Perawatan Santan untuk Rambut dan Cara Pakainya - Farmanina

Perawatan Santan untuk Rambut dan Cara Pakainya

Bukan cuma digunakan sebagai bahan masakan, santan untuk rambut juga bisa sangat bermanfaat karena mempunyai kandungan tertentu. Perawatan santan yang digunakan untuk rambut ini bisa menjadi pelembab alami sampai mendorong pertumbuhan rambut baru untuk menghindari kebotakan.

Selain itu masih ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan jika melakukan perawatan santan untuk rambut. Selain itu perawatan ini juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan mengikuti cara pakai yang tepat agar bisa mendapatkan hasil perawatan maksimal.

Perawatan Santan untuk Rambut dan Cara Pakainya

Manfaat Santan Untuk Rambut

Ada beberapa manfaat santan untuk rambut yang wajib Anda ketahui karena perawatannya sangat mudah dan untuk mendapatkan santan juga murah. Anda bisa mendapatkan produk ekstrak dari buah kelapa ini dari berbagai macam toko terdekat atau membuat ekstrak dari buah kelapa langsung.

  1. Melembabkan Rambut

Manfaat santan untuk rambut yang pertama adalah bisa melembabkan rambut yang kering atau rusak karena kurangnya minyak pada rambut. Ketika rambut kekurangan minyak maka lapisan luar rambut akan terkelupas membuatnya menjadi kusam atau kering, santan bisa menjadi solusi untuk masalah kering tersebut.

  1. Menguatkan Kutikula

Ekstrak buah kelapa yang mempunyai kandungan asam lemak dilengkapi dengan berbagai macam vitamin seperti vitamin c dan vitamin e yang memiliki fungsi sebagai pelembab alami. Kandungan yang terdapat dalam ekstrak buah kelapa ini juga bisa menguatkan kutikula pada rambut Anda.

Baca Juga :  Khasiat Buah Delima untuk Kecantikan Wajah

Biasanya rambut mempunyai lapisan dan struktur pada lapisan terluar disebut dengan kutikula yang mempunyai peran sebagai benteng untuk melindungi rambut. Kandungan pada santan sudah dibuktikan mempunyai asam laurat yang memiliki manfaat untuk membuat kutikula menjadi lebih kuat dan sehat.

  1. Mengembalikan Keratin

Keratin merupakan sebuah komponen protein yang memiliki fungsi untuk mengisi batang pada bagian rambut kepala agar tetap sehat dan terjaga berkilau alami. Tubuh memang bisa melakukan produksi terhadap kreativitas secara alami namun produksinya dapat berkurang karena beberapa faktor.

Diantaranya seperti karena paparan sinar matahari yang terlalu kuat atau ketika menggunakan terlalu banyak alat styling. Hal tersebut akan membuat produksi Keratin menjadi terhambat dan membuat kulit kepala menjadi kusam dan tidak sehat, bahkan mudah patah atau rontok.

Santan bisa menjadi solusi untuk masalah pada keratin tersebut karena mempunyai kandungan protein yang kaya dan bisa menjadi perawatan alami. Anda bisa melakukan perawatan jika mengalami masalah pada keratin dengan santan secara rutin satu sampai dua minggu sekali.

  1. Mengatasi Ketombe

Ekstrak buah kelapa tersebut juga bisa digunakan sebagai salah satu perawatan alami untuk mengatasi masalah ketombe yang biasanya cukup banyak terjadi pada masyarakat Indonesia. Karena air perasan dari parutan kelapa tersebut mempunyai kandungan vitamin b dan vitamin e serta asam lemak yang bisa menjadi antibakteri untuk melawan jamur yang mengakibatkan ketombe.

  1. Merangsang Tumbuhnya Rambut Baru
Baca Juga :  Berikut Manfaat Masker Pepaya Jika Digunakan Teratur

Manfaat santan untuk rambut adalah mampu merangsang tumbuhnya rambut baru bagi anda yang mungkin mungkin mengalami masalah pada pertumbuhan rambut. Biasanya ada rambut yang mengalami pertumbuhan lebih lambat dibandingkan periode pertumbuhan normal hal ini terjadi karena beberapa faktor.

Misalnya seperti melakukan diet yang salah terlalu sering menggunakan alat catok rambut yang membuat rambut menjadi bercabang dan rusak atau juga karena usia. Untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan kandungan dari protein serta minyak esensial yang terdapat pada santan.

Anda bisa melakukan perawatan menggunakan santan dengan mengaplikasikannya secara langsung pada rambut Anda kemudian memilih setia dengan sampo atau mencampurnya dengan lemon. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil maksimal anda bisa manfaatkan santan untuk rambut dengan perawatan rutin setiap hari.