Langkah Membuat Masker Rambut Alami yang Bisa Diikuti - Farmanina

Langkah Membuat Masker Rambut Alami yang Bisa Diikuti

Salah satu perawatan yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah menggunakan masker rambut alami. Tentu saja untuk membuat masker rambut ini sangat sederhana dan mudah. Anda dapat menggunakan bahan alami yang sangat mudah ditemukan di rumah.

Dengan menggunakan masker rambut, rambut bisa lebih indah, sehat serta berkilau. Masker rambut menjadi salah satu langkah perawatan yang bis adigunakan untuk melembutkan rambut.

Sebenarnya, ada berbagai macam produk masker rambut yang ada di pasaran. Namun, jika Anda dapat membuat masker rambut sendiri di rumah, pasti akan lebih hemat.

Langkah Membuat Masker Rambut Alami yang Bisa Diikuti

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Ada berbagai macam bahan yang bisa Anda gunakan untuk meramu masker rambut. Berikut berbagai macam bahan yang bisa digunakan:

  1. Minyak kelapa

Bahan pertama yang dapat digunakan untuk membuat masker rambut alami adalah minyak kelapa. Menggunakan minyak kelapa untuk masker rambut bisa memperbaiki kerusakan rambut bahkan membuat rambut menjadi semakin berkilau dan lembab.

Manfaat yang diberikan ini berasal dari kandungan asam lemak sehat yang berada di dalamnya. Bukan hanya itu, karena sifatnya yang anti jamur dan anti bakteri, minyak kelapa juga sangat berkhasiat untuk mengobati kulit kepala yang kering.

Masalah lain yang bisa diatasi dengan menggunakan minyak kelapa adalah ketombe dan gatal. Agar bisa memperoleh hasil terbaik, Anda bisa menggunakan minyak kelapa mentah.

  1. Minyak zaitun

Masker rambut alami yang lainnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun bukan hanya sangat baik sebagai penunjang kesehatan tubuh namun minyak zaitun juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk masker rambut yang alami sehingga rambut bisa lebih berkilau, sehat serta anti rontok. Minyak zaitun sebenarnya lebih cocok untuk rambut yang bercabang, kusam dan kering.

  1. Putih telur

Masker rambut alami lain yang tidak boleh dilupakan adalah putih telur. Putih telur juga menjadi bahan alami yang sangat baik bagi kesehatan rambut.

Putih telur sangat baik untuk kesehatan rambut karena adanya kandungan protein serta asam amino esensial yang berada di dalamnya. Sehingga akan memperbaiki jaringan rambut serta kulit kepala yang mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, penggunaan putih telur untuk masker rambut bisa mendukung pertumbuhan rambut dan sangat cocok untuk si pemilik rambut yang tipis, mudah rontok dan rapuh.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Rambut Rontok Agar Lebih Kuat
  1. Madu

Madu memiliki kandungan berbagai macam nutrisi dan menjadi bahan masker rambut alami yang cocok dijadikan sebagai pilihan. Madu bisa melembabkan rambut serta mengatasi kerusakan rambut yang dialami para pemilik rambut yang kering.

  1. Buah alpukat

Jika Anda memiliki rambut yang berketombe dan kering. Buah alpukat bisa menjadi masker rambut yang paling cocok digunakan. Untuk membuat buah alpukat sebagai masker rambut, Anda bisa mencampur alpukat dengan lidah buaya.

Kemudian, Anda bisa menambahkan minyak kelapa, dan alpukat kering. Untuk membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur tiga bahan ini, kemudian oleskan mulai dari akar sampai ke ujung rambut.

Setelah selesai dioleskan, Anda dapat membiarkannya selama 30 menit lamanya kemudian bilas dengan menggunakan air dan sampo sampai bersih.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal menjadi bahan alami yang dapat mengurangi peradangan serta iritasi yang berada di kulit kepala bahkan termasuk ketombe.

Lidah buaya dapat melembabkan serta memperkuat rambut yang kering. Bukan hanya mengatasi masalah rambut yang kering, lidah buaya bisa digunakan oleh pemilik rambut yang berminyak.

Bukan hanya menggunakan berbagai masker rambut alami di atas, namun Anda juga harus melakukan perawatan lainnya sehingga hasilnya akan menjadi semakin maksimal.