6 Fakta Transplantasi Rambut yang Wajib Diketahui - Farmanina

6 Fakta Transplantasi Rambut yang Wajib Diketahui

Beberapa orang mungkin dibuat penasaran dengan fakta transplantasi rambut. Sebab hingga saat ini operasi bedah pada salah satu anggota tubuh ini mulai dibicarakan banyak orang. Awal dimulainya berasal dari beberapa artis yang melakukan pencangkokan ini.

6 Fakta Transplantasi Rambut yang Wajib Diketahui

Jika dilihat berdasarkan faktor penggunaan jenis operasi bedah ini. Mungkin dipengaruhi karena faktor usia yang menyebabkan seseorang mengalami kebotakan. Atau bisa juga berasal dari usia, gaya hidup, keadaan hormone, maupun kondisi medis seseorang.

Tujuan dilakukannya pencangkokan pada area kepala ini, karena untuk mendapatkan kembali helaian rambut. Karena mengalami kebotakan dan ketipisan berlebih pada area tersebut akan kurang nyaman. Sehingga, mengetahui fakta dari transplantasi rambut akan memberi gambaran.

Ketahui Beberapa Fakta Transplantasi Rambut Berikut Ini

Menjadi salah satu solusi dari penyelesaian masalah kebotakan maupun penipisan rambut. Membuat beberapa pernyataan penting terkait pencangkokan ini terkesan sangat menarik. Terlebih pada beberapa pihak yang mengalami masalah ini karena faktor usia.

Jika Anda merupakan bagian dari golongan orang-orang dengan permasalahan serupa. Maka, kenali beberapa fakta transplantasi rambut untuk memberikan pemahaman detail. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti beberapa penjelasan rinci di bawah ini :

  1. Prosedur Pencangkokan Rambut

Jika Anda memiliki keinginan untuk melakukan proses pencangkokan. Maka, sebaiknya pahami terlebih dahulu prosedur yang dijalankan. Sebab, prosedur ini merupakan proses pemindahan folikel aktif di area kulit kepala dengan masalah penipisan maupun kebotakan.

Baca Juga :  Mengalami Kebotakan, Kaka Slank Transplantasi Rambut di Farmanina Clinic

Proses pemindahannya sendiri pun dilakukan dengan 2 cara. Ada yang langsung dengan mengangkat folikel kulit dan memindahkannya ke area kulit kepala. Namun, ada juga pengangkatan satu persatu helai dari dan memasangkan secara hati-hati.

  1. Penanaman Dilakukan oleh Dokter Bedah

Mengapa proses pencangkokan terbilang aman? Sebab, keseluruhan prosedur dilakukan oleh seorang dokter bedah. Tentunya dengan pengalaman yang sudah banyak sehingga proses dapat berlangsung secara aman.

Penanaman dilakukan dengan cara membersihkan terlebih dahulu area kulit kepala. Kemudian, dokter akan mencukur pada area yang masih aktif. Setelah itu proses pembersihan dilanjut dengan penempatan folikel pada area kebotakan yang dialami beberapa orang.

  1. Teknik Pemasangan Folikel

Fakta transplantasi rambut berikutnya berkaitan dengan teknik pemasangan folikel. Sebelum menyuntikkan obat bius ke area kulit kepala, maka keseluruhan harus dibersihkan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak ada bakteri yang menempel.

Ketika pemasangan telah selesai dilakukan, maka area folikel akan ditutup kembali dan di jahit secara hati-hati. Tenaga medis akan melakukan pembersihan dan mempersiapkan lokasi untuk ditanami. Caranya membuat lubang sesuai dengan jumlah cangkok yang dibutuhkan.

  1. Durasi Operasi Berlangsung

Meskipun terlihat sederhana dan tidak seserius permasalahan bedah lain. Nyatanya proses cangkok ini membutuhkan durasi umum sekitar 4-8 jam tiap perlakuan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sebab proses yang dijalankan juga cukup lama.

Baca Juga :  Beberapa Pertimbangan Transplantasi Rambut untuk Pertama Kali

Tetapi tenang saja, dalam durasi tersebut Anda tetap akan terus terbius. Sehingga rasa sakit selama operasi dapat diminimalisir. Selain itu, dokter akan selalu melakukan pemeriksaan apabila operasi selesai dilakukan untuk melihat hasilnya.

  1. Perawatan yang Diperlukan Setelah Operasi

Jika proses cangkok selesai dilakukan, fakta transplantasi rambut yang harus Anda ketahui adalah kebutuhan perawatan. Kepala akan terbalut kasa selama beberapa hari sebab kelunakan yang terjadi. Namun, setelah 2-5 hari perawatan selesai, dan dapat beraktivitas.

  1. Waktu Pertumbuhan Rambut

Seba, proses ini dilakukan untuk menanamkan folikel pada bagian kulit kepala yang rontok. Maka, biasanya setelah operasi berlangsung dalam waktu 6-8 bulan pertumbuhan baru bisa terjadi.

Itu dia beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai transplantasi rambut mulai dari pencangkokan hingga selesai. Fakta transplantasi rambut perlu Anda ketahui sebelum melakukannya.