Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami - Farmanina

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Tahukah Anda jika cara mengatasi rambut rontok dapat dilakukan hanya mengandalkan bahan alami? Tidak harus melakukan perawatan di salon atau membeli produk mahal.

Ketika masalah kerontokan terjadi, sebenarnya ada beragam hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Misalnya saja karena faktor keturunan, perubahan hormon, penyakit hingga gejala normal penuaan.

Jika penyebabnya bukan penyakit, maka Anda bisa berusaha mengatasinya. Sehingga masalahnya tidak semakin parah seperti menjadi botak. Cukup mengandalkan bahan alami dalam artikel ini.

cara mengatasi rambut rontok

Baca Juga :  Ingin Rambut Sehat dan Kuat? Inilah Cara Ampuh Merawatnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Kerontokan adalah masalah yang mungkin terjadi secara tiba-tiba dan bisa berlanjut semakin parah. Mari simak beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasinya.

1. Lidah Buaya

Salah satu cara mengatasi rambut rontok ialah mengandalkan lidah buaya. Lidah buaya sudah populer khasiatnya, yakni mampu menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat tersebut bisa didapatkan karena ada kandungan vitamin A, vitamin D, zat besi hingga protein di dalamnya. Jadi, nutrisi tersebut yang akan menyehatkan mahkota tubuh Anda.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan lidah buaya? Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Jika sudah, diamkan dahulu selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat hingga bersih.

Akan lebih baik jika mengoleskan lidah buaya ini setiap hari. Sehingga rambutnya akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami masalah kerontokan.

2. Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut rontok juga bisa dengan mengandalkan minyak zaitun. Minyak zaitun punya kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi sampai kalsium.

Jadi, tidak heran apabila minyak zaitun sangat baik untuk kesuburan mahkota tubuh. Kandungan nutrisinya akan mencegah masalah kerontokan dengan optimal.

Untuk menggunakan minyak zaitun, Anda hanya perlu mengoleskannya di kulit kepala dan rambut. Boleh juga sembari melakukan pijatan. Diamkan dahulu dalam waktu 30 menit, lantas silahkan membilasnya menggunakan air bersih.

3. Santan

Jika punya santan di rumah, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengatasi masalah kerontokan. Santan punya kandungan zink, vitamin E, vitamin B6, kalium hingga fosfor. Jadi, rambutnya juga akan terasa halus.

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan santan ialah dengan mengoleskannya secara merata. Lantas, cukup mendiamkannya dalam waktu 30 menit. Apabila sudah, bilas menggunakan sampo dan air bersih.

Jangan hanya membilasnya menggunakan air bersih karena masih akan ada sisa santan. Jadi, pastikan gunakan sampo supaya sisa santannya benar-benar bersih.

4. Yoghurt

Yoghurt punya kandungan kalsium, vitamin D, kalium hingga protein. Sehingga bisa menghadirkan nutrisi pada mahkota tubuh Anda. Nutrisinya akan menguatkan bagian akar sehingga tidak mudah mengalami kerontokan.

Anda cukup mengoleskan yoghurt tawar pada seluruh permukaan rambut, lantas pijat secara lembut. Diamkan dahulu dalam waktu 5 menit lantas bilas menggunakan air bersih.

Jangan memilih yoghurt dengan rasa buah atau rasa lainnya. Pastikan memilih yoghurt tawar tanpa ada rasa tambahan.

Baca Juga :  Lakukan Aktivitas Ini untuk Menjaga Kesehatan Rambut

5. Bawang dan Madu

Cara mengatasi rambut rontok juga bisa mengandalkan bawang dan madu. Bawang punya kandungan sulfur yang mampu mengurangi masalah kerontokan.

Anda cukup mencampurkan air perasan bawang bersama satu sendok makan madu. Lantas, mengoleskannya pada kulit kepala. Diamkan dahulu dalam waktu 2 jam, nantinya bilas menggunakan air bersih.

Boleh mengoleskan bawang dan madu ini beberapa hari sekali. Boleh juga melakukannya setiap. Jika rutin melakukannya, tentu hasilnya akan lebih optimal.

6. Alpukat

Alpukat tergolong makanan sehat yang punya kandungan protein alami. Nutrisi ini akan mendukung kesehatan kulit kepala. Anda bukan hanya dapat memakannya untuk kesehatan perut.

Coba hancurkan satu buah alpukat lantas oleskan ke mahkota tubuh, termasuk kulit kepala. Lakukan pemijatan secara perlahan lalu diamkan kira-kira 15 menit hingga 20 menit. Terakhir, bilas sampai benar-benar bersih cukup menggunakan air.

7. Jambu Biji

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan jambu biji perlu menambahkan putih telur. Siapkan dahulu satu buah jambu lantas hancurkan dagingnya. Nantinya akan terbentuk adonan mirip pasta.

Setelahnya, campurkan satu putih telur di dalam adonan tersebut. Nantinya, oleskan adonan ke mahkota tubuh Anda dan kulit kepala. Biarkan dalam waktu 40 menit, setelahnya bilas sampai bersih.

Baca Juga :  Obat Mengatasi Rambut Rontok Alami Tanpa Efek Buruk

8. Teh Hijau

Teh hijau punya kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Kandungan tersebut mampu mendorong pertumbuhan rambut. Jadi, mampu memperbaiki masalah kerontokan.

Coba menyeduh 2 kantong teh hijau menggunakan satu cangkir air. Lantas, tunggu hingga dingin. Jika sudah dingin, oleskan ke mahkota tubuh termasuk kulit kepala.

Seperti cara lainnya, Anda perlu mendiamkannya terlebih dahulu. Untuk teh hijau, diamkan selama 60 menit. Jika sudah, coba membilasnya menggunakan air bersih.

9. Putih Telur

Cara mengatasi rambut rontok lain ialah mengandalkan putih telur. Putih telur punya kandungan protein, kalsium hingga magnesium. Semuanya bermanfaat dalam menumbuhkan mahkota tubuh.

Anda bisa mengaplikasikan putih telur pada kulit kepala dan permukaan mahkota tubuh. Biarkan nutrisi putih telur meresap kira-kira 15 menit. Setelahnya, bilas mengandalkan air bersih.

10. Pisang

Pisang memiliki kandungan asam folat yang bisa memperbaiki masalah kerontokan. Cara mengatasi rambut rontok menggunakan pisang ialah dengan menghancurkannya. Lalu, tambahkan minyak zaitun, madu hingga susu atau santan.

Oleskan adonan ini di kulit kepala dan mahkota tubuh. Tunggu dahulu kira-kira 15 menit hingga 30 menit. Jika sudah, bisa membilasnya cukup mengandalkan air bersih.

Kerontokan pada mahkota tubuh adalah masalah umum yang dialami, khususnya perempuan. Namun tidak perlu merasa khawatir berlebihan, karena banyak cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami yang mampu memberikan nutrisi.