Masalah Rambut Bercabang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah Rambut Bercabang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah rambut bercabang meskipun tidak terlalu kentara, bisa menjadi salah satu tanda kerusakan mengganggu. Khususnya lapisan kutikula yang diharuskan sebagai pelindung, justru terbuka karena perawatan kurang tepat.

Penyebab rusaknya bagian rambut luar atau kutikula ini ada beberapa. Nantinya selain penyebab, Kami akan berikan juga beberapa tips untuk mengatasi masalah bercabang. Di bawah ini adalah penjelasan detailnya.

Masalah Rambut Bercabang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan 7 Cara Mengatasi Masalah Rambut Bercabang, Perawatan yang Diperlukan

Masalah rambut pada bercabang seperti sudah disebutkan di awal terjadi akibat perawatan tidak tepat. Anda yang terlalu sering menyisir rambutnya perlu waspada, karena ini menjadi penyebab pertama.

Berikutnyanya adalah menggosok terlalu kencang memakai handuk, khususnya saat kondisi masih basah, menyebabkan permasalahan di kutikula juga. Dampak keseringan memakai alat seperti pengering dan pelurus rambut, merupakan penyebab lainnya.

Alasan terakhir adalah sering bleaching serta memakai produk rambut yang mengandung bahan kimia keras. Setelah tahu penyebabnya, berikut adalah 7 cara paling tepat untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

Baca Juga :  Ingin Rambut Sehat dan Kuat? Inilah Cara Ampuh Merawatnya
  1. Rutin Gunting Ujungnya

Cara termudah mengatasi permasalahan pada kutikula adalah dengan menggunting ujung rambutnya. Tepatnya disarankan setidaknya gunting ujung setiap 6 hingga 8 minggu sekali. Bisa dilakukan sendiri atau minta bantuan salon.

  1. Sisir Secara Perlahan

Masalah rambut bercabang juga dapat dicegah atau diminimalisir dengan menyisirnya secara perlahan. Karena gesekan terlalu kuat antara kutikula dan sisir menyebabkan kutikula retak, lalu terbuka.

Maka cara menyisir paling tepat adalah mulai dari perlahan pada bagian bawah, atau bagian paling kusut. Sangat disarankan untuk jangan menyisirnya saat kondisi basah, karena bisa menyebabkan rambutnya mudah patah.

  1. Pakai Kondisioner dan Hair Mask

Selain sampo, produk perawatan perlu Anda pakai adalah kondisioner dan hair mask. Karena keduanya menyebabkan rambut lebih lembut serta lembab. Sehingga setidaknya tidak mudah kering, mudah disisir, dan mencegahnya bercabang.

  1. Batasi Penggunaan Hair Styling

Hair styling, misalnya catokan da hair dryer, memang mampu membuat mahkota kepala cepat rapi. Namun jika memiliki masalah rambut bercabang, sangat dianjurkan mengurangi penggunaan hair styling ini.

Mengingat panas yang muncul menjadikan hair protein structure rusak, akibatnya lebih kering rambutnya. Namun jika memang terbiasa memakai hair styling, sebaiknya pakai vitamin atau serum dahulu untuk melindungi rambut.

Baca Juga :  Langkah Membuat Masker Rambut Alami yang Bisa Diikuti
  1. Meminimalisir Terlalu Banyak Produk Berbahan Kimia Keras

Pewarnaan, perming, smoothing, merupakan aktivitas yang dapat berdampak buruk, apalagi kalau dilakukan terlalu sering. Karena baha kimia terkandungnya, maka lebih baik beri jeda ketika melakukan perawatan tersebut.

  1. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Terpapar sinar matahari langsung, khususnya sinar UVA dan UVB menjadi penyebab masalah rambut bercabang lainnya. Khususnya jika terlalu lama, maka kutikula dapat terkena. Menjadikan rambutnya kering, rapuh, serta bercabang.

Jika sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pakai pelindung kepala untuk terhindar paparan langsung. Terdapat juga produk pelembap rambut yang mengandung SPF, berfungsi menangkal sinar UV.

  1. Cukupi Nutrisi

Selain perawatan dari luar seperti kondisioner maupun hair mask, Anda bisa mengatasi masalah rambut bercabang dengan mencukupi nutrisi dari dalam. Contohnya zinc, karena mampu memperbaiki jaringan dan kelembapan rambut.

Zinc sendiri dapat diperoleh dari telur, daging, makanan laut, hingga biji-bijian. Kemudian nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, omega-3, protein, juga diperlukan untuk mencegah masalah tersebut.

Dapat disimpulkan ada beberapa hal patut dihindari supaya mencegah rambutnya bercabang. Meliputi jangan sisir terlalu kencang, meminimalisir penggunaan hair styling dan produk yang mengandung bahan kimia keras.

Sedangkan mengatasinya dapat dengan menggunting ujungnya, hingga pakai produk tertentu seperti kondisioner dan hair mask. Jangan lupa juga cukupi nutrisi dari dalam untuk mengatasi masalah rambut bercabang.