Cegah Penuaan Dini Dengan Mengonsumsi Makanan Berikut - Farmanina

Cegah Penuaan Dini Dengan Mengonsumsi Makanan Berikut

Cegah Penuaan Dini Dengan Mengonsumsi Makanan Berikut – Wajah yang keriput dan berkerut adalah gejala penuaan dini yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti polusi, paparan sinar matahari, makan makanan berlemak jenuh, serta stres. Beberapa faktor yang menjadi pemicu penuaan dini tadi sangat sulit untuk dihindari.

Oleh karena itu, menggunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari serta memiliki waktu tidur yang cukup yakni 6 sampai 8 jam pada malam hari juga bisa membuat kulit terhindar dari penuaan diri.

Selain itu, rajin mengonsumsi makanan dan buah yang memiliki nutrisi tinggi dan menerapkan pola makan sehat bisa Anda lakukan agar menjaga kulit tetap sehat dan cegah penuaan dini.

Buah yang kaya vitamin C
Makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk dan buah-buahan lainnya dapat membantu mencegah penuaan dini. Karena kadar kulit normal kita yang mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga untuk merangsang produksi kolagen pada kulit maka dibutuhkan buah-buahan seperti semangka, kiwi, stroberi, manga, nanas, dan papaya yang juga memiliki kandungan vitamin C di dalamnya.

Kadar kolagen mempunyai peran untuk menjaga keelastisitas pada kulit. Untuk itu, memiliki asupan vitamin C yang cukup bisa memberi efek antioksidan yang melindungi kulit dari bahaya dan paparan sinar ultraviolet serta mencegah penuaan dini.

Anggur
Selain buah-buahan yang mengandung vitamin C, anggur juga memiliki polifenol dan antioksidan yang berperan untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, studi pendahuluan menunjukkan bahwa kesehatan usus besar, otak, dan kesehatan mata bisa terjaga dari kandungan polifenol yang terdapat di dalam anggur.

Polifenol pada anggur bisa ditemukan hampir di semua bagian buah tersebut seperti pada biji, kulit, dan dagingnya, termasuk semua jenis anggur seperti anggur hijau, anggur merah, maupun anggur hitam. Jadi selain mencegah penuaan dini, anggur memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan sel dan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga :  Makanan Pencegah Penuaan Dini

Wortel
Tidak hanya anggur, wortel telah lama dikenal ampuh menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata wortel juga sangat baik dalam mencegah penuaan dini?
Beta karoten berupa precursor vitamin A pada wortel mampu menjaga kesehatan kulit dan memperlambat penuaan pada kulit.

Antioksidan di dalam wortel bisa membantu menangkal penuaan bahkan di seluruh tubuh. Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara mengolah wortel menjadi krim yogurt atau mencelupkannya ke dalam guacamole. Selain itu, kartenoid dalam beta karoten juga baik dijadi dipadukan dengan makanan sehat dan lemak baik seperti mengonsumsi wortel bersama salad.

Alpukat
Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang bisa cegah penuaan dini, karena kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, ahli died dari Milford, CT, Melisaa Mitri, MS, RD, mengatakan bahwa alpukat memiliki kandungan lemak anti-inflamasi yang bisa melindungi anda dari paparan racung berbahaya dari sinar mataharu, membantu melembabkan kulit, serta menunda kerutan di wajah.

Anda bisa mengonsumsi seperempat alpukat atau membuat guacamole lezat dari berbagai jenis olahan akpukat yang smoothie dengan salad atau telur.

Telur
Selain makanan yang kaya akan nutrisi, telur sebagai sumber protein ternyata juga mampu mencegah penuaan dini. Kandungan protein di dalamnya dapat membantu metabolisme dan otot yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada otot karena pertambahan usia.

Anda bisa mengonsumsi telur yang ada di dalam nasi goreng atau memakannya bersamaan dengan alpukat uang dihaluskan.

Itulah tadi beberapa buah yang bisa cegah penuaan dini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

EnglishIndonesian