Produk Kesehatan Rambut yang Perlu Anda Ketahui - Farmanina

Produk Kesehatan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

Ketika membahas produk kesehatan rambut, apakah Anda hanya memikirkan sampo? Padahal, selain sampo masih banyak produk perawatan lainnya.

Ketika sudah menemukan produk yang cocok, nantinya mahkota tubuh Anda akan tampak cantik dan berkilau. Tidak akan rapuh, rontok, terasa kasar maupun terlihat kusam.

Jadi, apabila ingin merawat kesehatan rambut, perlu memperhatikan produk perawatannya. Mari mengenali beberapa jenis produknya dalam artikel ini.

Produk Kesehatan Rambut

Baca Juga :  Merawat Rambut Berhijab, Lakukan Ini Agar Tidak Cepat Rusak

10 Jenis Produk Kesehatan Rambut

Ada banyak sekali jenis produk untuk merawat kesehatan rambut. Namun, setiap jenisnya tentu mempunyai kandungan dan cara pakai tersendiri. Jika Anda juga ingin merawat kesehatan mahkota tubuh, simak apa saja rekomendasi produknya di bawah ini.

1. Sampo

Sampo ialah produk kesehatan rambut paling umum. Hampir semua orang menggunakan sampo untuk merawat rambutnya sehingga menjadi sehat. Sampo mampu membersihkan kotoran, keringat maupun sebum yang melekat.

Tidak hanya itu, sebagian orang juga menggunakan sampo untuk melembutkan rambutnya. Termasuk mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe.

Sebenarnya sampo tergolong aman untuk tubuh. Akan tetapi, ada risiko dermatitis kontak mengingat adanya kandungan senyawa allergen. Sebut saja paraben dan benzophenone.

Pastikan Anda keramas menggunakan sampo secara rutin, misalnya 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Boleh menyesuaikan intensitas keramasnya sesuai keperluan.

2. Dry Shampoo

Dry shampoo adalah produk kesehatan rambut yang berbeda dari sampo biasa. Jika menggunakan sampo biasa, maka perlu menggunakan air. Jadi harus keramas jika menggunakan sampo biasa.

Sementara dry shampoo tidak perlu menggunakan air. Dry shampoo cukup diaplikasikan, lantas nantinya akan menyerap minyak. Lantas, rambut akan terasa segar tanpa keramas.

Dry shampoo cocok untuk orang-orang yang mempunyai aktivitas padat. Jadi, misalnya belum punya waktu untuk keramas, cukup mengaplikasikan dry shampoo.

3. Kondisioner

Kondisioner ialah produk kesehatan rambut yang biasanya dipakai setelah sampo. Jadi, setelah keramas menggunakan sampo dilanjutkan dengan mengoleskan kondisioner.

Ketika seseorang menggunakan kondisioner, rambutnya akan menjadi lebih mudah diatur. Selain itu, volume juga terkesan bertambah. Minyak alami pada kulit kepala yang menghilang setelah keramas juga bisa tergantikan.

Berbeda dengan sampo, Anda tidak disarankan menggunakan kondisioner sampai menyentuh kulit kepala. Sebab, nantinya justru menjadikan mahkota tubuh kering dan mudah rusak.

Ketika menggunakan kondisioner juga tidak perlu berlebihan, sesuaikan saja dengan volume rambut. Supaya hasilnya optimal, sebarkan kondisioner dengan cara menyisir menggunakan jari tangan atau sisir bergigi.

Biarkan kondisioner meresap, kira-kira 20 menit sampai 30 menit. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih. Jangan sampai lupa untuk membilas kondisioner.

Baca Juga :  Masalah Rambut Bercabang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Masker

Setelah keramas dan mengeringkan rambut, bisa menggunakan produk kesehatan rambut bernama masker. Ketika masih setengah lembap, aplikasikan masker atau hair mask.

Biasanya hair mask terbuat dari mentega, minyak dan bahan alami lain yang mampu memberikan kelembapan. Nantinya, masker akan meresap sehingga mampu menjaga kesehatan mahkota tubuh.

Hair mask ini sangat cocok bagi pemilik rambut kering. Karena mampu meningkatkan hidrasinya. Anda juga bisa menggunakannya untuk membantu menyehatkan mahkota tubuh.

5. Minyak

Ada lagi produk kesehatan rambut lainnya berupa minyak atau hair oil. Hair oil umumnya dipakai satu hari sebelum keramas. Produk ini akan memberikan kelembapan dan menjadikan rambut tampak berkilau.

Tatkala seseorang menggunakan hair oil, rambutnya akan terasa lebih lembut. Biasanya juga karena ada kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Hair oil bisa terbuat dari berbagai jenis bahan alami. Misalnya saja kelapa, wijen, argan, daun kelor sampai almond. Karena terbuat dari bahan alami, jadi terbilang aman untuk diaplikasikan.

Anda dapat menggunakan produk ini secara rutin. Boleh juga menggunakannya dua minggu sekali. Pastikan menggunakannya sebelum keramas, bukan sesudahnya.

Jangan sampai menggunakan hair oil secara berlebihan. Karena akan menyebabkan minyak berlebih. Selain itu, jangan biarkan produk ini melekat terlalu lama di rambut.

6. Serum

Serum termasuk produk kesehatan rambut dengan bentuk cair. Biasanya mengandung silikon, yaitu senyawa mineral yang mampu melapisi permukaan mahkota tubuh.

Serum akan meningkatkan kelembutan sehingga tidak lagi kusut. Selain itu juga akan melindungi dari dampak buruk lingkungan.

Kandungan silikon di dalamnya akan membantu menguatkan dan mencerahkan mahkota tubuh. Bahkan, bisa juga mengurangi masalah kerontokan.

Akan lebih disarankan menggunakan hair serum apabila Anda kerap menggunakan alat styling. Hair serum akan cepat meresap jadi memudahkan Anda ketika hendak menata rambut dengan alat styling.

7. Hair Tonic

Hair tonic ialah vitamin dengan kombinasi minyak, parfum hingga alkohol. Hair tonic bisa membantu mempercepat tumbunya rambut. Boleh juga menggunakannya setiap hari.

Anda dapat mengaplikasikan hair tonic setelah keramas. Tunggu dahulu sampai setengah kering lantas teteskan hair tonic. Lakukan pemijatan supaya nutrisi dari produk ini meresap.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Rambut Kering Cukup Dilakukan Sendiri

8. Heat Protection Spray

Heat protection spray ialah jenis hair spray yang bisa memberikan perlindungan ketika menggunakan alat penata rambut, misalnya hair dryer atau catokan. Produk kesehatan rambut ini akan melindungi setiap helai rambut.

Jadi, meskipun terpapar suhu panas dari hair dryer atau catokan, rambut tidak akan mudah rusak. Rambutnya akan tetap sehat jadi bisa menggunakan hair dryer atau catokan dengan nyaman.

9. Hair Mist

Hair mist mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bisa memberikan kelembapan. Biasanya produk ini digunakan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan. Bukan hanya sehat, hair mist akan memberikan kesegaran dan aroma wangi.

10. Hair Vitamin

Hair vitamin dapat digunakan setelah keramas. Ketika kondisinya masih setengah kering, aplikasikan hair vitamin. Tidak perlu menggunakannya terlalu banyak karena akan menjadikan rambutnya lepek.

Bukan sekedar sampo dan kondisioner, ada banyak produk untuk merawat rambut. Anda bisa menggunakan berbagai jenis produk kesehatan rambut untuk menjaga kesehatannya dan menjadikannya tampak cantik.