti-ketombe yang memiliki kandungan zinc ataupun asam salisilat karena keduanya dapat membunuh bakteri, mengurangi sebum, juga membuat kulit kepala sehat. Dengan begitum masalah rambut yang bisa ada ketombe basah juga akan teratasi.

  1. Konsumsi Vitamin dan Makanan Bergizi

Memperbanyak konsumsi vitamin dan omega-3 serta makanan bergizi juga penting untuk mengatasi masalah ketombe. Kandungan-kandungan tersebut terbukti dapat menyehatkan kulit kepala.

  1. Olahraga

Olahraga bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan dapat sampai pada kulit kepala. Bukan hanya ketombe saja yang teratasi, masalah lain seperti rambut rontok juga nantinya dapat teratasi.

  1. Konsultasi Dokter

Konsultasi dokter merupakan cara terakhir yang dapat dilakukan, apalagi jika permasalahan ketombe tidak kunjung hilang. Dokter akan melakukan pemeriksaan di laboratorium sehingga dapat merekomendasikan obat anti jamur, krim, maupun shampo yang tepat.

Memiliki permasalahan kulit kepala memang sangat menganggu penampilan dan kenyamanan. Rambut ketombe basah menimbulkan rasa gatal sehingga menjadi salah satu permasalahan yang perlu segera diatasi.